Pendaftaran KIP Kuliah untuk Jalur SBMPTN SBMPN dan Mandiri

Pendaftaran KIP Kuliah untuk Jalur SBMPTN SBMPN dan Mandiri

KIP Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar merupakan program beasiswa yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program beasiswa ini ditujukan kepada para calon mahasiswa baru untuk kuliah S1 di berbagai perguruan tinggi dalam negeri.  Bagi kamu yang ingin mendapatkan KIP Kuliah, saat ini pendaftaran jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri), serta jalur mandiri sudah buka loh. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Setelah sebelumnya membuka pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur SNMPTN, saat ini Kemendikbud memberikan kesempatan bagi para pendaftar jalur SBMPTN, SBMPN, sera jalur mandiri. Pendaftaran KIP Kuliah untuk ketiga jalur ini dibuka sejak 18 Mei 2020. Berikut adalah langkah-langkah mendaftar KIP Kuliah jalur SBMPTN, SBMPN, dan mandiri:

Baca juga: Kriteria Pendaftar dan Penerima KIP Kuliah

Pertama, pendaftar harus memiliki nomor pendaftaran untuk bisa mendaftar program beasiswa ini. Untuk memiliki nomor peserta, para pendaftar bisa melakukan registrasi secara online di website resmi KIP Kuliah atau melalui applikasi mobile KIP Kuliah yang dapat didownload di play store. Pendaftar hanya perlu melengkapi data-data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), serta email yang aktif.

Selanjutnya, data-data yang telah dilengkapi akan divalidasi oleh pihak beasiswa KIP Kuliah. Pendaftar yang lolos validasi data akan mendapatkan nomor pendaftaran serta kode akses yang dikirimkan melalui email. Setelah memiliki nomor pendaftaran serta kode akses, pendaftar bisa melanjutkan proses pendaftarannya. Pada formulir pendaftaran online, pendaftar harus mencantumkan jalur pendaftarannya, baik jalur SBMPTN, SBMPN, maupun jalur mandiri.

Baca juga: Penjelasan Cara Mendaftar KIP Kuliah Bagi yang Belum Terdaftar Kartu KIP

Pendaftar sebaiknya memperhatikan deadline pendaftaran, karena batas akhir pendaftaran jalur SBMPTN, SBMPN, dan mandiri berbeda-beda. Untuk jalur SBMPTN, deadline pendaftaran adalah 19 Juni 2020. Deadline pendaftaran jalur SBMPN adalah 24 Juni 2020. Sedangkan, deadline pendaftaran untuk jalur mandiri berakhir pada 30 September 2020.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan KIP Kuliah

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.