Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Halo pejuang beasiswa! Nama saya adalah Putri Aulia. Saya mahasiswa Universitas Sumatra Utara jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian angkatan 2016. Alhamdulillah, selama 2 tahun ini saya telah menjadi kandidat penerima beasiswa Karya Salemba Empat (KSE), tepatnya sejak tahun 2018 silam. Selama dua tahun ini, kebutuhan saya sebagai mahasiswa perantauan pun tercukupi dengan adanya beasiswa ini. Nah, hal yang perlu kamu ketahui adalah bahwa beasiswa KSE tidak hanya memberikan bantuan pendidikan. Memang banyak yang berpendapat beasiswa KSE hanya merupakan beasiswa bantuan pendidikan. Namun, dengan menjadi kandidat beasiswa ini, kamu juga bisa menerima beragam keuntungan. Menurut saya, beasiswa ini termasuk beasiswa paket lengkap seperti motonya yang bertajuk Sharing-Networking-Developing. Untuk info persiapan beasiswa lain, silahkan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Beasiswa Karya Salemba Empat merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh yayasan Karya Salemba Empat (KSE). Yayasan ini dirikan sejak tahun 1995 dan resmi menjadi sebuah foundation pada tahun 1996. Hingga kini yayasan KSE telah berkembang menjadi beasiswa dengan penerima terbanyak kedua di Indonesia setelah Bidikmisi. Menjadi kandidat beasiswa KSE, kamu akan mendapat uang saku sebesar Rp. 750 ribu per bulan selama 1 tahun, mendapatkan relasi di seluruh Indonesia, bisa tergabung dengan PAGUYUBAN KSE di setiap universitas, serta kesempatan mengikuti program pembinaan. Beasiswa ini hanya menerima pendaftar dari mahasiswa PTN mitra beasiswa KSE, dengan total 34 universitas. Universitas tersebut tersebar di seluruh Indonesia, lo.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa AAS di Australia

Melakukan Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa KSE mungkin berbeda di setiap universitas mitra. Hal yang perlu kamu garis bawahi adalah perhatikan baik-baik proses pengumpulan berkas pendaftaran. Karena ketidaksesuaian akan membuat kamu otomatis gugur. Dan jangan lupa pastikan jika dokumen kamu adalah dokumen terbaru. Pada tahap pendaftaran kamu juga akan mendapati pertanyaan essai. Topik essai yang diajukan sama setiap tahunnya.  Pastikan kamu menulis dengan benar, konsisten, dan jujur dalam menulis essai, tidak perlu bertele-tele. Nah, jangan lupa juga untuk selalu memantau tahapan dan proses beasiswa di media sosial KSE atau paguyuban universitasmu agar tidak ketinggalan info.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Cendekia Baznas

Seleksi Wawancara

Selesai melalui tahap pendaftaran, kamu akan mengikuti tahap wawancara. Kamu perlu persiapan yang matang untuk mengikuti seleksi wawancara. Maka dari itu, sebelum wawancara, kamu perlu memperlajari etika dalam wawancara. Kamu juga perlu mempelajari essai yang telah kamu tulis. Pahami betul-betul essai kamu, karena apa yang kamu tulis pasti akan ditanyakan selama wawancara. Jangan sampai kamu tidak tahu atau lupa dengan essai kamu sendiri. Selain itu, pelajarilah garis besar menganai KSE. Kamu akan mendaftar beasiswa KSE, maka dari itu perlu untuk kamu mengetahui bagaimana itu KSE.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa KGSP di Korea Selatan Jalur Embassy

Menjadi Kandidat Penerima Beasiswa

Pertama-tama kamu akan mendapat teman baru dari berbagai fakultas di universitas. Kamu dan teman-teman penerima beasiswa KSE akan tergabung dalam Paguyuban. Nah, Paguyuban ini termasuk organisasi. Layaknya organisasi pada umumnya, kamu akan melakukan berbagai kegiatan melalui paguyuban. Kegiatan yang dilakukan, contohnya: mengajar anak SD hingga SMA, bahkan melakukan kunjungan desa. Selain itu, kamu juga bisa berkembang dalam hal soft skill. Karena paguyuban menyediakan atau setidaknya menyalurkan berbagai pelatihan. Beberapa pelatihan yang bisa diikuti contohnya: belajar berwirausaha, pelatihan design, pelatihan fotografi, pelatihan pembuatan LKTI/Essay/Bussines Plan, bahkan beragam seminar. Apa Cuma itu? Tentu saja tidak! Akan ada agenda dimana kamu bisa bertemu penerima beasiswa KSE seluruh Indonesia. Agenda Tersebut adalah Give2Asia Camp. Lalu apa kendala yang muncul selama menerima beasiswa? Kendala yang dihadapi umumnya berupa jadwal yang sedikit bentrok dengan jadwal kuliah. Tapi hal itu bisa diatasi, kok.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa MEXT di Jepang

Mengikuti Give2Asia Camp

Give2Asia Camp adalah salah satu agenda dimana kamu bisa bertemu dengan penerima beasiswa KSE seluruh Indonesia. Camp ini berlangsung 7 – 10 hari. Give2Asia Camp terdiri dari Leadership Camp, Entrepreunership Camp, dan Technology For Indonesia. Selama kegiatan camp, kegiatan akan dimulai dengan senam. Sekitar jam setengah 7 seluruh peserta harus memasuki aula. Dengan mengikuti camp banyak hal bisa dipelajari. Selain itu, selama mengikuti camp, kamu bisa mendapat teman baru, ilmu yang bermanfaat, perubahan sikap yang lebih baik, dan pengalaman yang tak terlupakan. Namun hal yang paling berkesan adalah dimana peserta mulai mencoba untuk mengenal satu sama lain, bertukar informasi, bahkan mempelajari bahasa daerah masing-masing.

Baca juga: Pengalaman Mengikuti Kompetisi Nasional dan Internasional

Menjadi Anggota Paguyuban

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, paguyuban merupakan wadah dimana kandidat penerima beasiswa KSE dikumpulkan. Setiap universitas memiliki paguyuban masing-masing. Dengan adanya paguyuban, diharapkan agar tumbuh jiwa kekeluargaan antar kandidat penerima beasiswa. Serta mendukung para kandidat bisa lebih fokus dalam mewujudkan visi dan misi Yayasan Karya Salemba Empat untuk membangun generasi muda yang berkualitas. Paguyuban memiliki beberapa program, mulai dari pelatihan dari yayasan hingga program kerja langsung ke masyarakat, menjadikan penerima beasiswa KSE memiliki nilai tambah sebagai mahasiswa.

Nah, layaknya organisasi lainnya, paguyuban juga dibagi menjadi beberapa devisi. Sebagai contoh, devisi yang ada di paguyuban KSE di Universitas Sumatra Utara, yaitu: Kampoeng Belajar Division (Kabel), Public Relations Division (PRD), Event Organizer Division (EO), Community Dedication Development Division (CDD), Human Resource Development Divison (HRD), dan Research and Development Division (RND). Setiap devisi memiliki tugas masing-masing. Tugas/job desk ini tertu sangat penting dalam mewujudkan visi misi beasiswa KSE, dan meningkatkan kemampuan soft skill kandidat.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa LPDP

Paguyuban juga mengadakan beberapa acara, lo. Contohnya Team Bulding dan KSE USU Fun Day. Team building hampir sama dengan give2asia camp dimana kamu harus menginap. Tapi, tidak seperti Give3Asia camp, team building diadakan hanya selama 3 hari 2 malam. Program team building meliputi kegiatan pengakraban, games, acara api unggun, dan kreatifitas kelompok. Sedangkan kegiatan KSE USU Fun Day adalah kegiatan yang bisa dibilang sebagai rekreasi. Kegiatan yang dilakukan adalah jalan-jalan seharian ke tempat wisata. Seru bukan? Oh iya, paguyuban juga menyediakan sekret. Di sekret kamu bisa berkumpul dengan sesama kandidat dan melakukan berbagai kegiatan bersama.

Sebagai penutup, beasiswa KSE memag merupakan beasiswa paket lengkap. Dimana kamu tidak hanya mendapat uang saku, tapi juga berbagai kegiatan dan pengalaman seru, serta teman-teman baru. Menjadi kandidat beasiswa KSE bisa membuat kamu berkembang menjadi pribadi yang mempunyai manner, tanggung jawab, disiplin, dan empati kepada semua orang. Nilai plus lainnya adalah saat di kampus kamu akan dipandang baik oleh orang lain.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Unggulan

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.