Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Romanian Government Scholarship

Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Romanian Government Scholarship

Halo, bună! Perkenalkan saya Novia, awardee Romanian Government Scholarship tahun 2019. Sekarang saya sedang belajar bahasa Rumania di Transilvania University of Brasov. Durasi untuk belajar bahasa Rumania yaitu 1 thn (2 semester), setelahnya saya akan menempuh kuliah S1 Food Engineering di Transilvania University of Brasov. Ohiya btw, “bună” adalah bahasa rumania yang artinya “hi/hallo”. Untuk info persiapan beasiswa lainnya, click disini.

Baca juga:Jasa Penerjemah Tersumpah

Pengalaman

Pengalaman selama mendapatkan beasiswa ini apa aja kak?

Wah ini mah banyak banget. Bisa kenal sama temen-temen dari berbagai negara itu asik banget, mereka friendly banget jugaa. Awalnya padahal ku pikir mereka itu ga terbuka sama orang luar, ternyata aku salah. Ohiya ini sekalian nyambung sama cerita ramadan dikit ya. “Pas awal berangkat ke rumania aku udh siap dengan konsekuensi aku bakal jadi orang satu satunya di kelas yang pake hijab, eh ternyata pas hari pertama masuk kelas ada satu lagi temenku orang jordania yang pake hijab haha aku ga nyangka banget loh dan ada senior yang pake hijab juga. Setelah aku tau lebih lanjut ternyata menariknya 60% anak kelasku dari negara timur tengah, ada yang dari jordan, syria, mesir, libya, algeria, maroco, israel, sudan. mereka semua muslim, kecuali 1 anak lagi dari syria. aku bener-bener kaget banget. Mereka semua jadi dikelas itu pake bahasa arab, sayangnya aku gabisa bahasa arab, jadi aku komunikasi sama mereka pake Bahasa Inggris. Sisanya anak kelas ku ada yang dari mongolia, china, korea utara, bulgaria, amerika selatan, afrika, dll”. Tadinya aku nunggu nunggu ramadan ini buat buka bareng temen temen muslimku, tapi ternyata untuk ramadan tahun ini gabisa kita buka bareng karena covid-19.

Baca juga:Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa APERTI BUMN

Ohiya temen-temen karni disini mayoritas penduduknya non muslim maka sedikit restoran halal, maka dari itu aku selalu masak sendiri untuk makan. dan untuk harga kebutuhan makanan itu tidak jauh seperti harga di jakarta. Contohnya saja beras, 10 ribu/kg nya. Walaupun kebanyakan masyarakatnya makan roti/gandum sebagai bahan makanan pokoknya tp untungnya masih ada yg jual beras disini. Untuk tantangan di ramadan ini, puasa disini durasinya lebih panjang dibandingkan indonesia, yaitu 17-18 jam karena semakin maju harinya maka matahari akan bersinar lebih lama. Contohnya hari ini aku subuh di jam 3.12 dan magrib di jam 20.48 dan bsk aku subuh di jam 03.09 dan magrib di jam 20.49.

Untungnya, ramadan tahun ini jatuh di musim semi yang mana suhunya masih dikisaran 10-20 derajat celcius, dan sering bangt hujan. kadang gerimis, hujan sedang pake angin, bahkan beberapa hari yang lalu hujan es. Untuk beda waktu Indonesia dan Rumania adalah 4 jam. sekarang di sini jam 11.16, sedangkan di Indonesia jam 15.16 WIB.

Baca juga:5 Fakta Unik Beasiswa Adaro

Cara Kuliah di Rumania

Ada 3 cara yang dapat kamu ambil untuk bisa berkuliah di Rumania, yaitu:

  • Beasiswa pemerintah Rumania

linknya: http://www.mae.ro/en/node/10251

Batas waktu pengumpulan untuk Indonesia: biasanya dibuka Desember dan ditutup bulan Maret. Beasiswa nya untuk semua jurusan kecuali kedokteran dan farmasi. Aku pernah ngebuat penjelasan tentang beasiswa ini di link berikut, silakan di liat videonya ya: https://youtu.be/LfPtk-KqAOk

  • Beasiswa kampus

Tapi hanya beberapa kampus ya, yang ada beasiswa kampus salah satunya adalah kampusku. linknya: https://tas.unitbv.ro/ nah dengan beasiswa ini, kamu bisa daftar kedokteran.

  • Biaya mandiri

Baca juga:Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Keguruan Lumina

Pemilihan Universitas

Untuk pemilihan universitas ada di website beasiswa pemerintah Rumania ya, di appendix 4. Disitu tertera list universitas dan link website masing masing universitas. Maka kamu bisa masuk ke websitenya untuk melihat jurusannya. Di form beasiswa pemerintah rumania sendiri sudah terdapat kolom pilihan universitas, kita diizinkan untuk memilih 2 universitas disini. Jadi ketika keterima beasiswa pemerimtah Rumania otomatis kamu juga sudah mendapatkan universitas sesuai pilihanmu, tergantung keterimanya di pilihan 1 atau 2. Untuk berkas-berkasnya bisa kamu kirimkan dalam bentuk hardcopy berupa fotocopy-an ke kedutaan besar Rumania di Jakarta.

Baca juga:6 Fakta Unik Beasiswa The One World Scholarship (OWS)

Berkas-berkas yang Perlu Kamu Siapkan

Beasiswa Romania Government Scholarship ini mempunyai persyaratan dokumen yang tidak terlalu ribet kok. Maka dari itu, jika kamu tertarik dengan beasiswa ini, maka jangan ragu untuk mendaftar. Berikut adalah berkas-berkas yang perlu kamu persiapkan untuk mendaftar beasiswa Romania Government Scholarship ini: Official Letter, Appendix 1, Appendix 2, IJAZAH DAN AKTA (sudah diterjemahkan ke bahasa inggris/prancis), FC Pasport (3 lembar pertama) Surat Keterangan Sehat/Medical Checkup, Curricilum Vitae (CV), dan yang terakhir adalah 2 Foto ukuran Pasport (Backgroundputih)

Baca juga:6 Fakta Unik dan Menarik Beasiswa Brilian BRI

Tips and Trick

Untuk official letter di dapatkan ketika kalian mengumpulkan berkas berkasnya. Appendix 1 dan 2 bisa di download di link yang sudah aku kasih tau diatas. Penilaian yang paling penting menurutku dibeasiswa ini adalah motivation letter. Jadi temen-temen harus mempersiaknanya dengan semaksimal mungkin. Di beasiswa pemerintah Rumania ini nilai rapot itu bukan poin utamanya, jadi jangan jiper kalo nilai rapotnya ga memuaskan. Yang pasti harus dimantepin di motivation letter ini.

Sebetulnya ga banyak tips&trick nya, semua berkas kalian harus siapkan baik-baik, jangan ada berkas yang masih berbahasa indonesia ya, semuanya harus berbahasa inggris/prancis. Kalo saranku lebih baik terjemahkan saja ke Bahasa Inggris ya, biar dokumennya nanti bisa digunakan untuk daftar beaisiswa yang lain.

Baca juga:Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa The One World Scholarship di Austria

Untuk motivation letter sendiri aku banyak cari referensi di google, lumayan lama untuk siapin ini, sekitar 1 bulan baru aku ngerasa pada sama motivation letter aku. Aku ngasih motlet aku ke papa, tante, dan teman teman terdekat untuk baca dan revisi apa yang menurut mereka kurang ataupun perlu ditambahin. Kalo menurutku yang penting ketika nulis motlet ini harus jujur dari hati ya temen-temen. Cuman 1 tahapan, yaitu berkas. Enak banget kanwkwk. Ga ada wawancara loh.

Bahasa yang digunakan disini bahasa Rumania. Tapi alhamdullilah banyak juga orang bisa Bahasa Inggris kok, jadi untuk kehidupan awal awal di sini gabegitu sulit. Untuk kuliahnya nanti kalian bisa pilih, mau menggunakan Bahasa Inggris ataupun Rumania bisa juga Prancis atau bahasa yang lain. Aku sendiri pilih bahasa pengantar kuliahnya rumania. Nah, buat kalian yang khawatir untuk adaptasi bahasanya bisa di baca ya gengs.

Baca juga:Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Knight-Hennessy di Universitas Stanford

Culture Shock

Culture shock paling gede menurutku makanan nih, jadi makanan rumania itu menurutku kayak kurang bumbu wkwk jadi setiap aku makan pasti nambahin garem atau lada biar tambah enak. Disini beras itu bukan makanan pokok mereka jadi kalo di tempat makan meraka jarang siapin nasi, kayak di kfc/mcd itu gaada nasinya. Solusinya saya sekarang jadi selalu masak sendiri, karena rasanya bisa disesuaikan dengan lidah, dan untungnya sama bawa beberapa bumbu-bumbu masakan dari indonesia. Ohiya dan toilet disini adalah toilet kering semua ya, jadi membersihkannya pake tisu. Tapi karena saya engga kebiasaan jadi kalo ke toilet saya selalu bawa botol isi air haha.

Baca juga:Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Cendekia Baznas

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.