Pengalaman Mendapatkan Beasiswa YTB Turki

Pengalaman Mendapatkan Beasiswa YTB Turki

Halo semuanya, perkenalkan nama saya adalah Zahraturrahmi. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan Magister Economic Agricultural di Isparta Uygulamalı Bilimler Üniversitesi di Isparta Turkey. Saya adalah awardee atau penerima beasiswa YTB Turki 2019. Saya berasal dari Aceh yaitu alumni S1 Agribisnis Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Di artikel ini, saya akan membagikan seperti apa pengalaman saya mendapatkan beasiswa dari pemerintah Turki ini. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Mencari Info Beasiswa

Sekitar 1 tahun sebelum mendaftar beasiswa saya sudah cek berbagai sumber informasi tentang beasiswa yang sudah dibuka. Biasanya banyak beasiswa yang dibuka pada bulan Desember hingga April. Setiap hari saya meluangkan waktu untuk membuka internet khusus untuk mencari info beasiswa beserta persyaratannya dan saya catat semua ini di buku tulis. Kalau ada yang tidak saya pahami, saya cari lagi di google. Kalau masih belum paham juga, saya tanya ke senior atau orang yang lebih paham masalah beasiswa tersebut.

Karena kalau kamu ingin mendapat beasiswa, yang harus kamu lakukan adalah mencari dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Meskipun terkadang kamu malas, tapi kalau kamu benar-benar ingin mendapatkan beasiswa, maka mulai saat ini kamu harus rajin cari informasi di internet. Karena informasinya sudah tersedia di internet, tinggal kamu cari, baca, dan pahami.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Mahaghora

Letter of Intent

Letter of Intent merupakan salah satu dokumen yang sangat penting dalam pendaftaran beasiswa YTB. Melalui dokumen ini, pihak beasiswa akan menentukan seberapa layak kamu untuk mendapatkan beasiswa. Makanya kamu harus benar-benar mempersiapkan diri serta mengerjakan Letter of Intentmu semaksimal mungkin.

Pada dasarnya, Letter of Intent atau LoI sama dengan Motivation letter, hanya saja menggunakan istilah yang berbeda. Kamu harus menjawab beberapa pertanyaan dengan batasan minimal 75 kata dan maksimal 300 kata. Pertanyaan yang biasanya muncul seperti ini, “Please explain your expectations from the higher education in Turkey and your plans for after graduation.” Untuk pertanyaan pertama ini, kamu harus menjelaskan ekspektasi apa yang kamu inginkan untuk kuliah di Turki beserta rencanamu setelah lulus.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Paragon

Pertanyaan kedua, “Please indicate why you have chosen Turkey for higher education.” Untuk pertanyaan ini cukup jabarkan alasanmu memilih Turki untuk melanjutkan pendidikan, misalnya kamu bisa menyebutkan keunggulan pendidikan di Turki. Pertanyaan ketiga, “Please indicate why you have chosen these particular departments and your knowledge about these departments.” Di pertanyaan ini, kamu harus menjelaskan kenapa kamu memilih jurusan tersebut dan jelaskan hal-hal apa saja yang kamu ketahui tentang jurusan tersebut.

Pertanyaan selanjutnya, “In this section, past academic and social experience relating to the field you want to take your education, your reasons for choosing Turkey for training, you will explain the importance in Turkey’s future plans for your education and scholarship. You can write your intention letter in the language you can express yourself.” Untuk bagian ini, kamu bisa menceritakan alasan kamu memilih kuliah di Turki, jelaskan bidang yang akan kamu ambil ekonomi, alasannya, manfaat jurusan yang kamu ambil untuk negara kamu dan Turki, serta rencana karirmu. Selain itu, kamu juga harus membuat proposal penelitian atau rancangan penelitian yang khusus untuk pendaftar jenjang S2 dan S3.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa ETOS ID

Wawancara

Pada saat saya mendaftar, pelaksanaan wawancara dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2019 bertepatan dengan bulan Ramadhan. Setelah menunggu kurang lebih 2,5 bulan, saya mendapatkan pengumuman yang membuat kaget, senang, terharu, dan bahagia. Semua perasaan bercampur menjadi satu ketika saya dinyatakan lolos seleksi berkas dan akan mengikuti tahap seleksi wawancara. Di tahun kemarin saya mengikuti wawancara di Aceh tepatnya di Hermes Palace Hotel Banda Aceh. Untuk pilihan tempat wawancara Beasiswa YTB biasanya ada dua pilihan tempat. Bisa memilih di Jakarta atau Aceh.

Baca juga: Pengalaman Mengikuti Proses Penyeleksian OSC dari Awardee

Leave a Reply

Your email address will not be published.