Penjelasan Persyaratan Dokumen Beasiswa MEXT S1

Penjelasan Persyaratan Dokumen Beasiswa MEXT S1

Dokumen-dokumen pendaftaran merupakan bagian penting dalam pendaftaran beasiswa. Karena melalui dokumen-dokumen tersebut, pihak beasiswa dapat menentukan layak atau tidaknya seorang pendaftar untuk mendapatkan beasiswa. Bagi kamu para lulusan SMA/sederajat yang sedang ingin mendaftar beasiswa MEXT untuk kuliah S1 di Jepang, sebaiknya kamu mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftaranmu sebaik mungkin. semakin baik kualitas dokumen pendaftaranmu akan semakin besar pula peluangmu untuk mendapatkan beasiswa MEXT. Oleh karena itu, pahami dulu persyaratan dokumen beasiswa MEXT untuk jenjang S1 berikut ini: Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.  

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Lembaran Print-out Email Konfirmasi

Lembaran print-out email konfirmasi didapatkan melalui formulir pendaftaran online. Pengisian formulir pendaftaran online dapat diakses di http://daftar.beasiswamext.com/. Setelah mengisi formulir pendaftaran online, pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi nomor pendaftaran. Pendaftar diminta untuk melampirkan hasil print-out email konfirmasinya bersama dokumen-dokumen pendaftaran lainnya.

Baca juga: Beasiswa MEXT untuk Kuliah S1 di Jepang

Formulir Pendaftaran

Dokumen pendaftaran lainnya adalah formulir pendaftaran. Selain mengisi formulir pendaftaran online, pendaftar juga harus melampirkan formulir pendaftaran dalam bentuk hard copy. Format formulir pendaftaran dapat didownload di https://www.studyinjapan.go.jp/en/assets/pdf/app/undergraduate/2021_Application_Undergraduate.pdf. Formulir pendaftaran beasiswa MEXT dapat ditulis tangan ataupun diketik. Formulir pendaftaran dapat diisi dengan menggunakan Bahasa Inggris ataupun Bahasa Jepang.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa MEXT untuk Kuliah S1 di Jepang

Foto

Foto merupakan salah satu persyaratan penting yang tidak boleh dilewatkan. Format foto yang diminta beasiswa MEXT adalah foto setengah badan ukuran 3×4 dengan latar belakang polos, warna latar foto bebas selama polos. Foto yang digunakan sebaiknya foto terbaru atau minimal foto yang diambil dalam 6 bulan terakhir. Foto harus ditempel pada formulir pendaftaran.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa MEXT di Jepang

Salinan Nilai Rapor

Pendaftar juga diminta untuk melampirkan salinan nilai rapornya dari semester 1 sampai semester 6 atau semester 1 kelas X sampai semester 2 kelas XII. Salinan nilai rapor yang harus dilegalisir oleh pihak sekolah.

Baca juga: Penjelasan Persyaratan Beasiswa MEXT S1

Salinan Ijazah atau Surat Keterangan Lulus

Dokumen selanjutnya adalah salinan ijazah yang dilegalisir oleh pihak sekolah. Namun, bagi pendaftar yang belum memiliki ijazah pada saat pendaftaran boleh menggunakan surat keterangan lulus yang dilegalisir oleh pihak sekolah. Artinya, baik ijazah ataupun surat keterangan lulus dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa ini.

Baca juga: Pengalaman Kuliah di Jepang

Surat Rekomendasi

Pihak beasiswa MEXT juga mensyaratkan surat rekomendasi sebagai salah satu persyaratan dokumen. Pendaftar dapat meminta surat rekomendasi kepada kepala sekolah ataupun guru. Surat rekomendasi yang diterima pihak beasiswa MEXT adalah surat rekomendasi yang ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa DAAD di Jerman

Sertifikat Kemampuan Bahasa

Sertifikat kemampuan bahasa merupakan persyaratan yang bersifat optional. Artinya, jika pendaftar memiliki sertifikat kemampuan bahasa, pendaftar boleh melampirkannya. Namun, jika pendaftar tidak memilikinya, pendaftar tetap diperbolehkan mendaftar. Sertifikat kemampuan bahasa yang diterima beasiswa MEXT adalah sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) atau Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/TOEIC).

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa S2 S3 di Universitas Adelaide Australia

Salinan Nilau EJU

Nilai EJU (Examination of Japanese University) merupakan salah satu persyaratan yang bersifat optional. Pendaftar tidak perlu khawatir jika tidak memiliki nilai EJU, karena persyaratan ini boleh dipenuhi dan boleh juga tidak dipenuhi.

Bava juga: Tips and Tricks Lolos Beasiswa DAAD di Jerman

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.