Penjelasan Persyaratan Dokumen Beasiswa Romanian Government

Penjelasan Persyaratan Dokumen Beasiswa Romanian Government

Beasiswa Romanian Government adalah program beasiswa untuk kuliah S1, S2, dan S3 di Rumania. Beasiswa ini adalah beasiswa fully funded atau beasiswa penuh. Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa Romanian Government, kamu bisa mulai dengan mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftaranmu. Semakin awal kamu mempersiapkannya akan semakin baik kualitas dokumenmu. Sehingga kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa ini. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Appendix 1

Appendix 1 adalah formulir pendaftaran untuk pengajuan beasiswa Romanian Government. Format Appendix 1 dapat didownload di website resmi Kedutaan Besar Rumania untuk Indonesia. Setelah mendownload format Appendix 1, kamu hanya perlu mengisi formulir tersebut dengan selengkap-lengkapnya. Ada 3 pilihan bahasa yang bisa kamu gunakan untuk mengisi formulir pendaftaranmu, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Rumania, dan Bahasa Prancis. Pada Appendix 1, kamu harus mengisi data diri, universitas serta jurusan tujuan, pengalaman kerja, serta deskripsi singkat mengenai topik penelitian.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Romanian Government Scholarship

Appendix 2

Appendix 2 adalah formulir pendaftaran untuk pengajuan LoA atau Letter of Acceptance dari Kementerian Pendidikan Rumania. Format Appendix 2 juga dapat didownload di website resmi Kedutaan Besar Rumania untuk Indonesia. Pada Appendix 2, kamu harus mengisi data diri, latar belakang pendidikan, universitas dan jurusan tujuan, serta kemampuan bahasa. Pastikan kamu melengkapi semua bagian yang tertera di Appendix 2.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Penerima Beasiswa Romanian Government

Ijazah, Transkrip Nilai, dan Akte Kelahiran

Selain formulir pendaftaran, kamu juga harus menyiapkan fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir dan diterjemahkan baik dalam Bahasa Inggris, Bahasa Rumania, maupun Bahasa Prancis. Kamu bisa memilih salah satu dari ketiga bahasa di atas. Selain itu, pihak beasiswa Romanian Government juga mensyaratkan untuk mengumpulkan fotocopy akte kelahiran yang dilegalisir dan diterjemahkan baik dalam Bahasa Inggris, Bahasa Rumania, maupun Bahasa Prancis.

Baca juga: Tips dan Trick Untuk Mendapatkan Beasiswa Russian Government Scholarships

Paspor

Paspor adalah salah satu dokumen penting bagi warga negara asing. Bagi kamu yang belum memiliki paspor, kamu bisa mulai mempersiapkannya dari sekarang untuk persiapan pendaftaranmu. Pihak beasiswa Romanian Government mensyaratkan untuk mengumpulkan  fotocopy tiga halaman pertama dari paspormu.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Surat Keterangan Sehat/Medical Check-up

Surat keterangan sehat atau medical check-up yang diterjemahkan baik dalam Bahasa Inggris, Bahasa Rumania, maupun Bahasa Prancis. Surat keterangan sehat menjadi salah satu persyaratan penting karena dengan surat keterangan ini pihak beasiswa dapat mengetahui layak atau tidaknya kamu mendapatkan beasiswa. Tentunya beasiswa akan diberikan kepada para pendaftar yang sehat baik fisik mau psikisnya.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa APERTI BUMN

Curriculum Vitae (CV)

CV atau riwayat hidup dalam Bahasa Inggris, Bahasa Rumania, atau Bahasa Prancis. Kamu bisa memilih untuk menulis CVmu dalam salah satu bahasa di atas. CV adalah salah satu dokumen penting yang dapat menentukan lolos tidaknya kamu mendapatkan beasiswa ini. Oleh karena itu, pastikan untuk menulis CV dengan sebaik mungkin. Lampirkan berbagai pengalaman kerja, pengalaman organisasi, prestasi, serta kontribusimu yang berkaitan dengan jurusan yang akan kamu ambil di Rumania. Artinya, kamu tidak perlu melampirkan semua jenis pengalaman, prestasi, ataupun kontribusimu ke dalam CVmu. Cukup lampirkan yang benar-benar berhubungan dengan jurusan yang kamu pilih.

Baca juga: 5 Fakta Unik Beasiswa Adaro

Foto Ukuran Paspor

Foto adalah salah satu persyaratan yang tidak boleh kamu lewatkan. Kumpulkan foto formal, bukan foto selfie. Pihak beasiswa Romanian Government mensyaratkan 2 foto dengan ukuran paspor berlatar belakang warna putih.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Keguruan Lumina

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.