Penjelasan Syarat Beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP) Jenjang S2

Penjelasan Syarat Beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP) Jenjang S2

Korean Government Scholarship Program (KGSP) atau yang kadang disebut Global Korea Scholarship (GKS) adalah beasiwa yang disediakan oleh pemerintah korea selatan untuk mahasiswa internasional yang mau melanjutkan studi di korea selatan. Beasiswa ini untuk jenjang S1 S2 dan S3. Namun, kali ini, fokus pada penjelasan syarat beasiswa korean government scholarship program (KGSP) jenjang S2. Untuk info persiapan beasiswa lain, click disini

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Indek Prestasi Kumulatif (IPK)

Persyaratan IPK minimal yang diterima oleh beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP) untuk jenjang S2 paling rendah adalah 2.64 pada skala 4.0. jadi, kalau kamu mempunyai IPK 3.00 misalnya, kamu sangat layak dan sangat bisa mendaftar beasiswa KGSP ini. Selain itu, yang dibutuhkan untuk pendaftaran bukan cuman IPK saja, tapi kamu juga harus menuliskan IP setiap semester. Untuk format penulisan di formulir nanti misalkan kamu mendapatkan IP 3.50 dari skala 4.00, kamu bisa menulis 3.50/4.00.

Pendaftaran dan Formulir pendaftaran

Untuk saat ini, beasiswa KGSP tidak memiliki sistem pendaftaran online. Namun, beasiswa KGPS menyediakan formulir pendaftaran khusus yang terdiri dari 8 form yang terdiri dari Form 1 tentang lembar Formulir Pendaftaran, Form 2 lembar Personal Statement, Form 3 lembar Statement of Purpose, Form 4 Proposal Riset, Form 5 Surat Rekomendasi, Form 6 Letter of Invitation, From 7 Janji Peserta KGSP, dan Form 8 Surat keterangan kesehatan.

Sebagai catatan, form 3 hanya untuk pelamar program master dan doktor, dan form 4 dan 6 hanya untuk pelamar Program Riset. Jadi, misalkan kamu mendafatar program master atau S2, kamu tidak perlu untuk melampirkan form 4 dan form 6.

Yang perlu menjadi catatan juga adalah, kamu harus menyusun persyaratan sesuai dengan susunan form. Contoh, personal statement kan ada di form 2, jadi kamu harus meletakkan personal statement itu setelah form 1 dan sebelum form 3. Jika tidak sesuai, pendaftaran bisa ditolak.

Untuk beasiswa KGSP S2, kamu bisa memilih jalur Korean Embassies atau Korean universities. Kamu harus ingat kamu tidak bisa mendaftar keduanya, kamu hanya bisa mendaftar melalui salah satu jalur yang tersedia. Jika kamu memaksa mendaftar di kedua jalur, kamu akan dinyatakan tidak lolos dan lebih buruk kamu akan diblacklist.

Semua berkas pendaftara dikirim langsung hardcopy menggunakan kurir sesuai dengan jalur yang dipilih. Misalkan, jalur yang dipilih adalah jalur embassy, maka formulir pendfataran dikirim ke kantor embassy korea selatan di Indonesia yaitu di Kedutaan Besar Korea Selatan, Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav.57, Jakarta – 12950.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa KGSP Jalur Embassy

Surat Rekomendasi

Jumlah surat rekomendasi yang dibutuhkan adalah dua surat rekomendasi. Untuk jalur embassy, surat rekomendasi tidak boleh dibuka oleh pendaftar, kamu meminta pemberi surat rekomendasi untuk membuat 1 surat rekomendasi asli. Lalu, pemberi surat rekomendasi harus membuat tiga salinan dari surat rekomendasi yang asli tersebut. Tanda tangani setiap surat rekomendasi. Semua surat rekomendasi harus dimasukkan ke dalam satu amplop, dan ditanda tangangi di lipatan amplop (sign across the back flap of the envelope). Jadi kamu akan punya dua amplop dimana satu amplop dari pemberi rekomendasi 1 terdiri dari 4 surat rekomendasi yang identik, dan 1 amplop dari pemberi rekomendasi 2 yang jug terdiri dari 4 surat rekomendasi yang identik. Surat rekomendasi yang kamu miliki tersebut berlaku selama satu tahun ya.

Kelayakan

Kamu boleh mendaftar beasiswa KGSP walaupun saat ini sedang menempuh S2 atau pertukaran pelajar di korea selatan. Jika nanti dinyatakan diterima beasiswa KGSP, kamu harus berhenti dari S2 atau pertukaran pelajar yang sedang ditempuh tersebut. Namun, jika kamu pernah belajar di Korea selatan dan sudah lulus, kamu tidak bisa mendaftar beasiswa KGSP. Namun, jika kamu pernah belajar di Korea dan sudah lulus dengan menggunakan beasiswa KGSP, kamu bisa mendaftar beasiswa KGSP lagi.

Ijazah dan Transkrip Nilai

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah jangan pernah memberikan ijazah dan transkip nilai asli karena dokumen tidak akan dikembalikan. Biasanya, ijazah dan transkip nilai kan masih berupa bahasa indonesia, sebaiknya diterjemahkan menggunakan penerjemah tersumpah, dilegalisir ke kampus, dan disahkan di kemenkumham. Selain bahasa inggris, ijazah dan transkip nilai juga bisa diterjemahkan ke bahasa korea. Kedua bahasa tersebut boleh-boleh saja dan tidak mempengaruhi nilai.

Jika kamu belum memiliki ijazah, kamu bisa menggunakan SKL, tapi segera setelah ijazah dan transkip nilai kamu keluar, kamu harus segera mengirimkan salinan resmi ijazah dan transkip yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa inggris yang sudah dilegalisir, dinotaris dan kemenkumham tersebut. Kamu juga harus ingat bahwa ada batas akhir kapan kamu harus submit ijazah dan transkip nilai kamu untuk menggantikan SKL tadi karena jika tidak mengumpulkan ijazah dan transkip nilai pada deadline yang sudah ditentukan, kamu bisa dibatalkan sebagai penerima beasiswa KGSP nantinya.

Dokumen keluarga

Kamu juga harus melampirkan salinan resmi dokumen seperti seperti akte kelahiran / KTP / kartu keluarga / paspor sebagai bukti kewarganegaraan peserta dan orang tua. Ingat kalau kamu tidak harus melampirkan semua dokumen tersebut. Kamu hanya perlu memilih salah satu. Misalkan kamu memilih melampirkan KTP, maka kamu harus melampirkan KTP kamu dan orang tua kamu. Dokumen tersebut juga harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, dinotariskan, dan disahkan di kemenkumham.

Sertifikat Bahasa

Beasiswa KGSP hanya menerima sertifikat TOPIK, TOEFL PBT, TOEFL IBT, atau IELTS. Perhatikan baik-baik kalau TOEFL ITP tidak diterima. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena sertifikat bahasa bukan syarat wajib. Jadi, tidak masalah jika kamu tidak melampirkan syarat ini. Namun memang akan selalu ada nilai plus jika kamu melampirkan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Beasiswa KGSP Jalur Embassy

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.