Penjelasan Syarat Beasiswa LPDP Afirmasi Keluarga Prasejahtera

Penjelasan Syarat Beasiswa LPDP Afirmasi Berprestasi Dari Keluarga Miskin/Prasejahtera

 

Beasiswa LPDP afirmasi adalah salah satu program beasiswa dari LPDP selain program beasiswa LPDP regular. Beasiswa LPDP afirmasi memiliki banyak jenis dan pembahasan kali ini fokus pada beasiswa LPDP Affirmasi berprestasi dari keluarga miskin/prasejahtera.Kamu tidak usah minder karena ada kata berpretasi pada nama afirmasi ini karena sasaran utama beasiswa lpdp ini adalah untuk mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu yang memiliki IPK minimal 3.50. Beasiswa LPDP ini digagas karena banyak mahasiswa prasejahtera yang pada S1 tidak memiliki kesempatan mendapatkan beasiswa bidikmisi.

Baca juga: Jasa Penerjemah Regular

Alasan lain kenapa kamu tidak perlu ragu untuk mendaftar adalah karena prestasi tidak hanya dalam bentuk menjuarai sebuah perlombaan, tapi menurut saya mendapatkan IPK di atas 3.50 juga merupakan sebuah prestasi yang patut untuk diapresiasi.

Untuk mendaftar program beasiswa ini, kamu harus memperhatikan dua jenis syarat yaitu syarat umum dan syarat khusus. Berikut adalah Persyaratan khusus beasiswa LPDP Afirmasi untuk individu alumni penerima beasiswa bidikmisi dan penjelasannya:

Syarat:

  1. Tidak mampu secara ekonomi, dengan kriteria orang tua dan/atau suami/istri memiliki penghasilan kotor keluarga sebesar-besarnya Rp.3.000.000,00 (tiga juta rupiah) dan apabila dibagi dengan jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp.750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan, dibuktikan dengan;
    a. Kartu Keluarga yang terbaru;
    b. Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan;
    c. Slip gaji atau surat keterangan penghasilan orang tua dan suami/istri bagi yang sudah menikah;
    d. Rekening listrik 3 (tiga) bulan terakhir, bagi yang menggunakan listrik pra bayar dibuktikan dengan membuat surat pernyataan terkait besaran biaya rata – rata penggunaan listrik 3 (tiga) bulan terakhir yang ditandatangani di atas materai 6000.

Penjelasan:
Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan (SKTM) bisa didapatkan di kelurahan atau kantor kepala desa kampung halaman kamu. Format SKTM sudah disediakan oleh pihak kelurahan atau kantor kepala desa.

Bagi pejuang beasiswa yang orang tuanya tidak memiliki slip gaji, kamu bisa minta surat keterangan keterangan penghasilan orang tua kepada lurah atau kepala desa. Format sudah disediakan oleh kantor kelurahan. Kamu cukup datang dan menyampaikan tujuan mu.

Semua syarat di atas kemudian di scan untuk kemudian di upload ke aplikaso online beasiswa LPDP. Semua berkas yang discan harus berkas asli bukan dalam bentuk fotocopy.

Syarat:

  1. Usia maksimum pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran adalah 35 (tiga puluh lima) tahun.

Penjelasan:
Dibuktikan dengan KTP dan saat pengisian formulir pendaftaran pada aplikasi online beasiswa LPDP.

Syarat:

  1. Pendaftaran BPI Afirmasi untuk individu berprestasi dari keluarga miskin/ pra-sejahtera hanya untuk program magister dan tidak untuk program doktoral.

Penjelasan:
Jika kamu berniat mengambil S2, kamu masih bisa menggunakan program beasiswa LPDP afirmasi alumni bidikmisi. Namun, jika mau lanjut S3, kamu tidak bisa mengajukan Beasiswa LPDP afirmasi alumni bidikmisi. Sebagai gantinya, kamu bisa mendaftar beasiswa LPDP regular.

Baca juga: Belajar TOEFL Menggunakan Aplikasi Android

Syarat:

  1. Memiki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3,50 pada skala 4.00.

Penjelasan:
Syarat ini tidak bisa ditawar atau diganti dengan syarat lain. Walaupun kamu berasal dari keluarga prasejahtera tapi IPK kamu di bawah 3,50, kamu tetap tidak bisa mendaftar. Nilai yang digunakan adalah nilai IPK terakhir bukan IPK persemester. Jadi walaupun kamu pernah memperoleh IPK di bawah 3,50 di semester 3 misal, tapi IPK terakhir kamu saat kelulusan mu adalah 3,50 atau di atas 3,50, kamu masih bisa mendaftar beasiswa LPDP keluarga prasejahtera.

Syarat:

  1. Memiliki sertifikat resmi kemampuan bahasa Inggris dengan ketentuan sebagai berikut:
    a. Pendaftar program magister dalam negeri skor minimal TOEFL ITP® 400, TOEFL iBT 33, IELTS 4,5, TOEIC® 400, atau TOAFL 450.
    b. Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT 61, IELTS 6,0, TOEIC® 630, atau TOAFL 550.

Penjelasan:
Gunakanlah sertifikat bahasa sesuai dengan yang disyaratkan di atas. Jika sertifikat bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan yang diminta, otomatis kamu akan gagal di seleksi administrasi. Sertifikat bahasa yang diterima oleh beasiswa LPDP adalah sertifikat bahasa dari institusi resmi. TOEFL dikeluarkan oleh ETS dan IELTS dikeluarkan oleh British Council, IALF, dan IDP. Mungkin kampus kamu mewajibkan kamu tes TOEFL sebagai syarat kelulusan. TOEFL tersebut tidak bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa LPDP.

Syarat:

  1. Pendaftar BPI Afirmasi individu berprestasi dari keluarga miskin/ prasejahtera hanya dapat mendaftar maksimal 2 (dua) tahun sejak dinyatakan lulus dari Perguruan Tinggi.

Penjelasan:
Patokannya adalah tahun lulus ya bukan tahun wisuda. Seandainya kamu lulus tahun 2018, jadi kamu bisa mendaftar beasiswa bidikmisi pada tahun 2018, 2019, dan 2020. Sedangkan di atas 2020, 2021 misal, kamu tidak bisa mendaftar beasiswa lpdp afirmasi alumni bidikmis. Sebagai gantinya kamu bisa mendaftar jalur regular.

Baca juga:
daftar beasiswa S2 luar negeri paling lengkap
Persiapan Beasiswa Unggulan Paling Lengkap

 

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.