Penjelasan Syarat-syarat Beasiswa LPDP S2 atau Magister bagian kedua

Penjelasan syarat-syarat beasiswa LPDP S2 / magister

 

Syarat: Program studi dan kampus

Memiliki dan memilih bidang keilmuan, program studi, dan perguruan tinggi tujuan yang sesuai dengan ketentuan LPDP;

Penjelasan

Beasiswa LPDP memiliki daftar khusus universitas yang bekerja sama dengan beasiswa LPDP. Pejuang beasiswa diwajibkan untuk memilih kampus sesuai dengan yang ada dalam daftar beasiswa LPDP. Jika kampus yang menjadi tujuan kamu S2 tidak ada dalam daftar, kamu pasti tidak akan dapat mendafatar beasiswa LPDP karena pada saat mengisi formulir pendaftaran  secara oline di akun beasiswa LPDP, pilihan yang tersedia hanya kampus yang bekerja sama dengan beasiswa LPDP. Solusinya, pilihlah kampus yang ada dalam daftar beasiswa LPDP. Tenang saja, Beasiswa LPDP bekerja sama dengan kampus dengan reputasi bagus.

Baca juga: Tips Menulis Statement of Purpose

Syarat: Surat pernyataan

Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa pendaftar:

Penjelasan

Tidak usah bingung mencari kemana atau malah membuat sendiri, surat pernyataan ini sebenarnya sudah disediakan oleh beasiswa LPDP dalam buku panduan. Kamu hanya perlu lebih sabar mencari surat pernyataan tersebut. Kamu bisa langsung print atau ketik ulang dalam microsoft word. Setelah kamu melengkapi data diri kamu, tambahkan matrai dan tanda tangan dengan menyentuh matrai tersebut. Satu hal lagi, karena ini bertanda tangan di atas matrai, maka surat pernyataan tersebut berkekuatan hukum. Artinya, jika dikemudian hari ada pelanggaran atau pemalsuan, kamu dapat dituntut secara hukum. Tapi, tidak usah takut, yang terpenting kamu tidak melakukan pemalsuan dokumen dan bersedia mematuhi poin-poin pada surat pernyataan.

Baca juga: Jasa Terjemah Regular

Syarat

Bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai studi;

Penjelasan

Sebenarnya bukan penjelasan yang saya mau sampaikan. Lebih kepada ajakan agar ayo bersama-sama membangun Indonesia. Jika kamu kuliah ke Luar Negeri, jangan lupa pulang untuk membangun Indonesia. Jika bukan kita, siapa lagi. Negara ini benar-benar menempatkan harapan besar pada generasi muda bangsanya dan itu kita.

Syarat

Tidak sedang menerima atau akan menerima beasiswa dari sumber lain;

Penjelasan

Saya rasa pernyataan di atas sudah jelas. Beasiswa apapun yang termasuk fully funded seperti beasiswa LPDP tidak akan mengijinkan untuk double funding atau mendapatkan dua beasiswa dalam waktu yang bersamaan. Jadi, jika kamu kebetulan mendapatkan dua beasiswa secara bersamaan, kamu harus memilih dan melepas salah satu. Jika tidak demikian dan kamu ketahuan double funding, kedua beasiswa kamu dapat dicabut dan kemungkinan besar kamu akan diblack list.

Syarat

Tidak terlibat dalam aktivitas atau tindakan yang melanggar hukum, atau mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila;
Tidak pernah atau akan terlibat dalam aktivitas atau tindakan yang melanggar kode etik Akademik;
Selalu mengabdi untuk kepentingan Bangsa Indonesia;
Selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia;
Sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang ditetapkan LPDP;
Tidak mengajukan perpindahan dari Perguruan Tinggi dalam negeri ke Perguruan Tinggi luar Negeri jika mendaftar program beasiswa magister atau doktoral di dalam negeri;
Menyampaikan data dan dokumen yang benar, sesuai aslinya, apabila ternyata tidak sah, bersedia menerima sanksi hukum yang berlaku dan dimasukkan ke dalam daftar hitam (blacklist) sebagai pendaftar LPDP. 

Penjelasan

Saya rasa poin di atas sudah jelas.

Baca juga: On the Spot Essay Writing Salah satu tes beasiswa LPDP

Syarat: Ketentuan Usia

Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu paling tinggi berusia 35 (tiga puluh lima) tahun.

Penjelasan

Sebenarnya syarat di atas sudah jelas, tapi ada hal yang perlu saya sampaikan. Saat kamu mengisi formulir pendaftaran online di akun beasiswa LPDP terutama pada poin tanggal lahir, kamu harus pastikan pengisiannya benar. Karena jika kamu salah mengisi tahun lahir dan tahun lahir yang kamu isi tersebut melebihi ketentuan batas paling tinggi usia pada beasiswa LPDP, sistem akan menolak kamu secara otomatis dan kemungkinan besar kamu tidak akan lulus administrasi beasiswa LPDP. Sebagai contoh, tahun lahir kamu sebenarnya adalah 1993 yang artinya usia kamu pada tahun 2018 adalah 25 tahun. Mungkin karena kurang fokus, kamu mengisi tahun lahir dengan angka 1973 yang artinya usia kamu pada tahun 2018 adalah 45 tahun. Padahal batas paling tinggi adalah 35 tahun. Walaupun hal tersebut mungkin hanyalah kesalahan pengisian, tapi sistem akan menolak kamu dan kemungkinan besar kamu tidak lulus.

Baca juga: Tips menulis statement of purpose Beasiswa LPDP

Syarat: Ijazah dan SKL

Telah menyelesaikan studi pada program sarjana atau sarjana terapan dibuktikan dengan ijazah atau surat keterangan lulus.  

Penjelasan 

Kamu dapat mendaftar beasiswa LPDP saat kamu sudah memiliki SKL atau ijazah. Jika kamu menggunakan SKL, kamu harus memastikan bahwa ijazah kamu sudah keluar pada saat seleksi substansi. Jadi, saat kamu lulus dan verifikasi dokumen, kamu sudah harus membawa ijazah asli kamu. Tidak boleh berupa SKL lagi.

Syarat: Status akademik

Tidak sedang atau telah menempuh studi degree/non degree (on going) program magister baik di Perguruan Tinggi dalam negeri atau Perguruan Tinggi di luar negeri.

Penjelasan

Sekali lagi, kamu dapat mendaftar beasiswa LPDP saat kamu sudah memiliki SKL atau ijazah. Artinya jika kamu masih menjadi mahasiswa aktif S1, kamu tidak dapat mendaftar beasiswa LPDP. Kamu harus menunggu mendapatkan SKL atau ijazah dulu. Kamu juga tidak dapat mendaftar jika kamu termasuk mahasiswa aktif S2, kecuali kamu mau mendaftar beasiswa LPDP dan jika diterima beasiswa LPDP, kamu berhenti kuliah dan memulai kuliah yang baru.

Pertanyaan yang sering muncul adalah keterima kampus dulu atau dapat beasiswa LPDP dulu. Sebenarnya, diterima di sebuah kampus dulu bisa dan dapat beasiswa LPDP dulu boleh. Namun, kamu harus memperhatikan bahwa saat kamu dinyatakan secara resmi lulus beasiswa LPDP, kamu tidak langsung dapat memulai kuliah karena ada masa tunggu minimal 6 bulan. Dan terkadang jika kamu lulus beasiswa LPDP 2018, kamu harus intake atau mulai kuliah 2019.

Dengan demikian, jika kamu diterima disebuah kampus tahun 2018 dan harus memulai perkuliahan tahun 2018 pada ketentuan kampus padahal dalam ketentuan LPDP saat kamu mendapatkan beasiswa 2018 kamu harus mulai kuliah 2019, kamu harus meminta surat penundaan kuliah kepada pihak kampus dan hal tersebut harus dilaporkan kepada beasiswa LPDP.

Baca juga: tips menulis essay rencana studi beasiswa lpdp

Syarat IPK

Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,0 pada skala 4 yang dibuktikan dengan melampirkan transkrip nilai.

Penjelasan

Saya rasa sudah jelas

Syarat: Sertifikat bahasa

Pendaftar Magister Dalam Negeri harus memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) dengan skor sekurang-kurangnya TOEFL ITP® 500; TOEFL iBT® 61; IELTS™ 6,0; TOEIC® 650;atau TOAFL 500 bagi program studi dan/atau Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.

Pendaftar Magister Luar Negeri harus memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) dengan skor sekurang-kurangnya TOEFL iBT® 80; IELTS™ 6,5; TOEIC® 800; atau TOAFL 550 bagi program studi dan/atau Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.

Penjelasan

Ada beberapa poin yang harus dijelaskan:

Pertama, tentang sertifikat bahasa. Sudah jelas sebenarnya bahwa sertifikat bahasa khususnya TOEFL harus sertifikat TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS. Biasanya, kampus-kampus di Indonesia mengeluarkan tes yang mirip dengan tes TOEFL yang namanya bervariasi antara satu kampus dengan yang lain. Tapi, kampus-kampus di Indonesia juga ada yang menjadi tempat dilaksanakannya official TOEFL Test yang dikeluarkan oleh ETS. Biasanya pelaksanaannya dua kali dalam satu bulan. Jadi saat kamu mau mencari dan mendaftar test TOEFL, kamu harus memastikan bahwa test TOEFL tersebut adalah officail TOEFL Test yang dikeluarkan oleh ETS. Jika tidak, kamu tidak akan dapat menggunakan sertifikat yang kamu miliki untuk mendaftar beasiswa LPDP.

Baca juga:
Daftar tempat Test TOEFL IBT centre 
Daftar tempat Test TOEFL ITP Centre

Kedua, Jika kamu mau mendaftar Beasiswa LPDP Dalam Negeri, kamu masih bisa menggunakan TOEFL ITP, tapi jika kamu mau mendaftar Beasiswa LPDP Luar Negeri, kamu tidak bisa menggunakan TOEFL ITP. Sebagai gantinya, jika kamu tetap mau menggunakan sertifikat TOEFL, kamu harus menggunakan sertifikat TOEFL IBT, atau kamu juga dapat menggunakan opsi IELTS, TOEIC, atau TOAFL.

Disclaimer: tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis

Baca juga:
Jasa terjemah tersumpah

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

16 thoughts on “Penjelasan Syarat-syarat Beasiswa LPDP S2 atau Magister bagian kedua

  1. enik erna says:

    Kak, bila sertifikat toefl itp saya ada kesalahan nama (kurang 1 huruf), sebaiknya saya perbaiki sertifikat toefl itp saya yg memakan waktu 2minggu atau saya meminta surat pernyataan bahwa saya mengikuti tes toefl pd lembaga tsb namun terdapat kesalahan cetak pd sertifikat toefl saya?

    1. imam says:

      sebaiknya minta pernyataan resmi. Sambil lalu minta revisi. nanti saat substansi dibawa yang salah, surat pernyataan, dan yang sudah direvisi / diperbaikin / yang sudah benar.

      1. enik erna says:

        Surat pernyataan resmi dari lembaga saya tes kemarin kan kak? Saya kemarin tes di Elti bgtu..
        Berarti saat seleksi substansi saya juga membawa sertifikat yg nama nya sudah benar ya?

        1. imam says:

          iya dari elti. kalau bisa dari ets ya. tapi kalau gak bisa ya elti
          kemudian, ya bawa semua. buat bukti ya. tiga2nya bawa. yang salah, surat keterangannya, dan yang benar

  2. mutia says:

    maaf kak mau tanya, yg dimaksud “seleksi berbasis komputer” itu apa ya kak? tahap ke dua setelah seleksi berkas

    1. imam says:

      kalau merujuk pada 2017, kemungkinan seleksi berbasis komputer adalah seleksi online.
      baca ini kak http://www.scholarsofficial.com/beasiswa-lpdp/apa-yang-baru-di-lpdp-2018/

  3. Dewi Indri Astuti says:

    Kak mau tanya sebelumnya pernah daftar beasiswa lain, sudah dinyatakan tidak lolos, ingin coba beasiswa LPDP namun saat mendaftar keterangan nya akun sudah digunakan, itu bagaimana ya ka?

    1. imam says:

      maksudnya, pas kaka daftar pake email kaka, tidak bisa?
      apa dulu pernah buat akun LPDP?

  4. Ane says:

    Kak mau tanya apakah boleh mendaftar lpdp dalam negri dan luar negri di tahun yg sama? Kan skrg nih misal saya daftar lpdp dalam negri trs tdk lolos nah pas bulan september bolehkah saya daftar lpdp luar negeri?

    1. imam says:

      boleh kak.

  5. Priska Marina says:

    Kak, saya kan daftar beasiswa lpdp afirmasi yang daerah tertinggal, pada dokumen2 yang perlu di upload itu ada transkrip nilai sd, smp, dan sma. Transkrip nilai itu yang ada di skhu atau nilai2 yang ada di lembar belakang ijazah?

    1. imam says:

      yang dibelakang ijazah

      1. Priska Marina says:

        Oke. Makasih kak 🙂

  6. Asriadi says:

    Ass, kk saya blm paham mengenai LoA untuk tujuan luar negeri apakah wajib diterima dahulu di universitas tujuan LN, baru bisa daftar lpdp atau ada opsi lain?
    Kalau ada tolong dijelaskan kk, terus untuk pembuktian bahwa kita benar” telah diterima di universitas tujuan LN itu dgn apa (haruskah document) atau dgn apa.?
    Terimakasih!.

  7. Devi Astriani says:

    Assalamualaikum kak,, klu toefl ITP 440 untuk afirmasi apa bisa mendaftar tahun ini?

    1. imam says:

      untuk DN atau LN ka?

Leave a Reply

Your email address will not be published.