Program Studi dan Universitas Untuk melamar beasiswa

Program Studi dan Universitas Untuk melamar beasiswa

 

Universitas Awal

Saya sering mendapatkan pertanyaan seperti apakah hanya mahasiswa dari kampus bagus dan besar yang mendapatkan beasiswa, atau apakah latar belakang pendidikan saya yang dari kampus kecil memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa dengan mereka dari kampus-kampus yang keren. Saya paham dengan kekhawatiran psikologis ini. Melihat beasiswa adalah sesuatu hal yang bergengsi bagi mahasiswa dan sangat banyak mahasiswa yang berminat atau hanya berniat. Faktor tersebut yang kadang menimbulkan kekhawatiran-kekhawatiran.

Baca juga: Daftar beasiswa internasional paling dicari mahasiswa Indonesia

Pertama, kamu harus benar-benar memperhatikan beasiswa apa yang kamu mau. Kemudian, baca baik-baik dan pelan-pelan buku panduan. Sejauh saya membaca persyaratan, pemberi beasiswa belum ada yang memberikan dikotomi syarat khusus minimal akreditasi kampus. Yang terpenting kampus kamu resmi. Jadi dapat disimpulkan secara sederhana, akreditasi kampus awal tidak memberikan poin plus. Kamu memiliki kesempatan yang sama dari kampus mana pun kamu. Jika kamu menemukan beasiswa yang memberikan syarat minimal akreditasi kampus, tulis di kolom komentar.

Baca juga: Jasa terjemah regular

Kamu juga tidak usah minder jika kampus kamu tidak terkenal atau mungkin kamu berasal dari kampus di pelosok negeri. Bukan berarti saat kamu berasal dari kampus besar di Indonesia, kesempatan kamu menjadi lebih besar, tidak sama sekali. Atau jika kamu berasal dari kampus pelosok yang bahkan tidak ada di google map atau tidak banyak orang tau, bukan berarti kesempatan kamu untuk mendapatkan menjadi kecil. Bukan itu ukuarnnya. Semuanya memiliki kesempatan yang sama.

Baca juga: Apa yang baru di beasiswa LPDP

Universitas Tujuan

Untuk Universitas tujuan, tentu saja kamu tidak dapat memilih sembarang universitas. Masing-masing beasiswa bekerja sama dengan universitas-universitas yang bisa saja berbeda atau bahkan sama antara satu beasiswa dengan yang lain. Jadi sebaiknya saat sudah menentukan beasiswa yang mau kamu apply, kamu sebaiknya mencari list universitas yang bekerja sama dengan beasiswa di website beasiswa tersebut. Jika kampus yang kamu tuju tidak termasuk dalam list, kamu pasti ditolak. Jadi sebaiknya sesuaikan kampus yang kamu pilih denga list kampus yang bekerja sama dengan pemberi beasiswa.

Baca juga: TOEFL ITP

Pemberi beasiswa biasanya bekerja sama dengan universitas-universitas terbaik karena memang mereka ingin agar pelajar yang diberikan beasiswa berkesempatan untuk belajar di universitas terbaik. Pada universitas tujuan inilah kamu harus benar-benar membuat persiapan yang matang karena universitas yang bekerja sama biasanya adalah universitas yang memiliki peringkat bagus di Dalam Negeri ataupun Luar Negeri.

Program studi tujuan

Salah satu pertanyaan yang selalu muncul adalah apakah boleh tidak linier. Atau boleh atau tidak mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan S1. Tentu saja, pilihan apa program S1 dan S2 mau linea atau tidak ada ditangan kamu. Artinya ya boleh-boleh saja, dengan catatan kamu memiliki alasan yang kuat, ilmiah dan akademis. Jangan sampai kamu beralasan bahwa kamu salah jurusan atau kamu baru sadar bahwa program studi tersebut bukan passion kamu. Jika beralasan demikian, kamu akan terlihat seperti orang yang tidak well-prepared dan tidak memiliki visi.

Sebaiknya, walaupun pada kenyataannya kamu salah jurusan, kamu harus tetap menemukan sisi positif pada program studi tersebut. Kamu harus menemukan apa yang menurut kamu berharga dari jurusan itu. Lebih lagi, jika kamu menemukan bahwa program studi tersebut bermanfaat bagi orang lain atau masyarakat.

Kemudian, jika kamu memang sudah keukeuh mau memilih program studi yang berbeda dengan yang kamu ambil di S1, kamu sebaiknya menunjukkan bahwa kamu memiliki wawasan dan ilmu tentang program studi tersebut. Dengan kata lain, jangan pernah mau mengambil jurusan yang tidak sama dengan S1 sedangkan kamu tidak memiliki ilmu sama sekali tentang jurusan tersebut.

Baca juga: Beasiswa Stuned

Ilmu yang dimaksud disini tidak berarti kamu harus langsung mengulang S1 dari awal. Kamu bisa mendapatkan ilmu dari berbagai sumber baik sumber informal seperti kursus atau nonformal seperti pelatihan, seminar, atau workshop. Yang terpenting kamu dapat menunjukkan dan meyakinkan kalau kamu benar-benar bisa.

Selain itu, sabagai contoh kamu jurusan pendidikan. Karena pada dasarnya kamu menyukai bisnis, akhirny kamu membuka bisnis sederhana dan cukup berkembang. Bisnis tersebut menyerap tenaga kerja dan kamu berfikir jika kamu bisa lebih mengembangkannya kamu akan menyerap lebih banyak tenaga kerja. Hal tersebut dapat menjadi salah satu alasan kamu dalam memilih jurusan yang tidak linier.

Baca juga:
Daftar tempat Test TOEFL terlengkap
Jasa terjemah tersumpah

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

1 thought on “Program Studi dan Universitas Untuk melamar beasiswa

  1. Ayu Ratna Sari says:

    Beasiswa Baznas

Leave a Reply

Your email address will not be published.