Tips dan Tricks Mempersiapkan Wawancara Beasiswa Chevening

Tips dan Tricks Mempersiapkan Wawancara Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening merupakan beasiswa yang disponsori oleh pemerintah Inggris untuk kamu yang berminat melanjutkan studi ke jenjang lebih lanjut setelah program S1. Beasiswa yang bersifat fully funded (dibiayai penuh) ini sebenarnya telah membuka proses pendaftarannya sejak 5 Agustus lalu dan akan berakhir tanggal 5 November. Nah, bagi kamu yang telah mendaftar akan lebih baik jika kamu mulai mempersiapkan diri untuk tahap seleksi selanjutnya, yaitu tahap wawancara. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tips dan tricks mempersiapkan diri dalam menghadapi wawancara beasiswa Chevening. Untuk info beasiswa lain, silahkan klick disini!

Baca Juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Mengetahui Pertanyaan

Kamu bisa browsing diinternet seputar hal-hal yang akan ditanyakan selama wawancara beasiswa Chevening. Walaupun begitu, Akan lebih baik jika kamu mencari tahu sendiri gambaran pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui sharing dengan alumni penerima beasiswa Chevening. Luangkan waktu untuk bertemu mereka dan mengumpulkan cerita pegalaman mereka sebanyak-banyaknya. Dengan mengetahui gambaran dari pertanyaan wawancara, kamu akan sangat terbantu dalam mempersiapkan jawaban dengan lebih baik. Berikut gambaran pertanyaan wawancara beasiswa Chevening:

Baca Juga: Daftar Beasiswa S1 dari berbagai Bank di Indonesia

  1. Menceritakan tentang dirimu
  2. Menceritakan prestasi yang telah kamu capai
  3. Menceritakan kenapa memilih beasiswa Chevening
  4. Menceritakan rencanamu kedepannya atau setelah lulus dari beasiswa Chevening
  5. Menceritakan harapanmu untuk beasiswa Chevening
  6. Menceritakan alasanmu mendaftar di universitas dan jurusan yang kamu pilih

Baca Juga: Download ebook TOEFL PDF Gratis

Mengantongi Jawaban

Setelah kamu mengetahui gambaran pertanyaan wawancara, tentu kamu akan mulai mencoba menyusun jawaban. Menjawab pertanyaan wawancara akan lebih baik jika kamu menyiapkan jawaban yang sistematis. Rumus yang dianjurkan adalah: main idea – supporting ideas – example – elaborate your example. Dengan menggunakan rumus tersebut, maka jawabanmu akan terdengar lebih rapi dan mudah untuk dipahami.

Baca Juga: Beasiswa Kampung Inggris Belajar dari Basic Hingga TOEFL atau IELTS

Banyak Berlatih

Practice makes perfect. Kalimat ini dapat kamu terapkan dalam membuat kamu lebih siap menghadapi proses wawancara nanti. Setelah mengetahui gambaran pertanyaan wawancara lalu menyusun jawaban, maka kamu bisa mulai melatih diri menghadapi proses wawancara. Kamu bisa berlatih dengan teman ataupun mentor dengan bepura-pura mengadakan wawancara layaknya wawancara yang sebenarnya. Lebih sering berlatih maka akan lebih baik. Latihan ini dilakukan dengan tujuan mengurangi rasa gugup sehingga kamu akan lebih lancar dalam menjawab pertanyaan selama wawancara.

Baca Juga: Beasiswa Summer Course oleh DAAD di Jerman

Mempersiapkan Dokumen

Untuk mempersiapkan tahap wawancara, akan lebih baik jika kamu juga mempersiapkan beberapa dokumen penting walaupun tidak diminta. Beberapa dokumen mungkin akan ditanyakan pada akhir wawancara, seperti LoA dan sertifikat IELTS. Dengan membawa dokumen-dokumen tersebut, setidaknya kamu menunjukkan bahwa kamu siap dan serius untuk menjadi salah satu penerima beasiswa ini. Walaupun dengan membawa dokumen itu tidak dapat memastikan apakah kamu akan menjadi salah satu kandidat penerima beasiswa Chevening atau tidak.

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.