Tips Lolos Beasiswa Luar Negeri

Tips Lolos Beasiswa Luar Negeri

 

Kuliah di luar negeri adalah impian semua orang, dan terkadang impian itu terhambat karena faktor ekonomi dimana keadaan yang tak mendukung mereka untuk kuliah ke luar negeri dengan biaya kuliah dan biaya hidup yang sangat besar. Namun, di masa kini, tak ada lagi cerita anak tukang becak atau pun anak petani yang tak bisa kuliah di luar negeri. Semua orang bisa kuliah di sana, tak terkecuali siapapun. Sehingga, tak ada lagi alasan untuk tidak kuliah di luar negeri. Banyak juga kesempatan di depan mata. Jangan sia-siakan setiap kesempatan yang datang, kamu bisa kuliah di luar negeri. Buktikan itu pada semua orang bahwa kamu bisa. Namun, untuk mendapatkan beasiswa tersebut tidaklah mudah dan tidak juga sulit. Loh kog?? Jadi, untuk mendapatkan beasiswa luar negeri kamu harus tahu tips untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Yuk guys, intip beberapa tips dari kami:

Baca juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Unggulan

Motivasi yang Kuat Harus Dimiliki

Tips yang pertama dan utama adalah memiliki motivasi yang kuat. Karena motivasi ibarat pondasi bangunan, jika pondasinya roboh maka sebagus apapun bangunan tersebut pasti akan roboh pula. Begitu juga dengan motivasi yang kamu miliki, kamu harus membuatnya kokoh. Meyakinkan diri kamu bahwa kamu  bisa menjadi apapun yang kamu inginkan, salah satunya kuliah keluar negeri dengan beasiswa. Keyakinan yang kuat membentuk motivasi yang kuat pula.

Motivasi adalah modal utama untuk bisa kuliah ke luar negeri karena percuma kamu mampu kuliah ke inggris, belanda, jepang dan lainnya jika motivasi yang kamu miliki sangat lemah. Maka dari itu, latihlah motivasi kamu dari sekarang, jadi sekuat baja, dihantam dari mana saja tetap saja berdiri kokoh. Ingat yaa guys, motivasi yang kuat adalah hal utama yang harus kamu miliki pertama kali. Yakinlah setiap apa yang kamu impikan akan terwujud jika motivasimu untuk mewujudkannya tidak pernah kendor. Kata bijak dari seorang teman “Jangan pernah kasih kendor semangatmu hari ini dan besok!”

Baca juga: Tips Menulis Essay Beasiswa Chevening bagian pertama

Mahir Bahasa Asing

Nah, tips kedua adalah mahir bahasa asing. Kenapa harus mahir bahasa asing yang umumnya bahasa inggris? Ini nih, salah satu syarat lulus beasiswa luar negeri. Kamu diharuskan untuk mahir bahasa asing, karena untuk ikut seleksi beasiswa luar negeri syaratnya adalah nilai IELTS yang memenuhi standart kelulusan yaitu diatas 6,00-6,5 dan untuk TOEFL diatas 550. Persiapkan diri kamu mulai sekarang dalam mengembangkan bahasa asing dan juga mendapatkan sertifikat IELTS atau TOELF sebagai syarat kelulusan dari beasiswa tersebut.

Baca juga: Jasa Penerjemah Artikel

Jadilah Relawan

Jika kamu ingin lulus beasiswa luar negeri, maka jadilah relawan yang berhati tulus dan benar-benar berkontribusi untuk negara dan masyarakat. Menjadi relawan juga memberikan nilai plus untuk kelulusanmu, karena para pemberi beasiswa dari luar lebih tertarik dengan pejuang beasiswa yang berkontibusi untuk masyarakat dan aktif dalam kegiatan sosial. Saat ini banyak komunitas yang kegiatannya lebih pada sosialisasi dan kontribusi, jadi bergabunglah dengan komunitas dan organisasi yang kegiatannya lebih pada hal tersebut. Jika memang tidak bisa, kamu bisa menciptakan kontribusi sendiri. Banyak hal yang bisa kamu ciptakan, belajarlah dari mereka yang pernah berkelut di dunia komunitas.

Itulah, beberapa tips dari kami. Tetap semangat untuk lulus beasiswa luar negeri. Persiapkan apa saja yang kamu butuhkan dan catatlah setiap tips yang harus kamu siapkan dari sekarang. Jangan sampai ketinggalan.

Penulis: Uswatun Hasanah
Email : hasanah834@gmial.com
Instagram : Uswaan
Facebook : Ann

Baca juga:
Contoh Surat Rekomendasi Untuk Beasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published.