Tips Menghadapi Wawancara Beasiswa Chevening

Tips Menghadapi Wawancara Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Inggris dengan tujuan memberikan kesempatan bagi kamu yang berjiwa pemimpin untuk dapat melanjutkan studi di Inggris. Pada periode tahun ini, beasiswa Chevening telah menyelesaikan proses pendaftarannya yang berlangsung dari tanggal 5 Agustus hingga 5 November 2019. Bagi kamu yang telah mendaftar dan sedang menunggu pengumuman panggilan wawancara, ada baiknya jika kamu mulai mencari info – info tentang proses wawancara, seperti persiapan menghadapi wawancara dan bagaimana menghadapi wawancara beasiswa Chevening. Kamu bisa menggali info – info tersebut dengan browsing di internet maupun menanyakan langsung kepada alumni penerima beasiswa Chevening. Di artikel kali ini, akan dibahas seputar hal-hal yang harus kamu perhatikan agar menghadapi wawancara beasiswa Chevening dengan lebih baik. Untuk info beasiswa lain, silahkan klick disini!

Baca Juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Simulasi Wawancara

Proses wawancara adalah proses dimana kamu akan dinilai secara langsung melalui bagaimana kamu bersikap dan menjawab pertanyaan. Tahap ini memerlukan ketenangan agar kamu bisa menjawab dan bersikap dengan baik. Simulasi wawancara adalah hal yang bisa kamu lakukan agar lebih tenang dan terbiasa dengan susana wawancara. Kamu bisa melakukan simulasi wawancara dengan teman ataupun dengan mentormu. Simulasi wawancara ini lebih baik jika dilakukan beberapakali dan sebisa mungkin menyerupai suasana yang sebenarnya. Kamu bisa meminta bantuan 3 orang untuk menjadi pewawancara dan menanyakan hal yang kira-kira akan ditanyakan nantinya.

Baca Juga: Test TOEFL online gratis

Mempelajari lagi Essaymu

Dalam proses wawancara, beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan merupakan hal yang kamu tulis di dalam Essay. Lalu proses wawancara adalah tempat dimana kamu mengutarakan maksud yang kamu tulis secara lisan dan dengan lebih jelas. Essay yang telah kamu tulis bisa menjadi dasar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Maka dari itu, membaca dan mempelajari lagi Essay yang kamu tulis merupakan hal yang harus dilakukan.

Baca Juga: Beasiswa Sumitomo Corporation Untuk Mahasiswa S1

Memperhatikan Penampilan

Penampilan juga merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi wawancara. Walaupun yang dinilai adalah pengetahuan dan kompetensi, namun akan lebih baik jika kamu memberikan kesan pertama yang baik dengan berpakaian rapi dan sesuai. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan dress code dan pakaian yang akan kamu kenakan. Untuk menghadiri wawancara beasiswa Chevening kamu bisa mempersiapkan pakaian formal seperti jas atau kemeja. 

Baca Juga: Program Liburan Kampug Inggris dari FLIP

Memahami Pertanyaan

Selama proses wawancara, kamu sebaiknya berusaha mendengar pertanyaan yang diajukan dengan seksama hingga selesai. Bila perlu, ambil sedikit waktu sebelum menjawab. Jika kamu kurang memahami pertanyaan yang diajukan, jangan sungkan meminta pewawancara untuk mengulang pertanyaannya. Mereka pasti akan bersedia mengulang dan menjelaskan pertanyaan tersebut agar kamu lebih paham.

Baca Juga: Beasiswa Sweden Government untuk Kuliah S2 di Swedia

Kontribusi dalam Pekerjaan dan Organisasi

Beasiswa Chevening adalah beasiswa yang ditujukan pada calon pemimpin masa depan agar bisa mendapat kesempatan studi di universitas di Inggris, serta memperluas jaringan. Tidak heran jika dalam proses wawancara, kegiatanmu dalam pekerjaan dan organisasi akan menjadi salah satu poin penting dalam proses seleksi beasiswa Chevening. Pertanyaan ini akan berfokus pada kontribusi yang telah kamu berikan di bidang atau pekerjaanmu maupun organisasi yang kamu ikuti. Selain itu, pewawancara juga akan menanyakan seputar kontribusi yang akan kamu berikan setelah lulus, baik untuk negaramu, bidang yang kamu geluti, maupun pada organisasi alumni Chevening.

Baca Juga: Download Soal Structure TOEFL dan Kunci Jawaban

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.