Tips Menulis Esai Beasiswa Australia Awards Scholarships (AAS) part 2

Tips Menulis Esai Beasiswa Australia Awards Scholarships (AAS) part 2

Tips menulis esai ini adalah bagian dua atau lanjutan dari tips sebelumnya. Sebelumnya, saya sudah berbagi tentang cara menjawab tiga kisi-kisi di artikel pertama. Artikel kedua ini akan langsung membahas dari kisi-kisi ke empat sampai keenam. Namun, jika kamu belum membaca tips pertama, kamu dapat membaca tips tersebut disini.

How will the proposed study contribute to your career?

Kisi-kisi di atas memiliki arti kurang lebih sebagai begini “bagaimana studi tujuan mu berkontribusi pada karir mu”. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyebutkan apa karir yang akan kamu tekuni setelah studi dan berikan alasan mengapa kamu memilih karir tersebut. Setelah itu, kamu jelaskan bagaimana studi kamu mendukung karir tersebut. Studi yang dimaksud bukan hanya dalam bidang akademik, tapi juga kegiatan non-akademik atau riset yang mungkin kamu lakukan. Dalam hal ini, kamu sebaiknya tidak hanya memahami mata kuliah yang akan kamu pelajari, tapi juga mengetahui kegiatan non-akademik apa yang akan kamu lakukan selama studi.

Ingat bahwa kegiatan akademik saja tidak cukup, pemberi beasiswa cenderung lebih tertarik kepada pejuang beasiswa yang juga paham kegiatan non-akademik apa yang akan mendukung karirnya di masa depan. Kalau kamu bingung darimana kamu mendapatkan semua informasi tersebut, kamu bisa mengunjungi website resmi universitas tujuan atau googling di sumber-sumber lain. Selain itu, kamu juga sebaiknya aktif mengikuti seminar atau edufair yang berhubungan dengan australia. Tidak lupa juga, sebaiknya kamu mempunyai kenalan yang sedang atau sudah belajar di australia.

How have you contributed to solving a challenge and to implementing change or reform?

Kisi-kisi di atas memiliki arti begini “bagaimana kamu berkontribusi dalam menyelesaikan tantangan atau mengimplementasikan perubahan”. Tantangan yang dimaksud disini merujuk pada masalah atau potensi yang ada di masyarakat. Untuk menjawab kisi-kisi tersebut, kamu sebaiknya berfikir tentang pekerjaan (magang, part time, full-time), kegiatan sosial (volunteer, komunitas, organisasi), atau kegiatan akademik (riset, lomba, seminar, konferensi) yang sesuai dengan jurusan kamu.

Baca juga: Kelebihan beasiswa Australia Awards Scholarships

Jika kamu mempunyai lebih dari satu, pilihlah yang menurut kamu paling berdampak, paling dibutuhkan oleh masyarakat, atau paling berkelanjutan sampai saat ini. Setelah kamu memilih salah satu, kamu coba pikirkan masalah apa yang melatar belakangi kegiatan tersebut. Atau, potensi apa yang ingin dikembangkan dari kegiatan tersebut. Jika kamu sudah menemukan alasan dibalik kamu melakukan kegiatan tersebut, kamu bisa mulai menjelaskan dimulai dari alasan tersebut.

a) give three practical and realistic examples of how you intend to use the knowledge, skills and connections you will gain from your scholarship.  Possible tasks can be personal and/or professional; and

arti dari kisi-kisi di atas begini “berikan tiga contoh praktis dan realistis tentang cara kamu menggunakan ilmu, skill dan koneksi yang akan kamu dapat dari beasiswa. boleh dalam bentuk kegiatan personal dan profesional. Profesional berarti dalam dunia kerja. Untuk menjawab kisi-kisi ini, kamu sebaiknya memikirkan tiga hal sederhana yang bisa kamu lakukan setelah kamu kuliah dengan ilmu, skill dan koneksi yang kamu miliki. Ingat bahwa, tiga hal tersebut harus berhubungan dengan jurusan yang kamu ambil.

Poin penting dalam kisi-kisi ini lebih kepada cara kamu merealisasikan tiga impian tersebut. Ingat bahwa yang terpenting adalah realistik, bukan besar, bukan wow, dan bukan wah. Detailkan langkahnya bagaiamana. Semakin detail langkah yang kamu berikan, semakin mungkin hal tersebut dilakukan dan semakin membuat pemberi beasiswa yakin untuk memilih kamu.

list any possible constraints you think may prevent you from achieving these tasks.

arti dari kisi-kisi di atas begini “buatlah list tentang apa yang mungkin menjadi kendala dam menghalami kamu dalam melakukan (tiga) hal tadi”. Pada kisi-kisi kali ini, kamu diminta untuk mengidentifikasi apa kira-kira kendala yang akan kamu hadapi saat kamu mencoba merealisasikan ketiga hal yang kamu sebutkan sebelumnya.

Baca juga: Beasiswa KPMG: Beasiswa S1 untuk mahasiswa seluruh Indonesia

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.