Tips Menulis Essay Beasiswa Chevening bagian pertama

Tips Menulis Essay Beasiswa Chevening bagian pertama

 

Dalam menulis sebuah essay untuk aplikasi beasiswa, kamu harus memperhatikan visi misi beasiswa tujuan dan apa saja kisi-kisi yang harus ada dalam essay. Dengan memahami visi misi, kamu akan tahu orang seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh beasiswa tersebut. Dengan kata lain, kamu akan memahami kriteria pejuang beasiswa yang dibutuhkan dan menyesuaikan apa yang kamu tulis dengan kriteria tersebut. Selain itu, beberapa beasiswa juga memberikan kisi-kisi tentang apa saja yang harus ada dalam sebuah essay. Selain membantu kamu menulis, kisi-kisi membantu reviewer essay untuk menemukan orang dengan kriteria yang diinginkan. Oleh karena itu, dengan mamahami kisi-kisi yang diberikan, kesempatan kamu untuk diterima semakin besar.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Menulis essay juga merupakan salah satu syarat dalam beasiswa chevening. Setidaknya ada 4 essay yang harus ditulis dengan minimal 100 dan maksimal 500 kata dengan tema yaitu leadership and influence, networking, study in the Uk, and Career plan. Masing-masing essay memiliki poin yang sama dalam penilaian dan tidak ada salah satu yang lebih diutamakan.

Essay leadership and influence

Perintah dalam Bahasa Inggris
Chevening is looking for individuals who will be future leaders or influencers in their home countries. Explain how you meet this requirement, using clear examples of your own leadership and influencing skills to support your answer. (minimum word count: 100 words, maximum word count: 500 words)

Perintah dalam bahasa indonesia
Chevening mencari individu yang akan menjadi pemimpin masa depan di negara asal masing-masing. Jelaskan bagaimana kamu sesuai dengan persyaratan ini, gunakan contoh yang jelas contoh kepemipinan mu untuk mendukung jawaban mu. (minimal 100 kata dan maksimal 500 kata)

Baca juga: Tips Menulis Motivation Letter untuk Beasiswa

Memahami Perintah Essay

Kamu sebaiknya memahami perintah pada essay dari kalimat-kalimat yang ada pada perintah atau kisi-kisi di atas.

Petama, Chevening is looking for individuals who will be future leaders or influencers in their home countries. Pada kalimat tersebut, Chevening jelas mencari pejuang beasiswa yang akan menjadi future leaders atau influencer. Kemudian, terdapat kata-kata in their home countries yang berarti berarti kita diminta untuk kembali ke negaranya masing-masing. Selain itu, apapun yang diceritakan dalam essay harus berhubungan dengan negara asal.

Kedua, Explain how you meet this requirement, using clear examples of your own leadership and influencing skills to support your answer. Pada poin kedua ini, beasiswa chevening menggunakan kata explain. Artinya, kamu harus menjelaskan bukan hanya sekedar menyebutkan.

Baca juga: Dokumen Beasiswa yang Perlu kamu persiapkan

Memahami aturan penulisan

Aturan Penulisan yang ditulis secara jelas adalah minimum word count: 100 words, maximum word count: 500 words. Kamu sebaiknya tidak menulis kurang 100 atau lebih dari 500 karena hal itu akan mempengaruhi poin penilaian. Selain itu, kamu  juga sebaiknya memikirkan tentang aturan yang tidak tertulis dalam pembuatan essay seperti menggunakan bahasa inggris yang formal, ejaan yang benar, tanda baca, dan lain-lain. Selanjutnya, kamu juga sebaiknya memahami strutur penulisan essay secara umum dimana terdapat pembukaan, isi, dan penuutup.

Memahami Kata kunci

Untuk menjawab kisi-kisi di atas, kamu harus menentukan apa kata kunci yang sebenarnya diinginkan oleh beasiswa chevening. Ada beberapa kata kunci yang perlu untuk digarisbawahi antara lain future leaders or influencers, home countries, Explain, and examples. Selanjutnya, saat kamu ingin membuat essay untuk beasiswa chevening, kamu harus benar-benar memahami dan memperhatikan 4 kata kunci tersebut.

Baca juga: Kegiatan yang Mendukung untuk Mendapatkan Beasiswa

Kata kunci future leaders or influencers

Memang menjadi ketua, pemimpin, manager dalam suatu kegiatan atau instansi merupakan bagian dari kepemimpinan, tapi kepemimpinan yang dimaksud bukan selalu dalam konteks manjadi ketua tapi lebih kepada bagaimana bekerjasama dalam team untuk mencapai tujuan bersama, bagaimana bertanggung jawab dengan tugas kamu, bagaimana berkomunikasi untuk menyapaikan pendapat, saran, dan masukan kepada orang lain, client, dan team. Esensi kepemimpinan juga tentang apaka kamu sebagai individu dalam sebuah team mau memimpin dan mau dipimpin.

Kata kunci home countries

Kata kuncin home countries merujuk pada negara asal pejuang beasiswa. Dalam konteks ini home countries adalah Indonesia. Dengan begitu, pilihlah kegiatn-kegiatan yang berada di Indonesia, yang berlokasi di Indonesia. Namun jika kamu memiliki kegiatan ke luar negeri dengan membawa nama Indonesia, contoh menjadi student exchange untuk mempromosikan budaya Indonesia, hal tersebut bisa kamu masukkan. Landasan berfikir yang harus dijaga untuk menjawab kata kunci home countries adalah apakah kegiatan yang saya lakukan berdampak pada Indonesia atau hanya untuk diri saya pribadi.

Kata kunci Explain and examples

Explain and examples adalah cara yang kamu harus gunakan dalam menulis essay. Kamu harus memastikan bahwa apa yang kamu sampaikan runtut dan tidak berputar-putar. Untuk itu saat kamu mau memulai menulis, kamu sebaiknya memperthatikan 5W+1H. Dan dari jawaban tersebut dapat kamu kembangkan menjadi essay kamu.

Baca juga: Cara mendapatkan LoA

Tips Menulis essay beasiswa Chevening

Untuk menujukkan jiwa future leaders kamu, kamu bisa memikirkan kegiatan-kegiatan apa yang kamu ikuti. Misalkan kamu pernah mengikuti komunitas, organisasi, volunteer, atau kegiatan-kegiatan lain. Pilihlah satu atau dua kegiatan sebagai contoh (examples) dan sebaiknya kamu memilih kegiatan yang berhubungan dengan visi, misi, dan impian mu. Pilihlah juga kegiatan yang dilaksanakan, berdampak, atau berhubungan dengan home countries kamu, dalam ini tentu saja Indonesia.

Dari kegiatan tersebut, kamu bisa menjelaskan apa peran kamu, apa yang kamu lakukan, bagaimana kamu menyampaikan pendapat, bagaimana menyampaikan ide, bagaimana cara menyelesaikan masalah, apa kendala yang dihadapi dan bagaimana cara menyelesaikannya. Penjelasan tersebut akan membantu kamu menunjukkan jiwa future leaders kamu.

Selain kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan, kamu juga sebaiknya menjelaskan atau menceritakan pekerjaan mu baik tentang tugas-tugas, kegiatan, ataupun peran kamu dalam mencapai tujuan bersama. Kamu sebaiknya tidak melupakan bagian tersebut karena salah satu syarat beasiswa chevening adalah mempunyai pengalaman kerja 2 tahun baik formal maupun non formal.

Untuk menggali lebih dalam tentang penjelasan pekerjaan mu, kamu bisa menulis tentang pengalaman kamu selama bekerja baik tentang bekerja sebagai apa, hubungan pekerjaan mu dengan pendidikan kamu, bagaimana pekerjaan tersebut memberikan manfaat pada orang lain, apa saja yang dikerjakan, apa tantangan dan masalah yang dihadapi, jelaskan juga cara mengatasi tantangan dan masalah tersebut. Masalah yang dihadapi juga bisa menjadi salah satu alasan kamu melanjutkan studi menggunakan beasiswa chevening. Dengan begitu, kamu memberi tahu tentang pentingnya kamu melanjutkan studi dan mendapatkan beasiswa chevening ini.

Baca juga:
Tips Menulis Essay Beasiswa Chevening bagian kedua

Please follow and like us:

1 thought on “Tips Menulis Essay Beasiswa Chevening bagian pertama

  1. Jun says:

    Membantu sekali,,
    Terima kasih admin

    Tips Menulis Essay Beasiswa Chevening bagian kedua (tidak ada link nya)
    🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.