Tips menulis statemet of purpose beasiswa LPDP

Tips menulis statemet of purpose beasiswa LPDP 

 

Dalam menulis statement of purpose untuk beasiswa LPDP, kamu harus memperhatikan instruksi di buku panduan terbaru. Sebagus apapun statement of purpose kamu, jika poin yang diharapkan oleh Beasiswa LPDP tidak ada atau kurang lengkap, tentu saja statement of purpose kamu menjadi kurang bernilai.

Dalam buku panduan beasiswa LPDP, dijelaskan bahwa kamu harus menulis statement of purpose dengan ketentuan sebagai berikut:

Menulis Statement of Purpose paling banyak 1.000 kata yang menjelaskan rencana kontribusi yang telah, sedang dan akan dlakukan untuk masyarakat, lembaga, instansi, profesi, atau komunitas

Akan lebih baik jika ketentuan diatas dibahas poin per poin.

Poin pertama: Menulis Statement of Purpose paling banyak 1.000 kata

Ketentuan maksimal 1000 kata untuk statement of purpose beasiswa LPDP adalah rigid. Sistem akan menolak statement of purpose kamu jika ternyata melebihi dari 1000 kata, walaupun statement of purpose kamu hanya lebih 1 kata saja. Ketentuan 1000 kata ini tidak bermaksud membantasi kamu dalam menulis statement of purpose, tapi lebih kepada bagaimana kamu menulis yang berbobot dengan kata-kata yang efisien.

Baca juga:
Tips Menulis Statement of Purpose
Jasa Penerjemah Tersumpah

Poin kedua: menjelaskan kontribusi yang telah, sedang dan akan dilakukan

Ketentuan kedua ini memberikan tema dan gambaran tentang apa yang harus ada dalam statement of purpose kamu. Secara garis besar, statement of purpose harus berisi tentang ‘kontribusi’. Kontribusi adalah apa yang kamu sudah lakukan untuk memberikan manfaat kepada orang lain dari keilmuan, pengetahuan, dan skill kamu miliki.

Kontribusi dalam statement of purpose beasiswa LPDP lebih spesifik harus memuat tentang kontribusi di masa lalu, saat ini, dan masa depan. Dalam ketentuan di atas menggunakan kata penghubung ‘dan’ yang artinya ketiga poin tersebut harus ada dalam statement of purpose kamu. Jadi, sebaiknya kamu memastikan ketiganya masuk dalam statement of purpose kamu.

Dalam memilih konten kontribusi di masa lalu, kamu bisa menuliskan kontribusi yang berhubungan atau tidak berhubungan dengan bidang keilmuan kamu. Dalam memilih konten kontribusi saat ini, kamu bisa menuliskan tentang kegiatan kamu. Carilah sisi kontributif dari kegiatan yang sedang kamu lakukan. Dalam memilih konten kontribusi masa depan, sebaiknya kamu memilih kontribusi yang sesuai dengan jurusan yang kamu mau ambil. Karena hal tersebut akan menjadi penguat kamu melanjutkan studi.

Baca juga: Letak Nomor Sertifikat TOEFL untuk daftar beasiswa LPDP

Poin ketiga: untuk masyarakat, lembaga, instansi, profesi, atau komunitas

Ketentuan ketiga memberikan gambaran object atau sasaran kontribusi kamu yaitu bisa kepada masyarakat, lembaga, instansi, profesi, atau komunitas. Kata hubung yang digunakan dalam ketentuan adalah ‘atau’ yang berarti kamu bisa memilih salah satu di antara beberapa sasaran kontribusi yang disebutkan oleh beasiswa LPDP.

Setiap disiplin ilmu pasti memiliki sasaran kontribusi masing-masing dan dengan cara masing-masing. Dan term ‘masyarakat’ di atas disesuaikan dengan bidang masing-masing. Bagi jurusan pertanian, masyarakat adalah petani dan semua hal yang ada hubungannya dengan petani. Bagi jurusan kelautan, nelayan atau orang pembudidaya ikan dan lain-lain adalah masyarakat. Bagi kamu yang dari jurusan pendidikan, lembaga atau instansi pendidikan mungkin adalah sasaran kontribusi yang paling logis.

Baca juga: Tips menulis statemet of purpose beasiswa LPDP Bagian kedua

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.