Update LPDP!! Jalur Baru Beasiswa LPDP 2021

Update LPDP!! Jalur Baru Beasiswa LPDP 2021

Hallo, pejuang beasiswa! Pasti kamu sudah tidak asing dengan beasiswa yang satu ini. Yup! Beasiswa LPDP akan segera membuka pendaftaran! Nah, di tahun ini, LPDP cukup banyak mengalami perubahan. Disebutkan bahwa LPDP kini mengalami perluasan. Perluasan program beasiswa LPDP ini mencakup banyak hal terutama pada jalur beasiswa. Sebelumnya, LPDP hanya memiliki 3 jalur, yaitu: jalur beasiswa afirmasi, beasiswa targeted, dan beasiswa umum. Namun tahun ini LPDP membuka banyak jalur yang dibagi dalam 6 program. Keenam program tersebut adalah program kampus merdeka, program dosen dan tendik, program guru dan tendik, program vokasi, program prestasi, dan program beasiswa kebudayaan. Untuk info beasiswa, silahkan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Program Kampus Merdeka

Tahun ini LPDP juga memberikan beasiswa untuk program-program kampus merdeka. Kampus merdeka merupakan program yang ditujukan kepada mahasiswa Indonesia. Ada 4 program kampus merdeka yang didukung oleh LPDP tahun 2021. Keempat program tersebut adalah kampus mengajar, mobilitas international mahasiswa, microcredentials (magang dan studi independen bersertifikat), serta pertukaran mahasiswa merdeka.

Baca juga: Beasiswa S2 untuk Kuliah Program MBA di Aston University Inggris

Program Dosen dan Tenaga Kependidikan

Program kedua adalah program untuk dosen dan tenaga kependidikan. Program ini terdiri dari 4 anak program, yaitu: beasiswa dosen regular S2 & S3, magang industri, riset keilmuan, serta magang di perguruan tinggi. Beasiswa dari program-program di atas bisa berupa beasiswa penuh serta dalam bentuk subsidi.

Baca juga: Beasiswa Garuda Nusa Youth Action Batch 2 ke Lombok

Program Guru dan Tenaga Kependidikan

Selanjutnya, program ketiga yang disebut sebagai program guru dan tenaga kependidikan. Program yang satu ini dikhususkan untuk guru maupun tenaga pendidik yang ada disekolah jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA. Adapun beasiswa dari program guru dan tenaga kependidikan ini, yaitu: beasiswa S2 guru (dalam negeri dan luar negeri), sertifikasi guru yang berbentuk subsidi biaya, dan beasiswa S3 guru (dalam negeri).

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa New Zealand Asean Scholarship

Program Vokasi

Program keempat merupakan program vokasi yang ditujukan untuk guru di sekolah-sekolah SMK ataupun dosen di perguruan tinggi vokasi. Beasiswa atau subsidi yang tersedia pada program ini adalah magang di industri untuk guru SMK, beasiswa S1 untuk calon guru SMK, sertifikasi/magang/pelatihan dosen dan tenaga kependidikan vokasi, beasiswa dosen vokasi S2 & S3 (dalam negeri dan luar negeri), serta riset keilmuan terapan di dalam negeri.

Baca juga: Beasiswa Digital Talent untuk Profesional Academy (PROA) dan Fresh Graduate Academy (FGA)

Program siswa SMA dan Mahasiswa Berprestasi

Program selanjutnya ditujukan kepada siswa SMA dan mahasiswa berprestasi. Program ini menyediakan 2 program beasiswa. Beasiswa pertama adalah beasiswa S1 untuk siswa SMA berprestasi. Beasiswa tersebut bisa mengantar siswa ke pendidikan S1 di universitas dalam maupun luar negeri. Program beasiswa kedua adalah beasiswa S2 untuk mahasiswa berprestasi. Beasiswa ini juga akan membiayai pendidikan S2 di dalam ataupun di luar negeri.

Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards 2021

Program Beasiswa Kebudayaan

Program terakhir atau program keenam adalah beasiswa kebudayaan. Ada 3 program beasiswa yang tersedia. Pertama, beasiswa S1 kebudayaan di dalam negeri khusus untuk program studi S1 Kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa. Kedua, beasiswa kebudayaan untuk kuliah S2 di dalam atau luar negeri, khusus untuk pelaku budaya. Terkahir, beasiswa kebudayaan untuk pelaku budaya kuliah S3 di universitas dalam atau luar negeri.

Baca juga: Beasiswa Youth Exchange Program ke Korea Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.