On the Spot Essay Writing beasiswa LPDP

On the Spot Essay Writing
Salah satu tes beasiswa LPDP

 

Daripada On the Spot Essay Writing, Saya lebih suka menyebutkan Essay on the spot sehingga lebih mudah disingkat EOTS. EOTS adalah salah satu tahap tes beasiswa LPDP dimana pejuang beasiswa akan diminta untuk menulis sebuah essay dalam waktu 30 menit dengan memilih salah satu dari dua tema.

Pada LPDP 2017 dimana tahap seleksi terdiri dari administrasi, assesment online dan substansi, EOTS masuk ke dalam tahap substansi atau berada pada tahap ketiga. Sedangkan, pada tahun 2018 dimana tahap seleksi terdiri dari administrasi, ujian berbasis komputer, dan substansi, EOTS masuk dalam tahap seleksi berbasis komputer atau berada pada tahap kedua. jadi saat kamu sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi, kamu akan menghadapi EOTS dan dua tes yang lain yaitu TPA dan Soft skill. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan dari saat ini.

Baca juga: Tips wawancara beasiswa LPDP part 1

Apapun istilahnya, EOTS tetaplah sebuah essay yang artinya EOTS pasti mengikuti aturan-aturan umum dalam menulis sebuah academic essay. EOTS sangat mirip dengan writing IELTS part 2. Jadi kamu bisa belajar atau latihan EOTS menggunakan pattern dari IELTS part 2. Tentu saja, beasiswa LPDP tujuan Dalam Negeri menggunakan Bahasa Indonesia dan beasiswa LPDP tujuan Luar Negeri menggunakan bahasa inggris.

Saat pelaksanaan EOTS, kamu akan masuk ke dalam sebuah ruangan yang sudah disediakan dengan dua orang pengawas. Kamu sebaiknya membawa alas, bolpoin, correction pen. Dua orang pengawas tadi akan memberikan lembar jawaban dan lembar soal yang terdiri dari 2 tema yang bisa kamu pilih salah satu. Tema diambil dari isu-isu terkini yang lagi hits dibahas di Indonesia. Kamu akan mendapatkan soal secara acak dan tidak ditentukan oleh latar belakang program studi kamu.

Baca juga: Tips wawancara beasiswa LPDP part 2

Tema akan berbeda dan bervariasi. EOTS di jam pertama akan memiliki tema yang berbeda dengan EOTS di jam kedua. EOTS yang dilaksanakan hari ini, akan berbeda dengan EOTS yang dilaksanakan besok. EOTS yang dilaksanakan di suatu daerah akan berbeda dengan daerah lain. Jadi sebaiknya kamu mempeljari dan mecari informasi sebanyak-banyaknya tentang semua topik yang kemungkinan akan masuk dalam tes EOTS.

Setelah Tema diberikan, pengawas akan memberikan tanda bahwa tes EOTS bisa dimulai dan lama pengerjaan hanya 30 menit sudah termasuk membaca soal dan menuliskan identitas. Jangan sampai terlalu lama dalam memutuskan tema yang mana yang akan kamu pilih. Selain itu, kamu juga harus pastikan bahwa kamu menyelesaikan essay kamu.

Baca juga:
Tips Leaderles Group Dicussion beasiswa LPDP
Jasa penerjemah tersumpah
Jasa penerjemah regular

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

2 thoughts on “On the Spot Essay Writing beasiswa LPDP

  1. Sams says:

    untuk EOTS tahun ini, apakah tetap tulis tangan atau berbasis komputer juga kak (diketik)?

    1. imam says:

      sampai saat ini, kamu belum bisa memprediksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.