7 Tips Belajar Menghadapi SBMPTN

7 Tips Belajar Menghadapi SBMPTN

 

SBMPTN pasti membutuhkan usaha dan belajar yang lebih keras dari biasanya karena memang ujian ini banyak ditentukan oleh kamampuan mu sendiri. Bimbel mungkin salah satu cara untuk memperbaiki kualitas belajar kamu. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti bimbingan belajar. Walaupun demikian, kamu tidak usah bersedih dan khawatir. Kamu masih punya kesempatan yang sama untuk lulus di SBMPTN. Kamu bisa mencoba tips-tips berikut!

Baca juga: tips Lolos SBMPTN

Pelajari soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya

Pada dasarnya, metode ini juga digunakan oleh bimbel-bimbel karena soal-soal pada SBMPTN memiliki model soal yang hampir sama dari tahun ke tahun. Membiasakan diri tingkat soal dan model soal akan membuat otak kamu familiar dan tentu saja akan membuat kamu lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN yang sebenarnya. Selain itu, mengerjakan soal-soal secara konsisten akan membuat kamu terbiasa dengan konsep sehingga lebih mudah dalam mengingat tentang materi yang masuk dalam soal SBMPTN

Baca juga: Download soal-soal SBMPTN

Latihan soal setiap hari

Walaupun terdengar klasik, pepatah practice makes perfect memang masih relevan untuk digunakan. Kebiasaan akan membantu mu untuk lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal. Bimbel-bimbel juga sering mengadakan tryout-tryout yang tujuannya selain mengukur tingkat pencapaian, trayout juga dijadikan sarana latihan yang situasinya lebih mirip dengan SBMPTN. Kamu juga dapat mengondisikan diri kamu dengan membuat dua jenis latihan. Pertama latihan untuk memahami konsep dan membiasakan diri. Kedua, latihan untuk memberikan suasana yang sama dengan SBMPTN.

Baca juga: Kerja atau kuliah?

Download bermacam E-book dari Internet

Kemajuan teknologi dan informasi sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan. Salah satu manfaatnya adalah kamu dapat mendownload ebook dari internet tentang materi-materi atau soal-soal SBMPTN yang secara gratis dibagikan.

Baca juga: Tips memilih jurusan

Mengulang dan membuat rangkuman materi

Lupa rumus atau materi adalah mimpi buruk saat kamu mengerjakan soal-soal SBMPTN. Agar tidak terjadi, Mengulang-mengulang materi dan soal-soal yang sama tentu akan sangat bermanfaat. Selain itu, sambil mengulang, kamu juga dapat membuat rangkuman dan catatan kecil untuk kamu baca ulang ketika dibutuhkan atau untuk sekedar me-review.

Baca juga: Peminat dan daya tampung univeritas

Tutor sebaya

Kemampuan seseorang memang beda-beda. Ada yang menguasai bahasa inggris dengan baik tapi begitu lemah di matematika. Ataupun mungkin yang tidak menguasai mata pelajaran apapun sama sekali. Oleh karena itu, kamu dapat bekerja sama dengan cara belajar bersama dengan teman-teman kamu. Selain menambah ilmu baru, jawaban yang dihasilkan dapat didiskusikan sehingga kamu tidak perlu khawatir salah menjawab.

Baca juga: Strategi belajar TOEFL

Membeli buku panduan SBMPTN

Selain E-book yang dapat kalian andalkan dan di dapat dengan cara gratis, kalian juga bisa membeli buku panduan SBMPTN. Disitu akan terdapat rangkuman materi dan beberapa latihan soal. Itu akan membuat kamu juga terbiasa mengerjakan soal-soal SBMPTN. Namun, kamu juga harus selektif dalam memilih buku, karena tidak semua buku sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Selain itu, membeli buku second bukanlah ide yang buruk. Hitung-hitung kamu akan mendapatkan lebih banyak buku daripada harus membeli yang barus.

Baca juga: Download Soal TOEFL

Download aplikasi belajar

Kemajuan teknologi dibidang aplikasi sudah sedemikian pesat. Kamu bisa masuk ke playstore dan mencari aplikasi yang akan berperan layaknya seorang tutor. Denga aplikasi tersebut juga akan memberikan jawaban saat kamu tidak yakin dengan hasil mu.

Baca juga:
Aplikasi untuk belajar SBMPTN
Passing Grade SBMPTN

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.