Cara Menulis Daftar Pustaka

Cara Menulis Daftar Pustaka

 

Daftar pustaka adalah refrensi apa saja yang digunakan sebagai rujukan pada tulisan yang dibuat. Daftar pustaka sangat penting terutama dalam penulisan makalah, skripsi, dan karya tulis ilmiah karena berkaitan dengan kejujuran akademis.

Walaun terbilang sederhana, namun pembuatan daftar pustaka tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal dalam penulisan daftar pustaka yang harus diperhatikan, diantaranya adalah :
• Nama penulis
• Tahun Terbit
• Judul Buku / Karya
• Tempat Terbit
• Nama Penerbit

Baca juga: List Beasiswa S2 Luar Negeri

Usahakan kamu selalu memperhatikan lima hal di atas saat membaca sebuah buku dan berniat untuk memasukkannya sebagai referensi tulisan makalah, skripsi, atau karya tulis ilmiah.

Baca juga: Download ebook-ebook TOEFL gratis

Seperti yang disampaikan diatas, penulisan suatu daftar pustaka tidak bisa dikerjakan secara sembarangan. Penulisan harus berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan. Berikut adalah beberapa aturan dari penulisan daftar pustaka:

  1. Nama penulis yang terdiri dari dua kata maupun lebih.
    Tata cara penulisannya: dibalik. Letakkan nama kedua di depan dan nama pertama dibelakang dengan dipisahka oleh tanda koma (,).
    Contoh nama penulis sebuah buku adalah Andi Firmansyah. Jadi penulisan pada daftar pustaka adalah: Firmansyah, Andi.Note :
    > Jika ada dua orang penulis, yang dibalik cukup nama pengarang pertama, kemudian antara nama pengarang pertama dan yang kedua dituliskan kata ‘dan’.
    > Jika penulisnya ada tiga orang atau lebih, yang dituliskan hanya nama pengarang pertama denga aturan tetap dibalik dan ditambahkan kata ‘dkk’ (dan kawan-kawan).Contohnya suatu buku ditulis oleh 4orang, yaitu Ahmad Toni, Akbar Faisal, Indra Ashar, dan Dandi Reza, pada penulisan daftar pustaka ditulis: Toni, Ahmad dkk.
  2. Pada penulisan daftar pustaka tidak perlu mencantumkan Gelar kebangsawanan, gelar akademis maupun gelar keagamaan. Misalnya Dina Wirawati, M.Pd cukup ditulis: Wirawati, Dina.
  3. Urutan penulisan ke arah samping kanan yakni: nama penulis (dibalik, diakhiri tanda titik), tahun terbit (jika tidak tersedia, tulis saja ‘Tanpa Tahun’, diakhiri tanda titik), nama kota tempat terbit (diakhiri titik dua), dan terakhir nama penerbit (diakhiri titik).Misalnya satu buah buku yang judulnya Aku Pergi untuk Kembali dan Mengabdi yang dikarang oleh Imam Syarif, M.Pd diterbitkan oleh PT Gramedia, Jakarta, di tahun 2018, maka pada daftar pustaka dicantumkan:Syarif, Imam. 2018. Aku Pergi Untuk Kembali dan Mengabdi. Jakarta: PT Gramedia.
  4. Judul Karya Tulisan Ilmiah ditulis miring atau italic.
  5. Format susunan Penulisan Daftar Pustaka berurutan mulai dari A sampai Z sesuai dengan huruf-huruf awal dari Nama pengarang buku.Contoh Daftar Pustaka:

Untuk lebih memudahkan menulis Daftar Pustaka, Perhatikan beberapa contoh berikut:

  1. Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku
    Nama Pengarang (penulisan nama dibalik, misalnya Ali Subhakti, maka menjadi Subhakti, Ali). Tahun terbit. Judul buku. Tempat Terbit: Nama Penerbit.a. Contoh Penulisannya Sebagai Berikut:
    Ahmad, A. Kasim. 1990. Pendidikan Seni Teater, Buku SMA. Jakarta: Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
    Alwi, Hasan, dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
    Arsyad, Maidar G. dan Mukti U.S. 1991. Pembinaan kompetensi Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.b. Contoh Penulisan Dengan Dua,Tiga Orang atau lebih:
    Brahma, A.H., dan Putra Ahmad. 1998. Metode Pembelajaran Untuk Guru. Jakarta: Bentang Pustaka.
    Susilo, Rahaden, Rudi Sucipto dan Angga Sela. 2002. Tata Bahasa Indonesia. Malang: Bagian Penerbitan Sastra Bahasa Indonesia UB.

    c. Contoh Penulisan Tanpa Pengarang:
    Depag. 2001. Petunjuk Pelaksanaan dan Tata Cara Haji dan Umrah. Jakarta: Depag.
    Divisi SDM. 2007. Company Profile. Jakarta: Citra Van Titipan Kilat.

    d. Contoh Penulisan Buku terjermahan, Saduran, atau Sutingan
    Prakosoi, Hilman (Penterjermah). 1997. Analisa Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Manajemen.

    e. Contoh Penulisan Buku Terjermahan, Penulis sama, tetapi Buku Berbeda
    Fitriani. 2007. Akuntasi Level Menengah. Semarang: Alfa Media.
    ________ . 2008. Akuntasi Level Menengah Jilid II. Semarang: Alfa Media.

  2. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Majalah
    Pramesjo, Wijaya. 2001. Menuju Fashion Asia. Jakarta: Majalah Bisnis Fashion, No. 4 Thn. 05. (12 Januari-20 Februari 2005).
  3. Contoh Daftar Pustaka Dari Koran
    Price, M. (2006). Get It Covered – Modeling Standard Of Cover with ArcGIS Network Analyst 9.2. ArcUser Magazine, October-December, 2006, pp. 48-53.
  4. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Jurnal
    a. Skripsi, Tesis, atau Disertasi
    Mustofa, Dimas Eva. 2011. Sudut Pandang Umum dalam Kanji (Analisis Semiotika terhadap Buku Kanji Pictographix). Jakarta: Universitas Indonesia.
    b. Makalah
    Indriatu, E. 1999. Molar Patternsw On Javanese People. Makalah dipresentasikan pada The International Conference On Paleoanthropology, October 14-16, Beijing.
  5. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Surat Kabar atau Koran
    Purbo, Onno. 2005. Kemajuan Sepak Bola Indonesia, Antara Fakta dan Opini. Jakarta: Berita Bola. (25 Maret 2008)
    Sumber lain menulis sebagai berikut:
    Dimas 16 Desember, 2014. Hal-Hal Utama Di Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Kompas, Radar Malang, hlm 1 & 2.
  6. Contoh Daftar Pustaka dari Artikel Internet
    Raharjo, Budi. 2000. Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Sejak Dini : Siapkah Indonesia?. Diambil dari: http://infoguruterbaru.blogspot.com/2016/12/6-contoh-artikel-pendidikan-pendek.html. (6 Desember 2016)
    atau
    Ilmiawan, Agung. 2016. Contoh rumusan masalah Makalah. www.sahabatnesia.com. Diakses pada 12 Desember 2016.
  7. Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal Internet
    Henry, Gates. 2001. Advancing Quality Through Additional Intention About Result. Chronicle. Vol. 2 number 21, January 2. Diambil dari: http://www.chea.org/chronicle/vol.1/no.11/index.html. (20 Desember 2007).
  8. Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Kamus
    David-Longley, D.W. 2005. Geographic Information Systems and Science. The New Encylopedia Britannica. Encylopedia Britannica 322: 651-701.

Baca juga:
Info beasiswa dunia

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.