Jurusan Kuliah yang Paling Diminati Beserta Passing Gradenya

Jurusan Kuliah yang Paling Diminati Beserta Passing Gradenya

Tidak terasa bulan sudah berganti ke bulan Februari. Sebentar lagi kamu yang sedang duduk dibangku kelas 3 SMA sudah mulai sibuk mempersiapkan diri untuk Ujian Akhir dan tentu saja tes masuk kuliah. Beberapa dari kamu mungkin sudah membayangkan dan menargetkan jurusan yang akan kamu geluti nanti. Namun, tidak sedikit juga yang masih menimbang – nimbang jurusan kuliah yang diminati. Nah untuk kamu yang masih bingung, artikel ini akan memberikan sedikit gambaran mengenai jurusan yang terpopuler. Mungkin saja kamu akan berminat pada salah satu jurusan ini. Untuk info besiswa, silahkan klick disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Kedokteran

Bukan hal baru lagi jika kedokteran menjadi jurusan yang terpopuler. Bahkan sebagian besar anak kecil menjadikan dokter sebagai cita-cita mereka. Salah satu alasan kedokteran menjadi pilihan favorit adalah karena dokter yang selalu dibutuhkan. Kesehatan yang menjadi faktor terpenting dalam mesyarakat, membuat permintaan profesi dokter selalu ada. Walaupun begitu, persiapan untuk memasuki jurusan kedokteran bukan lah hal yang mudah. Kamu perlu mempersiapkan diri dengan lebih baik karena persaingan yang ketat. Selain itu, kedokteran memiliki passing grade tertinggi. Seperti contohnya kedokteran UNS memiliki passing grade sebesar 53.43%, sedangkan untuk pendidikan dokter di universitas UGM adalah 60.70%, dan untuk pendidikan dokter UI sebesar 63.78%.

Baca juga: Penjelasan Syarat KIP Kuliah

Ilmu Komputer

Saat ini komputer merupakan hal yang tidak sulit untuk dimiliki. Luasnya pemakaian komputer membuat lulusan ilmu komputer sangat dicari, sehingga memiliki banyak kesempatan dalam dunia kerja dengan bayaran atau gaji yang cukup tinggi. Ilmu komputer memang cukup banyak diminati baik di dalam negeri maupun luar negeri. Namun, jurusan ilmu komputer juga memiliki passing grade yang cukup tinggi dalam tes nasional. Di universitas IPB, ilmu komputer memiliki passing grade sebesar 40.47%, UGM 51.08%, dan UI 55,99%.

Baca juga: Hindari Ini dalam Seleksi Administrasi Beasiswa YTB Turki

Hukum

Jurusan hukum menjadi jurusan yang terpopuler dan diminati karena dunia hukum memiliki cukup banyak peluang kerja terutama untuk lulusan baru. Selain itu, setiap perusahaan juga selalu membutuhkan legal officer sebagai perwakilan mereka. Untuk memasuki jurusan hukum kamu perlu melewati passing grade yang terbilang tinggi. Seperti contohnya di UNS sebesar 35.07%, UNDIP 44.4%, dan UGM 54.37%.

Baca juga: Penjelasan Syarat KIP Kuliah

Teknik

Pada dasarnya jurusan teknik merupakan jurusan yang memiliki banyak peminat dikarenakan banyaknya peluang kerja serta bayaran cukup tinggi bagi lulusan teknik. Terlebih Indonesia sedang dalam proses pembangunan sehingga lulusan jurusan teknik akan sangat dibutuhkan. Walaupun begitu, persaingan jurusan teknik terbilang ketat. Jurusan teknik memang memiliki bayak peluang kerja namun juga memiliki banyak pendaftar. Terlebih passing grade jurusan ini tidaklah kecil. Seperti contohnya untuk pendidikan teknik informatika & komputer UNS sebesar 35.83%, teknik informatika UNDIP 43.2%, dan teknik mesin UGM 57.76%.

Baca juga: Beasiswa Baktinusa Untuk Mahasiswa S1 Dalam Negeri

Psikologi

Di era modern ini, tidak hanya kesehatan fisik yang diperhatikan, melainkan juga kesehatan mental. Karena dari itu, psikologi diperkirakan menjadi profesi yang semakin dibutuhkan nantinya. Jurusan psikologi telah termasuk dalam 10 jurusan terpopuler di Inggris bahkan, didunia. Tidak heran jika saat ini jurusan psikologi memiliki banyak peminat. Passing grade yang perlu kamu raih untuk jurusan psikologi diantarannya, 36.27% di UNS, 40.4% di UNPAD, dan 53.25% di UGM.

Baca juga: SPEAKING CHALLENGE

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.