Kesalahan Kecil Bikin Gagal SBMPTN

KESALAHAN KECIL BIKIN GAGAL SBMPTN

 

Pengorkesian Lembar Jawaban Komputer (LJK) akan dilakukan sepenuhnya oleh mesin scan. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan kesalahan-kesalahan kecil yang bisa berdampak pada tidak terbacanya hasil LJK kamu pada mesin scan tersebut.

Baca juga: Download soal SBMPTN dan kunci jawaban terlengkap

Nama Peserta

Walaupun kamu benar-benar hafal dengan nama kamu, tapi semua hal dapat terjadi saat ujian sedang berlangsung. Entah karena gugup, kurang fokus, atau fakor lain, bisa saja kamu melakukan kesalahan dalam mengisi kolom nama peserta. Sebagai antisipasi, perhatikan beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan nama:

  1. Huruf lupa dilingkari

Kamu harus memastikan bahwa semua huruf dilingkari. Karena saat satu huruf saja tidak dilingkari, komputer tidak akan menemukan nama kamu dalam daftar peserta SBMPTN.

  1. Melingkari dua huruf di baris yang sama

Kesalahan ini sering terjadi terutama bagi kamu yang memiliki nama cukup panjang.

  1. Singkatan nama tidak sinkron antara formulir pendaftaran, lembar ujian TKPA, dan lembar ujian TDK Saintek/Soshum

Sebaiknya kamu menyamakan antara nama yang ada pada kartu peserta dengan nama yang akan kamu tuliskan di LJK. Jika kamu merasa kebingungan, sebaiknya jangan sungkan untuk bertanya pada pengawas ruangan.

Untuk menghindari kesalahan-kesalahan di atas, kamu perlu benar-benar teliti lagi penulisan namamu apakah sudah sama dengan formulir pendaftaran, dan apakah kamu sudah melingkari huruf-huruf di kolom dan baris yang benar.

Baca juga: Tips Lolos SBMPTN

Nomor Peserta

Nomor peserta sangat penting karena nomor ini identik artinya tidak ada nomor peserta yang sama antara satu peserta dengan yang lain. Nomor peserta ini sangat penting karena jika ada dua nama yang sama, nomor peserta yang akan menjadi rujukan sehingga hasil yang diperoleh bisa spesifik dan tidak tertukar.

Kesalahan yang sering terjadi pada pengisian nomor peserta adalah salah input nomor dan angka tidak lengkap. Sebaiknya, kartu peserta selalu stand by dan mudah diakses untuk dapat memastikan bahwa nomor peserta kamu sudah benar.

Baca juga: tips belajar menghadapi SBMPTN

Tanggal Lahir

Pada kolom Tanggal Lahii, pastikan kamu mengisi tanggal terlebih dahulu, kemudian bulan lahir, dan tahun lahir, masing-masing 2 digit. Jika kamu memiliki tanggal lahirĀ  antara 1 – 9, tambahkan angka 0 di depan. Contoh, jika kamu lahir pada 6 Mei 1996, pada LJK kolom tanggal lahir kamu tulis 060696.

Baca juga: Belajar SBMPTN dengan aplikasi android

Kode Naskah

Saat LJK di-scan di data yang didapat di-input ke komputer, komputer akan mencocokkan jawaban kamu dengan kunci jawaban dari kode soal yang tertera pada LJK kamu. Jika kode yang kamu masukkan salah, pasti akan sangat berpengaruh pada hasil dari tes kamu. Kamu harus benar-benar memperhatikan bahwa masing-masing soal TKD dan TKPA memiliki kode soal yang berbeda. Jadi sesaikan kode soal dengan soal yang kamu sedang kerjakan. Kode soal biasanya ada pada halaman depan naskah soalmu.

Baca juga: Daftar passing grade SBMPTN universitas seluruh Indonesia

Bulatan Tidak Penuh

Waktu yang terbatas dengan variasi soal mudah dan sulit terkadang membuat kamu ingin cepat-cepat menyelesaikan. Memang sebaiknya, saat kamu sudah mengetahui jawabannya apa, kamu langsung menghitamkan pilihan pada LJK. Dalam menghitamkan atau membuat bulantan, kamu harus benar-benar hati-hati, karena walaupun jawaban kamu benar, tapi saat menghitamkan jawaban ternyata jawaban kurang hitam, tidak penuh, melebihi garis akan berpengaruh kepada jawaban.

Selain kamu memilih pensil dan penghapus yang memiliki kualitas baik, kamu juga harus banyak latihan soal dan menghitamkan kunci jawaban. Cara seperti ini akan membuat tangan kamu terbiasa. Jika tidak, kamu akan merasa kaku saat mengisi jawaban. Apalagi, pressure tes SBMPTN kadang begitu tinggi yang juga dapat mempengaruhi psikologis kamu saat mengerjakan.

Baca juga:
Peminat dan daya tampung SBMPTN universitas
Daftar beasiswa yang kamu bisa bisa coba

 

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.