kuliah atau kerja

Kuliah atau Kerja?

 Kuliah atau kerja? Itu lah pertanyaan yang selalu muncul di benak teman-teman yang akan lulus dari SMA atau lulus kuliah strata 1 (S1). Kuliah atau kerja menjadi pertimbangan bagi mereka, pertimbangan yang terkadang sulit untuk diputuskan, utamanya bagi mereka yang dari keluarga ekonomi ke bawah. Kerja sepertinya menjadi pandangan utama bagi mereka untuk menyambung hidup mereka atau dengan alasan membantu orang tua, kalaupun di sisi lain mereka ingin kuliah namun banyak pertimbangan yang mereka pikirkan mulai dari bayaran kuliah, uang untuk adik-adik mereka sekolah, atau biaya tani orang tua mereka. Harus ada yang direlakan di antara semuanya.

Baca juga:
Beasiswa LPDP
Beasiswa Turki

Kuliah atau kerja adalah pilihan yang baik bagi kita berdasarkan bagaimana kita menjalani pekerjaan tersebut dengan niatan yang ikhlas dan tulus. Kuliah maupun kerja akan memberikan hasil maksimal jika kita menjalaninya dengan penuh semangat dan tidak mengeluh. Namun, saran saya, kuliahlah kalian selagi masih muda. Tidak ada ruginya berkuliah, kalaupun kebanyakan orang bilang tepatnya pada saat ini bahwa “untuk apa kuliah, wisuda terus nganggur” hempar pemikiran yang seperti itu. Kuliahkan bukanlah hal yang merugikan, dan jadikan tempat kuliah sebagai tempat untuk mencari ilmu bukan sebagai jembatan mencari kerja. Kita sukses karena usaha dan doa kita, kita sukses karena kegigihan kita dan kretaifitas maksimal yang kita persembahkan. Tepis semua kata-kata negatif yang kita dengar dari sekeliling kita.

Baca juga: Beasiswa Chevening

Dan kerja, kerja pun bukanlah hal yang buruk. Namun, alangkah baiknya kuliah lah dulu baru kerja. Atau kuliah sambil kerja, yakinlah seseorang yang berilmu akan lebih tinggi derajatnya. Seseorang yang berilmu lebih mudah bagi mereka mendapatkan pekerjaan, bahkan pekerjaan yang mencari mereka, perusahaan yang mengejar mereka, bukan mereka yang mencari kerja dan mengejar perusahaan. Kuliah hari ini tidaklah sesulit jaman dulu, anak petanipun yang penghasilannya pas-pasan untuk makan sehari-hari, hari ini pun bisa kuliah seperti anak pejabat. Anak tukang becak, anak tukang kuli semua bisa kuliah. Saat ini, beasiswa bisa didapat di mana-mana, kita semua bisa kuliah.

Baca juga: Beasiswa Fullbright

Semua orang tua, menginginkan anak mereka untuk bisa kuliah, agar hidup mereka lebih baik darinya. Semua orang tua menginginkan pendidikan anak mereka lebih tinggi darinya. Dengan kuliah kita banyak mendapat bekal di masa depan, tidak hanya di masa sekarang. Banyak orang berkata “ngapain kuliah, mending kerja aja dapat uang?” memang, ketika didengar rasanya sangat menggiurkan. Tapi ketahuilah, calon calon generasi emas, calon penerus bangsa, sekali lagi hempas kalimat itu dari pikiran kita, dimanapun kita berada dan kapanpun waktunya yang kita butuhkan pertama kali adalah ilmu. Kita bisa mencari uang dengan ilmu, dengan ilmu mendatangkan beribu berkah. Jika tujuan kita kerja untuk uang? Apalah arti uang? Dia cepat habis, sebanyak apapun dia pasti akan habis. Tetapi ilmu, walaupun sedikit tetapi kita asah dia akan menjadi lebih besar dan lebih besar lagi.

Baca juga: Beasiswa AAS

Pertimbangkan pilihan kalian, pikirkan dengan matang dengan cara melihat pada masa depan bukan menetap untuk hari ini. Cerdaslah, cermatlah dalam membuat keputusan. Keputusan kalian hari ini, adalah titik point untuk menggambarkan masa depan kalian.

Baca juga:
Beasiswa Stuned

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.