Sistem Penilaian SBMPTN 2018: Teori Respon Butir

Sistem Penilaian SBMPTN 2018: Teori Respon Butir

 

Sistem penilaian SBMPTN 2018 berubah. Yang berbeda dari tahun 2018 dengan tahun-tahun sebelumnya adalah tidak adanya nilai minus walaupun jawaban salah. Mungkin beberapa orang akan berfikir bahwa sistem ini akan menguntungkan karena jawab sembarangan saja tidak akan mempengaruhi poin yang didapat. Faktanya, penilaian SBMPTN tidak sesederhana itu. Jika dirinci, sistem penilaian sbmptn 2018 memiliki beberapa tahap. Tahap pertama soal akan dinilai berdasarkan jawaban benar dan salah. Jika benar akan mendapatkan nilai 1 dan jika salah atau tidak dijawab akan mendapatkan nilai 0.

Baca juga: Download soal SBMPTN

Pada tahap kedua, jawaban akan dianalisis berdasarkan tingkat kesulitan soal menggunakan item responsibility theory (Teori Respon Butir). Tingkat kesulitan soal ada tiga yaitu easy, medium, dan hard. Pada tahap ketiga, dilakukan penilaian dengan pedoman soal yang lebih sulit akan memiliki nilai lebih tinggi.

Baca juga: Tips Lolos SBMPTN

Dengan sistem penilaian di atas, memungkinkan orang dengan jumlah benar yang sama memiliki nilai yang berbeda karena setiap soal memiliki bobot yang berbeda tergantung pada tingkat kesulitan soal tersebut. Yang paling penting adalah jika seseorang memiliki banyak jawaban salah akan mempengaruhi yang menyebabkan nilainya akan lebih rendah dari orang lain yang lebih sedikit jawaban yang salah walaupun kedua orang tersebut memiliki jumlah jawaban benar yang sama. Secara sederhana, orang yang menebak-nebak jawaban dan salah akan beresiko memiliki nilai yang semakin rendah.

Baca juga: Peminat dan Daya Tampung Universitas

Sebagai contoh misalkan ada 3 orang mengerjakan soal sbmptn 2018, setelah jawaban dianalisis menggunakan Item Responsibility Theory, hasilnya sebagai berikut: orang pertama dengan benar 48, salah 0, dan tidak menjawab 0 mendapatkan nilai 48. orang kedua dengan benar 9, salah 0, dan tidak menjawab 6 mendapatkan nilai 38. orang ketiga dengan benar 9, salah 6, dan tidak menjawab 0 mendapatkan nilai 2. Pada orang kedua dan ketiga, walaupun nilai benarnya sama. Kesimpulannya, jangan main tebak-tebakan, karena akan mempengaruhi nilai.

Tonton Video untuk lebih detail!

Credit: Channel Youtube Ganesha Opration

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.