Tips Lolos Tes SBMPTN

Tips Lolos Tes SBMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMNPTN) sudah digelar dan pengumuman siapa saja yang lulus juga sudah diinformasikan. Bagi kamu yang masih harus berjuang lagi untuk dapat lolos ke perguruan tinggi negeri favorit kamu di jalur Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), berikut beberapa tips untuk kamu.

Universitas pilihan

Masuk ke jurusan terbaik di universitas yang bergengsi mungkin bisa menjadi kebanggaan. Namun, dalam memilih universitas juga tidak hanya berdasarkan sebuah Universitas bagus atau tidak. Kamu juga perlu untuk melihat peluang kamu dengan memperhatikan track record akademik, alumni sekolah kamu yang kuliah di universitas tersebut, dan kuota jumlah mahasiswa yang akan diterima. Jangan segan untuk berkonsultasi dengan guru kelas dan guru BK tentang pemilihan universitas ini, karena semakin banyak informasi yang kamu miliki, semakin bijak dalam menentukan keputusan.

Baca juga:
Jasa Terjemah 
Tips memilih jurusan

Pilih Program Studi yang diminati dan Urutkan peringkat

Saat kamu mau memilih Program studi, pastikan pertimbangan pertama adalah minat kamu. Karena kamu boleh memilih lebih dari satu program studi, langkah kedua adalah mengurutkan pilihan program studi tersebut dari pilihan program studi dengan peminat terbesar hingga ke yang terkecil. Kamu pasti paham bahwa peminat besar, persaingan juga besar. Selain itu, program studi dengan peminat besar biasanya memiliki passing grade yang besar pula. Jadi penting bagi kamu untuk mengetahui passing grade dari masing-masing program studi yang kamu minati.

Baca juga: Soal grammar

Program studi pilihan berada dalam satu jurusan yang sama

Saat memilih program studi, sebaiknya memilih program studi yang sama walaupun universitasnya berbeda. Peluang kamu untuk lolos SBMPTN akan semakin besar, karena kamu akan dianggap serius dalam memilih jurusan tersebut.

Baca juga: Info Beasiswa Dunia

Berdasarkan minat dan bakat

Mungkin banyak dari kamu yang bingung tentang minat dan bakat apa yang sesuai. Disinilah peran guru kelas dan guru BK untuk memberikan arahan tentang mata pelajaran apa yang sebenarnya menjadi minat dan bakat mu. Pemilihan program studi berdasarkan minat dan bakat akan memudahkan kamu dalam mengerjakan soal test SBMPTN, pun juga pemilihan pekerjaan nantinya. Hindari terlalu terpaku pada prospek kerja maupun gaji saat lulus kuliah nanti. Jika kamu memiliki minat dan bakat pada program studi tersebut, kesempatan akan datang.

Baca juga: Cara mendapatkan LoA

Belajar bersama teman

Belajar bersama teman adalah solusi efektif untuk mempercepat pemahaman dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN. Selain membuat kamu lebih tertantang untuk bisa lebih baik, kamu bisa berdiskusi dengan mereka yang tentunya akan membuat belajar kamu lebih bermakna. Kamu pasti paham bahwa masing-masing orang paham dengan baik pada mata pelajaran tertentu. Dengan belajar bersama, pemahaman mungkin akan lebih mudah didapatkan karena suasana juga tidak sesungkan ketika di kelas untuk bertanya dan berdiskusi. Tentu saja, dalam belajar bersama harus ada komitmen agar tidak lebih banyak bercanda. Untuk itu, sebelum mulai belajar, sebaiknya kamu membuat target apa yang harus dicapai dalam belajar tersebut.

Baca juga: Daftar beasiswa D3

Sistem Penilaian Baru

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa ada sistem penilaian baru pada SBMPTN tahun ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana jika menjawab salah mendapat poin minus satu, tahun ini, menjawab salah mendapatkan poin nol. Dengan sistem ini, kamu bisa lebih banyak menjawab soal. Namun, kamu juga harus ingat bahwa rival kamu yang lain juga mendapatkan keuntungan yang sama dari sistem baru ini. Disisi lain, sistem yang baru menekankan poin lebih jika kamu dapat mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Jika kamu berencana mendapatkan nilai yang memuaskan, kamu harus banyak mengerjakan soal sulit dengan benar.

Baca juga: Daftar beasiswa S1

Manfaatkan bimbel atau latihan-latihan soal

Banyak sekali pihak-pihak swasta yang mengadakan bimbel untuk SBMPTN, dan memberikan latihan-latihan melalui website maupun buku-buku. Hal itu memudahkan kamu untuk melihat lebih jauh mengenali bentuk-bentuk soal SBMPTN. Dari situ kamu dapat memprediksi sebelumnya akan seperti apa soal yang akan kamu hadapi.

Selain dari bimbel dan soal berbayar, kamu bisa memanfaatkan soal-soal yang tersedia secara gratis di internet. Ingat bahwa semakin banyak soal yang kamu kerjakan, kemungkinan untuk dapat mengerjakan soal SBMPTN dengan mudah akan semakin tinggi.

Baca juga: Tips reading TOEFL

Ikuti try out SBMPTN

Banyak media-media yang menawarkan try out SBMPTN untuk kalangan pelajar maupun alumni. Hal itu diperlukan agar para peserta SBMPTN dapat mengukur kemampuannya dalam mengerjakan soal, dan menentukan tingkat kelolosan peserta melalui beberapa kali try out. Try out juga penting untuk berlatih dalam mengerjakan soal SBMPTN. Usahakan selalu menciptakan suasana semirip mungkin dengan suasana SBMPTN. Mulai dari alat tulis yang digunakan, jumlah dan tingkat kesulitan soal, dan waktu pengerjaan. Dengan begitu hasilnya akan mendekati hasil yang sesungguhnya saat ujian SBMPTN.

Baca juga: Test TOEFL online

Berdoa

Ada pepatah yang mengatakan bahwa usaha tanpa berdoa adalah sombong, sedangkan berdoa tanpa usaha adalah bohong. Berodalah, karena sekuat apapun kamu berusaha, tidak akan bisa menggantikan kekuatan doa.

Baca juga:
Info beasiswa dari pemerintah Indonesia

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.