Fasilitas dan Pembiayaan Beasiswa ICCR untuk S1 S2 S3 di India

Fasilitas dan Pembiayaan Beasiswa ICCR untuk S1 S2 S3 di India

Salah satu tips memilih beasiswa luar negeri yang baik adalah cari beasiswa dari pemerintah negara tujuan. Selain terpercaya, biasanya beasiswa yang disediakan oleh pemerintah negara tujuan adalah beasisa fully-funded. Salah satu beasiswa yang bisa kamu coba adalah beasiswa ICCR untuk kuliah S1 S2 S3 di India yang diselenggarakan oleh pemerintah India. Beasiswa ini memberikan fasilitas dan pembiayaan sebagai berikut:

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Biaya UKT

Untuk biaya UKT, jumlahnya akan disesuaikan dengan jumlah UKT yang diminta oleh pihak kampus. Kamu tidak perlu khawatir karena jumlahnya tidak akan kurang dan tidak akan lebih. Selain itu, kamu tidak akan perlu ribet-ribet mengurus ini karena pihak beasiswa ICCR akan membayarkan langsung ke universitas dimana kamu belajar.

Baca juga: Fasilitas dan Pembiayaan yang didapatkan dari Beasiswa Fulbright untuk S2 di Amerika

Biaya Akomodasi

Penerima beasiswa ICCR biasanya akan diminta untuk tinggal di asrama universitas dimana biaya akomodasi secara penuh akan ditanggung. Sama seperti biaya UKT, biaya akomodasi tersebut juga akan langsung ditransfer oleh pihak beasiswa ICCR ke kampus dimana kamu belajar. Namun, kamu juga bisa mengajukan untuk tinggal di tempat lain dan tentunya dengan persetujuan dari pihak beasiswa ICCR. Jika disetujui kamu bisa memilih sendiri tempat dimana kamu tinggal. Nantinya, biaya akomodasi akan ditransfer ke rekening kamu. Jika kamu tinggal di kota seperti Delhi, Mumbai, Chennai, dan Bangalore, kamu akan mendapatkan biaya akomodasi Rs 6,500 per bulan, sedangkan di kota selain yang disebutkan barusan, kamu akan mendapatkan biaya Rs 5,500 per bulan.

Baca juga: Penjelasan Persyaratan Beasiswa Fulbright untuk S2 di Amerika

Biaya Hidup Bulanan

Biaya yang diberikan pada beasiswa ini bervariasi disesuai dengan jenjang yang didaftar. Untuk mahasiswa yang mengambil jenjang S1, akan mendapatkan biaya hidup Rs 18,000 per bulan, jenjang S2 akan mendapatkan Rs 20,000, dan jenjang S3 akan mendapatkan Rs 22,000. Biaya hidup bulanan tersebut diberikan dalam mata uang India.

Baca juga: Daftar Website Beasiswa S1 S2 S3 Dalam dan Luar Negeri

Kalau dikonversi dalam bentuk Rupiah dimana 1 Rupee sama dengan 196.70 (bisa berubah), jadi untuk mahasiswa yang mengambil jenjang S1, akan mendapatkan biaya hidup Rs 18,000 x 196.70 = Rp. 3.540.544 per bulan, jenjang S2 akan mendapatkan Rs 20,000 x 196.70 = Rp. 3.935.058, dan jenjang S3 akan mendapatkan Rs 22,000 x 196.70 = Rp 4.328.564.

Baca juga: Beasiswa Indian Council for Cultural Relations (ICCR) untuk S1 S2 S3 di India

Tunjangan Buku

Jumlah Tunjangan Buku yang diterima juga disesuaikan dengan jenjang penerima beasiswa. Untuk S1, jumlah tunjangannya sebesar Rs 5,000, untuk S2 sebesar Rs 7,000 (S2), dan untuk S3 sebesar Rs 12,500. Ingat bahwa tunjangan tersebut bukan tunjangan setiap bulan atau setiap tahun, tapi tunjangan yang diberikan satu kali saja selama masa studi.  

Baca juga: Beasiswa untuk Mahasiswa S1 Seluruh Indonesia

Visa

Terdapat beberapa jenis visa seperti visa kerja, visa liburan, dan visa belajar. Jenis visa tersebut disesuaikan dengan fungsinya. Karena kamu ke India untuk melanjutkan studi, kamu akan menggunakan visa belajar.

Baca juga: Daftar Beasiswa S1 dari berbagai Bank di Indonesia

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu pembiayaan yang ditanggung oleh beasiswa ICCR. Namun demikian, biaya ini hanya bisa dicairkan pada saat kamu sakit saja. Itupun kamu harus menyertakan bill dari klinik atau rumah sakit universitas atau rumah sakit pemerintah. Sebagus apapun rumah sakit yang kamu kunjungi, kalau miliki swasta, kamu tidak bisa menggunakan bill-nya untuk mencairkan asuransi kesehatan.

Baca juga: Daftar Beasiswa untuk Kuliah D3 D4 dan S1 untuk Lulusan SMA sederajat

Tunjangan Dana Penelitian atau Project

Dalam sistem pendidikan di India, jenjang S1 dan S2 tidak diwajibkan untuk membuat skripsi atau tesis, tapi diwajibkan untik membuat project. Jadi, untuk S1 dan S2, tunjangan yang diberikan beruapa tunjangan dana project sebesar Rs 7.000. Sedangkan untuk jenjang S3 dimana wajib membuat tesis atau dimana di Indonesia lebih dikenal dengan istilah desertasi. Jadi, untuk jenjang S3 mendapatkan tunjangan dana penelitian sebesar Rs 10.000.

Baca juga: Daftar Beasiswa S1 S2 S3 ke Malaysia

ICCR Winter and Summer Trips

Ini adalah salah satu fasilitas liburan yang juga diberikan oleh beasiswa ICCR. Penerima beasiswa akan dibawa jalan-jalan dan berwisata ke kota yang sudah ditentukan oleh pihak beasiswa ICCR. Jadi bukan kamu yang menentukan ya. Kamu tidak perlu bingung tentang pembiayaan karena selama trip, hal-hal yang berhubungan dengan konsumsi, akomodasi, dan transportasi akan ditanggung. Namun, kalau kamu mau beli oleh-oleh, kamu harus siapkan uang sendiri ya.

Baca juga: Daftar Beasiswa S1 S2 S3 ke Oxford University Inggris untuk Mahasiswa Indonesia

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.