Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa International Scholarship for Women

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa International Scholarship for Women

Beasiswa International Scholarship for Women atau ISW adalah program beasiswa yang ditujukan kepada para perempuan dari berbagai negara di dunia. Beasiswa ini adalah beasiswa untuk jenjang S1, S2, dan S3 di Amerika. Jika kamu seorang perempuan dan bercita-cita untuk kuliah di Amerika, beasiswa ini wajib untuk kamu pertimbangkan. Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa ini, sebaiknya baca dulu cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa ISW berikut ini: Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Mendaftar di Universitas Tujuan

Salah satu persyaratan beasiswa ISW adalah pendaftarnya sudah harus memiliki LoA dari universitas yang ada di Amerika. Batas akhir pengumpulan LoA adalah hingga 15 April 2021. Namun, pendaftar sebaiknya memulai dengan mendaftarkan diri di universitas atau jurusan tujuannya. Program beasiswa ini hanya tersedia untuk jurusan medis, teknik, serta sains. Jadi, jika kamu ingin mendaftar beasiswa ISW, sebaiknya pilihlah salah satu dari ketiga jurusan tersebut dan mendaftar di universitas tujuanmu.

Pihak beasiswa ISW tidak menetapkan universitas tertentu sebagai universitas mitranya. Artinya, kamu boleh mendaftar di universitas manapun yang ada di Amerika. Pendaftaran di universitas dapat kamu akses melalui website resmi universitas tujuanmu. Kamu akan menemukan persyaratan, persyaratan dokumen, serta deadline pendaftaran di website universitas atau jurusan tujuanmu. Setelah mengetahui persyaratannya, kamu bisa mengirimkan dokumen-dokumen pendaftaranmu baik melalui email ataupun mengirimkannya melalui pos. Selanjutnya, kamu bisa menunggu pengumuman dari pihak universitas. Jika kamu diterima, kamu akan mendapatkan LoA  (Letter of Acceptance).

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Gates Cambridge

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Untuk mendaftar beasiswa ISW, hal utama yang harus kamu persiapkan dengan matang adalah dokumen-dokumen pendaftaran. Karena dokumen-dokumen pendaftaran tersebutlah yang akan dinilai oleh pihak beasiswa untuk menentukan layak atau tidaknya kamu untuk menerima beasiswa. Dokumen-dokumen pendaftaran yang harus kamu persiapkan meliputi sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (bisa diganti dengan surat keterangan yang menyatakan bahwa jenjang pendidikanmu sebelumnya diajarkan dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya).

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa WCO untuk Kuliah S2 di Aoyama Gakuin University Jepang

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan resume atau CV yang melampirkan berbagai kegiatan ekstra-kulikuler atau kegiatan kerelawanan yang pernah diikuti, dua surat rekomendasi (sebaiknya surat rekomendasi diminta dari professor dari institusi pendidikan terakhir), motivation letter yang mencakup alasan pendaftar untuk melanjutkan pendidikan di Amerika dan menjelaskan bagaimana beasiswa ISW akan memberikan dampak positif terhadap rencana pendidikan pendaftar. Khusus untuk pendaftar S2, pendaftar harus menyiapkan study plan dan pendaftar S3 harus menyiapkan proposal riset.

Pastikan semua dokumen-dokumen pendaftaranmu benar-benar kamu kerjakan dengan maksimal. Jangan sampai meminta orang lain untuk mengerjakannya. Namun, kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk memberikan review terhadap dokumen-dokumen pendaftaranmu, terutama untuk essaymu. Jangan ragu untuk meminta pendapat dari beberapa orang seperti guru/dosenmu, keluarga, atau orang-orang yang memang sudah berpengalaman dalam kepenulisan essay beasiswa.

 Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Schwarzman untuk Kuliah S2 di China

Mengisi Formulir Pendaftaran

Formulir pendaftaran dapat kamu download disini. Pada formulir pendaftaran online, kamu hanya perlu melengkapi data diri, informasi kontak, serta kualifikasi pendidikan. Selain itu, kamu juga harus menjawab 5 screening quiz. Screening quiz berfungsi untuk mengetahui kelayakanmu untuk mendaftar. Jika kelima screening quiz tersebut kamu jawab dengan No, maka kamu tidak memenuhi persyaratan untuk mendaftar. Jangan lupa untuk menambahkan tanda tangan serta tanggal pendaftaran di formulir pendaftaranmu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa ESOP dan ETH-D untuk Kuliah S2 di ETH Zurich Swiss

Mengirimkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Setelah mempersiapkan seluruh dokumen-dokumen pendaftaranmu serta mengisi formulir pendaftaran, kamu bisa mengirimkannya. Pengiriman dokumen-dokumen pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan mengirimkannya ke email aid@shebegan.com. Bagi kamu yang sudah mendapatkan LoA, kamu bisa melampirkannya bersama dokumen-dokumen pendaftaranmu yang lain. Jika belum, kamu bisa mengirimkannya secara terpisah maksimal hingga 15 April 2021.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa INPEX di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published.