Mempersiapkan on the spot essay Beasiswa LPDP

Mempersiapkan on the spot essay Beasiswa LPDP

 

Apa on the spot writing essay

Menulis essay dengan alokasi waktu 30 menit dengan memilih salah satu dari dua topik yang disediakan. Tempat menulis essay berupa selembar kertas putih disediakan oleh panitia beasiswa LPDP. Kamu hanya perlu membawa alat tulis seperti bolpen, penghapus (correction pen), dan alas.

Topik

Kamu diminta untuk memilih salah satu dari dua topik yang disediakan. Topik diambil dari isu-isu terhangat yang terjadi di Indonesia saat itu. Topik tidak ada hubungannya dengan jurusan mu. Kamu akan mendapat topik essay secara acak. Jadi kamu mau tidak mau harus membaca semua isu yang sedang hangat di Indonesia. Usahakan baca dari sumber yang terpercaya mengingat saat ini banyak hoax.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Mencari informasi

Kamu sudah paham kan bahwa topiknya itu tentang isu-isu terhangat di Indonesia. Jadi kamu harus banyak membaca dari internet, koran, TV, dan lain-lain. Selain itu, jangan lupa untuk merangkum apa yang sudah kamu baca karena hal tersebut akan membuat mu lebih mudah mengingat dan me-review.

Kondisi ruangan dan suasana ujian

On the spot writing essay akan diawasi oleh dua orang pengawas. Masing-masing peserta duduk pada meja yang sudah disediakan dengan jarak yang sudah diatur. Tempat duduk bebas yang artinya kamu bisa memilih duduk disebela mana. Kamu juga akan diminta untuk mengisi presensi atau daftar hadir.

Baca juga: Daftar Test TOEFL ITP Centre dari sabang sampai merauke

Soal

Soal yang disedikan oleh Beasiswa LPDP sangat bervariasi. Jadi antara hari ini dan besok kemungkinan soal yang keluar tidak akan sama. Satu orang akan mendapatkan dua pertanyaan dan hanya perlu memilih salah satu sebagai topik essay. Soal berbentuk narasi atau deskripsi tentang sebuah permasalahan atau topik denga pertanyaan pada akhir soal tersebut. Kamu harus menyeuaikan essay yang dibuat dengan pertanyaan pada soal. Pertanyaan bisa berupa meminta alasan, argumen, pendapat, saran, dan lain-lain. Waktu yang diberikan kepada peserta total 30 menit. 30 menit tersebut sudah termasuk membaca soal, berfikir, dan menulis essay.

Format essay

Tidak ada format pasti yang diharuskan dalam menulis on the spot essay. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menggunakan format standard penulisan essay. Standard penulisan ini sama dengan format penulisan yang digunakan dalam writing IELST task 2. Secara umum menulis essay terdiri dari introduction, body, dan conclusion. Introduction berisi tentang latar belakang, informasi, gambaran, deskripsi umum tentang topik yang kamu pilih. Introduction ini cukup satu paragraf. Body berisi pendapat ahli, penjabaran, alasan, argumen kamu, contoh dalam kejadian nyata terkait topik. Body dapat lebih dari satu paragarf tergantung pada kebutuhan. Conclusion berarti kesimpulan. Kamu dapat membuat kesimpulan dengan mengambil poin-poin penting dari body.

Baca juga: Belajar TOEFL Menggunakan Aplikasi Android

Perlu diperhatikan

  1. Baca instruksi baik-baik.
  2. Jangan lupa kode soal
  3. Pilih topik yang paling kamu kuasai
  4. Mengingat waktu yang terbatas, perhatikan:
  5. Perhatikan waktu, jangan terlalu lama dalam memilih topik mengingat waktu yang terbatas.
  6. Jangan menulis dengan pensil dengan tujuan akan ditulis ulang dengan bolpoin nantinya.
  7. Bawalah peralatan menulis sendiri. Jangan berfikir untuk meminjam pada saat ujian.

Baca juga: Persiapan wawancara Beasiswa LPDP

Kriteria penilaian

Untuk penilaian essay sebenarnya sama dengan penilaian essay secara umum seperi ide atau gagasan yang ditulis menjawab pertanyaan atau tidak, kesesuaian dengan topik, koheren dan kohesi antara paragraf, penggunaan Bahasa yang formal dan lain-lain.

Berdiskusi

Jika kamu satu group dengan sesama pejuang beasiswa, kamu bisa berinisiatif untuk mengadakan diskusi tentang topik-topik yang mungkin akan menjadi soal on the spot writing essay. Dengan berdiskusi kamu akan mengetahui kekurangan argumen kamu, mendapatkan masukan dan pandangan orang lain yang tentunya akan menjadi tambahan wawasan kamu dalam mengerjakan on the spot writing essay nantinya.

Baca juga: Daftar beasiswa Luar Negeri

Latihan Writing

Sebaik-baiknya latihan adalah yang sesuai dengan jenis ujiannya. Sesuai dengan namanya, on the spot writing essay adalah bentuk ujian menulus. Oleh karena itu, kamu harus berlatih menuangkan topik dalam bentuk tulisan. Pastikan kamu memiliki list topik isu-isu terhangat yang bisa kamu dapatkan dari portal berita, group persiapan beasiswa dan lain-lain. Pastikan kamu juga sudah paham struktur penulisan yang baik. Jika semua itu sudah terpenuhi, saatnya praktek. Kamu bisa menulis satu hari satu topik. Jangan sampai melewatkan satu haripun tanpa latihan. Selain itu, berlatihlah menulis dengan batas waktu yang sama dengan yang disediakan dalam on the spot writing essay. Hal ini akan membuat kamu terbiasa dan tidak kaku saat tes yang sebenarnya. Selain itu, berlatih dengan menulis ini membantu kamu untuk memilih kata-kata yang tepat, menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

Proofreading

Mintalah teman kamu atau pejuang beasiswa yang lain untuk saling membaca essay masing-masing dan saling memberikan masukan. Ini penting untuk dilakukan demi perbaikan tulisan kamu saat benar-benar dalam on the spot writing essay.

Baca juga: Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi untuk S1, S2, S3

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.