Rekrutmen Pramugara Pramugari Lion Air Maret 2020

Rekrutmen Pramugara Pramugari Lion Air Maret 2020

Lion Air Group merupakan salah satu maskapai penerbangan di Indonesia. Lion Air Group didirikan pada Oktober tahun 1999 dan mulai beroperasi pada Juni tahun 2000. Lion Air Group merupakan salah satu maskapai penerbangan dengan biaya penerbangan yang cukup terjangkau. Sejak tahun operasionalnya, Lion Air Group terus melakukan perluasan armada penerbangan. Saat ini, Lion Air Group telah memiliki anak perusahaan yaitu Wings Air dan Batik Air. Setiap tahunnya, Lion Air Group aktif dalam merekrut flight attendant baik pramugara maupun pramugari, staf teknik, serta staf operasional. Untuk periode Maret 2020, Lion Air Group kembali melakukan perekrutan untuk flight attendant baik flight attendant initial (baru) maupun flight attendant experience (berpengalaman). Untuk info career lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Manfaat:

  1. Gaji bulanan yang sesuai dengan posisi dan peraturan di Lion Air Group
  2. Asuransi jiwa
  3. Asuransi kesehatan
  4. Bonus penerbangan
  5. Akomodasi

Baca juga: Penerimaan Pegawai Tidak Tetap untuk Lulusan minimal SMP/sederajat, D3 dan S2 oleh PKN STAN

Posisi:

  1. Pramugara (baik initial ataupun experience)
  2. Pramugari (baik initial ataupun experience)

Baca juga: Program Pertukaran Pemuda Antar Negara & Kapal Pemuda Nusantara Sumsel

Persyaratan:

  1. Pendaftar merupakan warga negara Indonesia
  2. Pria atau wanita yang berpenampilan menarik
  3. Pendidikan terakhir pendaftar minimal SMA atau SMK untuk semua jurusan
  4. Pendaftar berusia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun (bagi pendaftar initial atau fresh graduate)
  5. Pendaftar berusia maksimal 35 tahun (bagi pendaftar experience atau yang sudah berpengalaman sebagai pramugara atau pramugari)
  6. Pendaftar pria memiliki tinggi badan minimal 170 cm
  7. Pendaftar wanita memiliki tinggi badan minimal 158 cm
  8. Pendaftar memiliki kelakuan atau sifat yang baik baik
  9. Pendaftar mampu bersikap ramah dan energik
  10. Pendaftar tidak menggunakan kaca mata atau buta warna
  11. Pendaftar bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah operasional Lion Air Grup

Baca juga: Beasiswa CIMB ASEAN untuk Mahasiswa S1 Dalam Negeri Seluruh Indonesia

Persyaratan Dokumen:

  1. Surat lamaran dengan melampirkan email aktif dan nomor HP aktif
  2. Riwayat hidup atau CV
  3. Foto setengah badan dengan ukuran 4 x 6 cm
  4. Foto full body atau foto seluruh tubuh dengan ukuran 4R
  5. Fotocopy ijazah terakhir dan transkrip nilai
  6. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) diri dan KTP orang tua
  7. Fotocopy Kartu Keluarga atau KK
  8. Fotocopy Akta Kelahiran
  9. Surat keterangan belum menikah dari RT/RW setempat
  10. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter
  11. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  12. Surat pernyataan izin dari orang tua dengan tanda tangan bermaterai
  13. Surat pernyataan bersedia untuk menjadi pramugari atau pramugara dengan tanda tangan  bermaterai

Baca juga: 5 Perguruan Tinggi Kedinasan Terbaik untuk Lulusan SMA SMK MA

Prosedur Pendaftaran:

  1. Sistem pendaftaran rekrutmen pramugara dan pramugari Lion Air Grup menggunakan sistem Walk in Interview yang artinya pendaftar mendatangi langsung lokasi seleksi.
  2. Membawa semua dokumen-dokumen pendaftaran
  3. Menggunakan kemeja lengan panjang, dasi, celana kain hitam, sepatu hitam pantofel (bagi pendaftar pramugara)
  4. Menggunakan kemeja lengan pendek, rok hitam selutut, sepatu hitam pantofel dengan tinggi minimal 7 cm, serta menggunakan make up natural (bagi pendaftar pramugari)
  5. Membawa fotocopy Flight Attendance Certificate (FAC), fotocopy paklaring (surat pernyataan atau keterangan pernah menjadi pramugara atau pramugari) dari maskapai sebelumnya, dan fotocopy medical check-up (bagi pendaftar pramugara atau pramugari experience)

Baca juga: 10 Jurusan yang Menjanjikan Gaji Besar

Tahapan Seleksi:

  1. Registrasi atau pemeriksaan dokumen. Pada tahapan ini pegawai dari Lion Air Group atau recruiter akan memeriksa dokumen-dokumen pendaftaran. Pendaftar akan mendapatkan nomor antrian setelah melakukan registrasi. Nomor antrian tersebut merupakan urutan dalam rangkaian seleksi yang harus dilalui. Sebaiknya, pendaftar datang lebih awal untuk mendapatkan nomor antrian yang lebih awal.
  2. Pengecekan tinggi dan berat badan. Pendaftar akan diukur tinggi dan berat badannya. Kriteria kelolosan dalam tahapan ini menggunakan Body Mass index (BMI) yang ideal. Jika dinyatakan lolos, pendaftar akan melanjutkan untuk tahapan selanjutnya. Jika tidak mencapai BMI yang ideal, pendaftar akan diinformasikan dengan sopan bahwa tidak memenuhi kualifikasi dan boleh mendaftar untuk periode selanjutnya.
  3. Tes Performance merupakan salah satu jenis tes untuk mengetahui bagaimana kondisi fisik pendaftar. Pendaftar akan dinilai cara berjalan, cara tersenyum, kebersihan kulit, kuku, gigi, pundak, dan anggota tubuh lainnya. Tak hanya itu, pendaftar juga akan dicek bekas luka, tato, dan tanda lahir.
  4. Wawancara merupakan tahapan seleksi yang bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan motivasi pendaftar lebih dalam. Pada tahapan ini pendaftar akan mendapatkan beberapa pertanyaan sederhana seperti latar belakang pendidikan, aktifitas-aktiftas keseharian, serta motivasi ingin menjadi flight attendant. Pendaftar juga akan mendapatkan berbagai pertanyaan mengenai pengetahuan dasar tentang penerbangan. Perbedaan zona waktu di Indonesia, alat-alat keamanan yang ada dalam pesawat, dan nama-nama bandara biasanya ditanyakan dalam proses wawancara. Pendaftar juga akan ditanya tentang apa itu safety, security, dan service. Bagaimana pandangan atau opini pendaftar tentang kecelakaan-kecelakaan dalam penerbangan. Untuk mendapatkan poin plus, pendaftar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Namun, hal-hal yang harus diperhatikan adalah jangan memberikan jawaban yang justru terlalu banyak melahirkan pertanyaan baru. Hal ini justru akan menjadi bumerang bagi pendaftar. Jadi, pastikan untuk menjawab pertanyaan dengan to the point. Selama proses wawancara pastikan untuk tetap tersenyum, tenang, santai, tetap sopan, dan jangan mendominasi pewawancara.
  5. Psikotes merupakan tes untuk mengetahui kepribadian atau karakter pendaftar. Pada tahapan ini, pendaftar akan diberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui bagaimana karakternya. Selain itu, pendaftar juga akan diuji tingkat kefokusannya. Sebagai contoh, pendaftar diminta untuk menggambar suatu objek dan menghitung mundur pada waktu yang bersamaan. Untuk mengatasi hal-hal seperti ini, pendaftar bisa mencoba atau melakukan simulasi sendiri untuk meningkatkan kualitas kefokusan.
  6. Tes kemampuan Bahasa Inggris. Tahapan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris pendaftar. Pada tahapan ini, pendaftar akan mendapatkan materi-materi grammar. Selain materi-materi grammar, beberapa pertanyaan dalam tes Bahasa Inggris merupakan pertanyaan-pertanyaan mengenai penerbangan dan hal-hal yang meliputi pekerjaan sebagai pramugara atau pramugari.
  7. Pantauan Akhir. Pada tahapan ini, pendaftar akan dihadapkan kepada para dewan direksi atau para pimpinan Lion Air Group. Tahapan ini seperti namanya hanya berupa pantauan akhir, dimana pendaftar akan dikonfirmasi tentang data-data dirinya. Pendaftar juga akan dikonfirmasi apakah memiliki bekas luka atau tidak. Salah satu tips untuk tahapan ini adalah tetap tersenyum selayaknya senyum para pramugara atau pramugari kepada para penumpang.
  8. Medical Check-Up. Tahapan ini merupakan tahapan akhir dalam rangkaian seleksi penerimaan flight attendant baik pramugara maupun pramugari di Lion Air Group. Untuk tahapan ini, pendaftar harus mengeluarkan biaya kurang lebih 2 juta untuk medical check-up. Medical check-up bertujuan untuk mengetahui secara rinci dan akurat kondisi kesehatan pendaftar. Pemeriksaan yang dilakukan merupakan pemeriksaan lengkap sehingga kondisi kesehatan pendaftar benar-benar dapat dipastikan. Jika dinyatakan lolos pada tahapan medical check-up, pendaftar akan diminta untuk menandatangani kontrak dengan Lion Air Group.

Baca juga: 10 Jurusan yang Paling Dicari Perusahaan

Lokasi Walk in Interview:

  1. STP NHI Bandung, Jl. Dr. Setiabudi No. 186 Hegarmanah, Cidadadp, Bandung, Jawa Barat 40141. Pada hari Rabu tanggal 11 Maret 2020 pada jam 09:00 WIB (bagi pendaftar pramugara). Sedangkan bagi pendaftar pramugari yaitu pada hari Kamis tanggal 12 Maret 2020 pada jam 09:00 WIB.
  2. Lion Air Tower, Jl. Gajah Mada No. 7 Harmoni, Jakarta Pusat, Jakarta 10130. Pada hari Selasa tanggal 17 Maret 2020 dan hari Selasa tanggal 31 Maret 2020 pada jam 09:00 WIB (bagi pendaftar pramugari).
  3. Lion Simulator Halim, Jl. Trikora No. 1 Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Jakarta 13610. Pada hari Senin tanggal 23 Maret 2020 pada jam 09:00 WIB (bagi pendaftar pramugari).
  4. Lion Operation Center, Jl. Marsekal Surya Dharma No. 44 Selepajang Jaya, Neglasari, Tangerang, Banten 15127. Pada hari Selasa tanggal 10, hari Selasa tanggal 17, hari Selasa tanggal 24, dan hari Selasa tanggal 31 Maret 2020 pada jam 09:00 WIB.

Baca juga: 5 Jurusan dengan Peluang Kerja 100%

Pendaftaran:

  1. Deadline 10 Maret 2020, 17 Maret 2020, 24 Maret 2020, dan 31 Maret 2020  (Di Lion Operation Center, Tangerang)
  2. Deadline 11 Maret 2020 dan 12 Maret 2020 (Di STP NHI Bandung)
  3. Deadline 17 Maret 2020 dan 31 Maret 2020 (Di Lion Air Tower, Jakarta Pusat)
  4. Deadline 23 Maret 2020 (Di Lion Simulator Halim, Jakarta Timur)

Baca juga: 10 Jurusan Dengan Peluang Kerja yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Official Account:

Official Website: http://recruitment.lionair.co.id/
Instagram: Recruitment Lion Air Group
Email: admin.recruitment@lionair.co.id
CP: +628119403089
Untuk info lebih lanjut dan pendaftaran, click di bawah ini
Official Info || Pendaftaran

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.