Daftar Beasiswa ke Jepang Tanpa LoA

Daftar Beasiswa ke Jepang Tanpa LoA 

Pejuang beasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah LoA. Latter of Acceptance atau LoA menjadi salah satu persyaratan wajib dari beberapa beasiswa luar negeri. Tentu saja mendapatkan LoA tidaklah mudah. Nah, untungnya ada beberapa beasiswa yang tidak menyertakan LoA sebagai syarat pendaftaran. Artikel berikut membahas beberapa program beasiswa ke Jepang yang tidak mengharuskan LoA sebagai persyaratan. Untuk kamu yang bermimpi kuliah di Jepang, silakan simak artikel daftar program beasiswa ke Jepang yang tidak memerlukan LoA. Untuk info beasiswa lain, silakan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Program Japanese Studies 

Program pertama yang ada di list adalah program beasiswa Japanese Studies. Program ini diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT). Sasarannya adalah mahasiswa mahasiswa S1/D4 jurusan Sastra atau Pendidikan Bahasa Jepang. Tujuan program beasiswa ini adalah memfasilitasi mahasiswa untuk belajar di universitas Jepang selama 1 tahun. Harapannya, kandidat dapat memperdalam pemahaman mengenai bahasa dan kebudayaan Jepang. Program ini memang tidak mengharuskan LoA. Namun, kamu masih harus mempersiapkan persyaratan lain, di antaranya: harus menguasai bahasa Jepang dan memiliki rekomendasi dari perguruan tinggi asal. Nah, jika kamu berminat, silakan membaca info lengkapnya disini.

Baca juga: Rekomendasi Beasiswa S2 Luar Negeri untuk Calon Mahasiswa Baru 2022

Program Sarjana GAKUBU 

GAKUBU adalah program kuliah S1 di Jepang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT). Kandidat yang dicari adalah pelajar lulusan SMA, SMK, atau sederajat yang ingin melanjutkan studi jejang S1 di Jepang. Nah, jika diterima, kamu harus menjalani kelas persiapan selama 1 tahun terlebih dahulu. Sebab itu, kamu akan menjalani masa belajar selama 5 tahun. Beasiswa ini memang tidak mengharuskan LoA. Namun, kamu harus memiliki nilai rata-rata sebesar 84 untuk bisa menjadi calon kandidat beasiswa. Jika kamu penasaran dengan infonya, silakan baca disini.

Baca juga: Rekomendasi Beasiswa Program Volunteer Dalam Negeri untuk Umum

Program Specialized Training College (Senshu) 

Program satu ini ditujukan untuk kamu, siswa lulusan SMA atau SMK yang ingin terjun langsung mempelajari keahlian khusus di beragam industri yang sedang berkembang. Program pendidikan keahlian khusus ini akan berlangsung selama 2 tahun. Namun, kamu harus menjalani kelas persiapan bahasa Jepang selama 1 tahun terlebih dahulu. Dengan kata lain, program Senshu berlangsung selama 3 tahun. Selain itu, jika berminat, kamu dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Saat mengikuti jenjang S1, kamu akan langsung menjadi mahasiswa tahun ketiga. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk mengulang program dari awal. Walaupun tidak memerlukan LoA, kamu tetap harus mempersiapkan persyaratan lain. Salah satunya adalah rapor dengan nilai rata-rata 80 di mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Info lebih lanjutnya, silakan dibaca disini.

Baca juga: Rekomendasi Beasiswa untuk Kuliah di Jepang yang Sedang Membuka Pendaftaran

Program Teacher Training  

Program Teacher Training cukup rutin diadakan. Program ini memang khusus untuk guru sekolah formal baik di swasta, negeri, maupun honorer. Pelaksanaan program ini adalah selama 1 tahun 6 bulan. Selama program tersebut, kandidat akan mendapat pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang efektif, serta hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Untuk bisa mendaftar, kamu harus sudah memiliki pengalaman mengajar minimal selama 5 tahun. Program ini tersedia untuk hampir seluruh mata pelajaran, kecuali PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan. Batas usia pendaftar adalah 34 tahun. Jika kamu berminat, silakan baca infonya lebih lanjut disini.

Baca juga: Daftar Beasiswa untuk Mahasiswa Ongoing D3 D4 dan S1 Dalam Negeri yang Sedang Membuka Pendaftaran

Leave a Reply

Your email address will not be published.