8 Rekomendasi Universitas Milik BUMN dan Beasiswanya

8 Rekomendasi Universitas Milik BUMN dan Beasiswanya

Apakah kamu tertarik untuk bekerja di Perusahaan BUMN? Jika iya, lebih baik setelah lulus dari SMA kamu mempertimbangkan untuk melanjutkan studimu di Universitas-universitas milik BUMN. Karena jika kamu berhasil menjadi mahasiswa di Universitas BUMN dan menjadi mahasiswa aktif dan berprestasi maka secara otomatis peluangmu untuk masuk dan bekerja di perusahaan BUMN impianmu juga akan lebih besar. Apakah kamu sudah mengetahui Universitas apa saja yang dinaungi oleh Perusahaan BUMN di Indonesia? Jika belum, disini Scholars telah merangkum beberapa universitas milik BUMN beserta beasiswanya. Jadi baca artikelnya sampai selesai ya. Untuk info edu lainnya, click disini

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Universitas Pertamina (UP)

Universitas Pertamina adalah sebuah universitas yang berdiri pada tahun 2016, yang berlokasi di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Universitas yang pengelolahanya berada di bawah naungan Perusahaan besar milik BUMN yaitu Pertamina Foundation ini di resmikan pada tanggal 11 Februari 2016. Selain itu, Universitas Pertamina didirikan sebagai universitas berbasis industri dan berorientasi global. Untuk mendukung hal tersebut, Universitas Pertamina menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi lain, perusahaan, dan asosiasi profesional yang terkait dengan energi, serta sejumlah pemerintah daerah yang memberi perhatian khusus terhadap permasalahan energi.

Universitas ini direncanakan memiliki enam fakultas dengan 15 program studi untuk program sarjana (S1). Program studi tersebut adalah: Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Teknik Geologi, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Logistik, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Ilmu Komputer, Ilmu Kimia, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Ekonomi, dan Manajemen. Dari BAN PT sendiri, Universitas Pertamina telah mendapatkan akreditasi A. Ada beberapa beasiswa yang dapat kamu apply jika kamu berminat untuk masuk Universitas ini, beasiswa tersebut adalah: Beasiswa Aperti BUMN, Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina, dan Beasiswa Prestasi Universitas Pertamina dan banyak lagi beasiswa yang dapat kamu apply yang diberikan dari luar universitas.

Baca juga: Beasiswa Penuh S2 untuk Kuliah di Universitas Pertahanan (Unhan)

Telkom University (TEL-U)

Universitas Telkom, atau disingkat Tel-U, adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus utama Tel-U terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Telkom University merupakan penggabungan dari empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Universitas swasta terbaik di Indonesia ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

Saat ini, Telkom University memilki 27 program studi bagi mahasiswanya. Semua program studi tersebut dikelola oleh 7 fakultas yang dimiliki oleh Telkom University. Fakultas tersebut diantara lain: Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisinis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, Fakultas Rekayasa Industri, dan Fakultas Ilmu Terapan. Ada beberapa beasiswa yang dapat kamu apply jika kamu berminat untuk masuk Universitas ini, beasiswa tersebut adalah: Beasiswa Aperti BUMN, Beasiswa Telkom University untuk jenjang D3, D4 dan S1, Program Beasiswa Pascasarjana dan banyak lagi beasiswa yang dapat kamu apply yang diberikan dari luar universitas.

Baca juga: 8 Rekomendasi Beasiswa dari Kementerian Indonesia untuk Kuliah S1 S2 S3

Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN)

Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN) adalah suatu perguruan tinggi di Indonesia yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT. PLN (Persero), dan didirikan sebagai upaya memenuhi tuntutan akan tenaga-tenaga ahli yang terdidik, terampil dan profesional di bidang ketenagalistrikan.

STT-PLN sendiri memiliki 4 program studi S1, 1 program studi S2 dan 2 program studi D3 yaitu: Program Sarjana (S-1) terdapat program studi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Informatika. Program Magister (S-2) terdapat progran studi Teknik Elektro. Program Diploma Tiga (D-3) terdapat program studi Teknik Elektro, Teknik Mesin. STT PLN sendiri adalah perguruan tinggi swasta dan telah mendapatkan akreditasi B oleh BAN PT. Ada beberapa beasiswa yang dapat kamu apply jika kamu berminat untuk masuk Universitas ini, beasiswa tersebut adalah: Beasiswa Aperti BUMN, Beasiswa PPA, Beasiswa BPP Pokok 1 Semester dan banyak lagi beasiswa yang dapat kamu apply yang diberikan dari luar universitas.

Baca juga: Beasiswa Tahir untuk Kuliah S1 ke Singapura di Singapore Management University (SMU)

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)

Universitas International Semen Indonesia (UISI) merupakan salah satu institusi pendidikan berjenang S1 (Sarjana) yang berkomitmen menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi. Pendirian UISI diharapkan mampu memberikan inovasi yang mendukung perkembangan bangsa dan negara juga khususnya bagi PT Semen Indonesia. UISI mengkhususkan kurikulumnya pada inovasi dan keselamatan kesehatan kerja.

UISI sendiri memiliki tiga Fakultas dengan 10 program studi. Pertama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memiliki tiga prodi yakni Manajemen, Akuntansi serta Ekonomi Syariah. Kedua, Fakultas Teknologi Industri dan Agribisnis yang memiliki empat program studi yaitu Teknik Kimia, Teknik Logistik, Manajemen Rekayasa serta Teknologi Industri Pertanian. Ketiga, Fakultas Teknologi Informasi dan Desain Kreatif memiliki tiga program studi yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi serta Desain Komunikasi Visual. Ada beberapa beasiswa yang dapat kamu apply jika kamu berminat untuk masuk Universitas ini, beasiswa tersebut adalah: Beasiswa Aperti BUMN, Beasiswa Unggulan UISI, Beasiswa BAZNAS dan banyak lagi beasiswa yang dapat kamu apply yang diberikan dari luar universitas.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa DataPrint

Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG)

STIMLOG atau Sekolah Tinggi Manejemen Logistik diresmikan pada tanggal 22 Juli 2013, didirikan dalam gedung yang sama dengan Politeknik Pos Indonesia yang keduanya berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bakti Pos Indonesia (YPBPI). STIMLOG membantu Indonesia untuk meningkatkan Indeks Logistik Indonesia dari Sumber Daya Manusia dengan perhatian dalam Transportasi, Logistik, dan Manajemen Rantai Pasokan.

Para lulusan STIMLOG nantinya juga memiliki keuntungan tersendiri, yaitu mendapatkan berbagai sertifikat yang akan menarik perusahaan untuk merekrut. STIMLOG sendiri memiliki 2 program studi yaitu: Manajemen Transportasi dan Manajemen Logistik. Kedua program studi ini akan menghasilkan gelar S.Log Pertama di Indonesia. Perguruan tinggi ini telah mendapatkan akreditasi B oleh BAN PT. Ada beberapa beasiswa yang dapat kamu apply jika kamu berminat untuk masuk Universitas ini, beasiswa tersebut adalah: Beasiswa Aperti BUMN, Beasiswa Penuh Poltekpos STIMLOG, Beasiswa PPA, dan banyak lagi beasiswa yang dapat kamu apply yang diberikan dari luar universitas.

Baca juga: Beasiswa INCEIF President untuk Kuliah S2 di Malaysia

Politeknik POS (Poltek POS)

Politeknik Pos Indonesia adalah perguruan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), yang bernaung secara langsung di bawah pengawasan PT. Pos Indonesia (Persero). Saat ini, Poltekpos memiliki lima program studi Diploma III yaitu, Logistik Bisnis, Manajemen Pemasaran, Akuntansi, Teknik Informatika, Manajemen informatika, dan empat pragram studi Diploma IV yaitu, Logistik Bisnis, Teknik Informatika, Manajeman Bisnis, dan Akuntansi.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasional dengan program Diploma III dan Diploma IV, Politeknik Pos Indonesia mempersiapkan lulusannya untuk dapat langsung berperan dalam tugas-tugas operasional di industri. Selain itu, Politeknik Pos ini sendiri telah mendapatkan akreditasi B dari BAN PT. Ada beberapa beasiswa yang dapat kamu apply jika kamu berminat untuk masuk Universitas ini, beasiswa tersebut adalah: Beasiswa Aperti BUMN, Beasiswa Penuh Poltekpos STIMLOG, dan banyak lagi beasiswa yang dapat kamu apply yang diberikan dari luar universitas.

Baca juga: Beasiswa untuk Kuliah D3, D4 dan S1 di Universitas Telkom untuk Lulusan SMA

BRI Institute

Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia atau BRI Institute adalah lembaga perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jl.  RM.  Harsono No.2, Ragunan, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan. Perguruan tinggi ini didirikan pada tanggal 14 November 2018. BRI Institute diharapkan menghasilkan lulusan yang unggul dan siap pakai dalam bisnis industri keuangan yang dibudidayakan dan dikendalikan oleh Grup BRI, antara lain terkait dengan keuangan mikro, asuransi, syariah, perbankan digital dan kewirausahaan.  Nantinya lulusan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan internal Grup BRI dan diserap oleh industri keuangan di Indonesia.

BRI Institute mempunyai 6 (Enam) Program Studi yang terdiri dari 5 Prodi Berbasis Teknologi dan 1 Prodi Bisnis yaitu, Micro Finance , Perbankan Digital, Teknologi Perbankan Syariah, Teknologi Asuransi, Teknologi Bisnis dan Perbankan Digital, dan Technopreneur. Ada beberapa beasiswa yang dapat kamu apply jika kamu berminat untuk masuk Universitas ini, beasiswa tersebut adalah: Beasiswa BRI Institute, Beasiswa Bank BRI dan banyak lagi beasiswa yang dapat kamu apply yang diberikan dari luar universitas.

Baca juga: Beasiswa Djarum Plus Untuk Mahasiswa S1 dan D4 Dalam Negeri

ITT Surabaya

Institut Teknologi Telkom Surabaya atau biasa disingkat dengan IT Telkom Surabaya (ITTS) berdiri pada tahun 2018 sebagai respon terhadap tuntutan kebutuhan tenaga profesional yang siap pakai di bidang maritim, logistik dan transportasi berbasis ICT di tiga bidang tersebut. Pada tahun pertamanya, ITTS membuka tujuh program studi jenjang sarjana yang tergabung dalam dua fakultas, yaitu, Program Studi Sarjana Rekayasa Perangkat Lunak, Sarjana Sistem Informasi, Sarjana Teknik Industri, dan Sarjana Teknologi Informasi yang tergabung dalam Fakultas Teknologi Informasi dan Industri; serta Sarjana Teknik Komputer, Sarjana Teknik Elektro dan Sarjana Teknik Telekomunikasi pada Fakultas Teknik Elektro.

Ada beberapa beasiswa yang dapat kamu apply jika kamu berminat untuk masuk Universitas ini, beasiswa tersebut adalah: Beasiswa Aperti BUMN, Beasiswa Prestasi Saintek, Beasiswa Prestasi Olahraga dan Seni, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Prestasi Akademik, Beasiswa Warga Sekitar, Beasiswa OPES-YPT dan banyak lagi beasiswa yang dapat kamu apply yang diberikan dari luar universitas.

Baca juga: Beasiswa Penuh Kementrian Perindustrian Indonesia untuk Kuliah D2

Leave a Reply

Your email address will not be published.