Daftar Beasiswa ke Jepang yang Sedang Dibuka tahun 2020

Daftar Beasiswa ke Jepang yang Sedang Dibuka tahun 2020

Ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi di luar negeri khususnya di Jepang? Kali ini Scholars telah merangkum beberapa beasiswa untuk kuliah di Jepang yang dapat kamu coba. Beberapa diantaranya sedang membuka pendaftaran loh. Jadi tunggu apa lagi, yuk baca artikelnya sampai selesai. Untuk info beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Beasiswa Ajinomoto

Ajinomoto Foundation sedang membuka beasiswa untuk kamu yang ingin melanjutkan studi S2 mu di Jepang nih. Ada 7 universitas besar yang dapat kamu pilih sebagai tempat studi dengan beasiswa ini. Universitas tersebut yaitu, The University of Tokyo, Kyoto University, Nagoya University, Tokyo Institute of Techonology, Ochanomizu University, Waseda University, Kagawa Nutrition University

Beasiswa Ajinomoto ini adalah beasiswa full atau beasiswa penuh. Jadi kebutuhan untuk hidup dan pendidikanmu saat di Jepang nanti akan sepenuhnya ditanggung oleh Ajinomoto Foundation. Cakupan beasiswa ini antara lain, tunjangan bulanan sebesar 150.000 Yen atau sekitar Rp 19,4 juta per bulan bagi mahasiswa yang mengambil program riset maksimum 1 tahun, dan 180.000 Yen atau sekitar Rp 23,2 juta per bulan untuk mahasiswa yang mengambil program kuliah master 2 tahun. Selain itu biaya kuliah termasuk untuk biaya pendaftaran dan ujian, serta tiket PP kelas ekonomi Indonesia Jepang juga akan ditanggung loh.

Persyaratan beasiswa Ajinomoto ini diantara lain kamu harus sudah lulus atau bakal lulus dengan catatan nilai akademik yang bagus dan harus memiliki surat rekomendasi dari rektor atau dosen pembimbing di universitasmu, memiliki  IPK 3.5 atau lebih di universitas asal, memiliki latar belakang di bidang nutrisi dan ilmu makanan, berusia di bawah 35 tahun pada 1 April 2020. Untuk info selengkapnya kamu bisa click disini.

Baca juga: Beasiswa Ajinomoto untuk Kuliah S2 di Jepang

Beasiswa Pemerintah Prefektur Aichi

Jepang memiliki banyak beasiswa-beasiswa yang dapat kamu apply, salah satunya adalah beasiswa Aichi ini. Pemerintah Prefektur Aichi saat ini sedang membuka pendaftaran untuk Program Beasiswa ini loh. Memanfaatkan uang beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, siswa dari Asia akan mendaftar dan melanjutkan studi di Universitas Pascasarjana setelah periode penelitian enam bulan untuk mempelajari bidang khusus dan mata kuliah yang mendukung industri manufaktur Aichi.  Setelah menyelesaikan program studi kamu di Aichi, Jepang, kamu akan sangat diharapkan untuk mencari pekerjaan di Aichi juga.

Cakupan beasiswa yang akan diberikan kepada penerima beasiswa diantara lain adalah, tunjangan hidup sebesar 150.000 yen/bulan, tiket pesawat Indonesia ke Jepang, biaya tes masuk dan kuliah di Jepang. Beasiswa ini akan diberikan selama 2 tahun 6 bulan dengan rincian 6 bulan sebagai Research Student dan 2 tahun sebagai Master’s Course Student.

Selain itu beasiswa ini juga akan dilaksanakan pada universitas yang terletak di provinsi Aichi, Seperti, Toyohashi University of Technology, Nagoya University, Aichi University, Chukyo University dan banyak lagi universitas yang dapat kamu pilih, selama univeristas tersebut berada di provinsi Aichi. Untuk list selengkapnya click disini. Untuk info selengkapnya kamu bisa click disini.

Baca juga: Beasiswa Pemerintah Prefektur Aichi Untuk Kuliah S2 di Jepang

Beasiswa Mitsui Bussan

Untuk kamu yang ingin melanjutkan studi S1 di negeri Sakura, beasiswa ini mungkin cocok untukmu. Mitsui-Bussan Scholarship Program for Indonesia adalah program beasiswa penuh yang kini kembali dibuka untuk mahasiswa di Indonesia. Beasiswa ini memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA jurusan IPA maupun IPS untuk mengambil gelar S1 di universitas-universitas ternama di Jepang. Kuliah S1 dengan beasiswa ini akan berlangsung selama 5,5 tahun terhitung mulai Oktober 2020 hingga Maret 2026. Karena kamu harus mengikuti kursus bahasa jepang selama kurang lebih 1,5 tahun, dan 4 tahun untuk kuliah S1 pada umumnya di universitas Jepang.

Untuk persyaratan beasiswa ini diantara lain kamu harus berusia kurang dari 20 tahun pada 1 April 2020, berstatus lajang dan tidak diperbolehkan untuk menikah selama studi berlangsung, memiliki nilai paling rendah 80, berkeinginan belajar bahasa Jepang dan menerima pendidikan di universitas Jepang dalam bahasa Jepang dan pastinya kamu harus sehat.

Pembiayaan yang akan didapat penerima beasiswa Mitsui-Bussan ini diantara lain pembiayaan penuh untuk studi, tunjangan hidup bulanan sebesar 145.000 Yen, biaya transportasi untuk tiket pesawat Jakarta-Jepang pp, tunjangan kedatangan sebesar 50.000 Yen, biaya kuliah dan kursus bahasa di Jepang, tempat tinggal, makan, transportasi lokal, serta biaya lain yang diperlukan. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan keperluan hidupmu selama studi di Jepang dan kamu hanya perlu untuk fokus pada studimu. Untuk info selengkapnya kamu bisa click disini.

Baca juga: Beasiswa Mitsui-Bussan untuk Kuliah S1 di Jepang

Beasiswa MEXT

Kamu pasti sudah familiar dengan beasiswa penuh kuliah di Jepang yang satu ini, beasiswa Monbukagakusho tidak pernah absen untuk memberikan beasiswa tiap tahunnya untuk pelajar Indonesia dengan Program Beasiswa S1 (Gakubu). Perlu kamu ketahui bahwa sebelum memulai masa perkuliahan penerima beasiswa harus mengikuti sekolah persiapan selama satu tahun terlebih dahulu. Jadi total masa studi kamu akan menjadi 5 tahun dengan rincian 1 tahun Sekolah Persiapan + 4 tahun Masa Kuliah S1 dan untuk kamu yang memilih bidang studi Kedokteran, total masa studi kamu menjadi 7 tahun.

Cakupan pembiayaan beasiswa ini meliputi, biaya perkuliahan penuh hal ini termasuk biaya sekolah persiapan, tunjangan hidup kurang lebih ¥117.000/bulan atau Rp 15juta, pengurusan visa gratis, tiket pesawat PP Indonesia – Jepang dan yang terakhir beasiswa ini tidak bersifat ikatan dinas. Jadi setelah kamu menyelesaikan studi di Jepang dengan beasiswa ini kamu dapat kembali ke Indonesia.

Untuk persyaratannya sendiri kamu harus merupakan lulusan SMA/SMK/Sederajat yang berusia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun saat mendaftar dan memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional murni tanpa bahasa Indonesia minimal 84. Untuk info selengkapnya kamu bisa click disini.

Baca juga: Beasiswa Monbukagakusho MEXT Untuk Kuliah S1 di Jepang

Beasiswa Programe Japanese Studies

Untuk kamu mahasiswa S1 yang sedang kuliah di jurusan sastra maupun pendidikan bahasa jepang dan sedang mencari beasiswa, mungkin beasiswa ini cocok untukmu. Beasiswa Program Japanese Studies 2020 adalah beasiswa yang termasuk dalam beasiswa MEXT yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa S1 yang mengambil jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang di seluruh dunia untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang mereka. Selain itu, mereka juga bisa mempelajari budaya Jepang. Program ini akan berlangsung selama 1 tahun dimulai September atau Oktober 2020 hingga September atau Oktober 2021. Menariknya lagi kamu akan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan program.

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa ini diantara lain kamu adalah mahasiswa aktif minimal semester 3 pada jenjang S1 atau D4 jurusan sastra/pendidikan/budaya/bahasa Jepang, memiliki kempampuan bahasa Jepang yang baik, berusia maksimal 29 tahun saat mendaftar, sehat jasmani dan rohani, memiliki surat rekomendasi dari universitas saat ini, belum akan mengikuti sidang skripsi selama proses seleksi berlangsung maupun saat sudah ditetapkan sebagai penerima beasiswa.

Untuk pembiayaan beasiswa ini menyediakan beragam fasilitas atau bisa dibilang lengkap, yaitu tiket pesawat pp Indonesia – Jepang, biaya kuliah penuh, bebas biaya pembuatan visa pelajar, tunjangan hidup sebesar ¥ 117.000 per bulan atau kurang lebih Rp 13 juta yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studimu di Jepang, dan tentunya kamu akan disediakan asrama/tempat tinggal.

Baca juga: Beasiswa MEXT Untuk Kuliah S1 S2 S3 di Ritsumeikan Asia Pasific University Jepang

Beasiswa Joint Japan World Bank Graduate Scholarship Program

Beasiswa untuk studi S2 yang ditawarkan penuh oleh JJ/WBGSP ini sangat menarik dan patut kamu coba karena dengan beasiswa ini kamu tidak hanya bisa kuliah di Jepang tetapi kamu bisa juga memilih negara lain seperti Amerika, Eropa, dan negara-negara di kawasan Asia. Ada cukup banyak pilihan universitas terkemuka yang menjadi mitra JJ/WBGSP yang dapat menjadi tujuan studi kamu. Untuk mengetahui list universitasnya click disini.

Beasiswa JJ/WBGSP sendiri didanai oleh Pemerintah Jepang bersama Bank Dunia yang akan mendanai kebutuhan studi kami selama menempuh jenjang studi S2. Pembiayaan yang didapatkan oleh penerima beasiswa ini diantara lain adalah biaya kuliah penuh, tunjangan hidup bulanan, tunjangan uang buku, tiket pulang pergi, asuransi kesehatan, serta tunjangan perjalanan sebesar $ 500.

Untuk persyaratannya sendiri diantara lain merupakan warganegara dari anggota Bank Dunia, jangan khawatir Indonesia termasuk kok, tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan salah satu negara berkembang, telah lulus jenjang S1 setidaknya dalam tiga tahun terakhir sebelum pendaftaran,  memiliki pengalaman kerja 3 tahun atau lebih yang terkait dengan pembangunan, dan bekerja pada pekerjaan yang berhubungan dengan pembangunan.

Baca juga: Beasiswa Japan World Bank Untuk Kuliah S2 di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published.