Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Teladan dari Tanoto Foundation

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Teladan dari Tanoto Foundation

Beasiswa Teladan dari Tanoto Foundation kembali membuka pendaftaran loh. Jangan sampai kelewatan beasiswa keren ini yah. Beasiswa Teladan memberikan biaya kuliah, biaya hidup, serta berbagai program pelatihan kepemimpinan dan pengembangan karir bagi para penerima beasiswanya. Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa ini, sebaiknya perhatikan dulu cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa teladan dari tanoto foundation berikut ini: Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memastikan Universitas Mitra

Pihak beasiswa teladan menetapkan 9 universitas sebagai universitas mitranya. Untuk mendaftar beasiswa ini, pendaftar haruslah terdaftar di salah satu universitas mitra beasiswa teladan. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu apakah universitasmu termasuk dalam universitas mitra beasiswa teladan atau tidak. Universitas mitra beasiswa teladan yaitu, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Andalas, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, serta Universitas Riau.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Riset Baznas

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Setelah memastikan universitas mitra beasiswa teladan, kamu bisa melanjutkan persiapan pendaftaranmu dengan mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftaranmu. Dokumen-dokumen pendaftaran menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk meloloskan pendaftar ke tahapan seleksi selanjutnya. Jadi, pastikan kamu mempersiapkannya dengan sebaik mungkin. Dokumen-dokumen pendaftaran yang harus dipersiapkan bisa kamu cek secara langsung di website resmi beasiswa teladan.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Algoritma Data Science

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Formulir pendaftaran online dapat diakses disini. Pada formulir pendaftaran online, kamu harus mengisi data diri dengan selengkap mungkin. Pada saat mengisi formulir pendaftaran online, pastikan untuk mengisinya dengan teliti dan jangan sampai ada kesalahan-kesalahan pengetikan. Selain mengisi formulir pendaftaran online, kamu juga harus mengupload dokumen-dokumen pendaftaranmu. Pastikan tidak ada salah upload dokumen. Jika memungkinkan, mintalah bantuan teman atau keluargamu untuk mereview formulir pendaftaran onlinemu sebelum kamu menekan tombol submit.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Adik Asuh Suryana

Tes Potensi Kepemimpinan Online

Pendaftar yang lolos dalam seleksi administrasi akan dihubungi untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Pihak beasiswa akan memberikan rincian mengenai jadwal serta proses seleksi yang harus kamu ikuti. Pada seleksi tahap kedua, pendaftar akan mengikuti tes potensi kepemimpinan. Proses tes dilakukan secara online. Jadi, pastikan koneksi internetmu stabil. Pihak beasiswa akan mengetes bagaimana potensi atau kemampuanmu dalam memimpin. Kamu tak perlu mengarang cerita, kamu hanya perlu menjawab dengan jujur dan sesuai dengan pengalamanmu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa IDEAS untuk Program Delegasi ke Jepang

Wawancara Online

Untuk menghadapi seleksi wawancara, kamu bisa mempersiapkan diri dengan melakukan simulasi bersama teman atau keluargamu. Mintalah mereka untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan selayaknya wawancara. Dengan demikian, kamu akan lebih terbiasa untuk berbicara di depan orang lain dan menjawab pertanyaan dengan tenang dan cepat. Pada saat wawancara berlangsung, pastikan jaringan internetmu lancar. Pastikan juga kamu memilih tempat yang tenang untuk wawancara sehingga tak ada gangguan-gangguan atau keributan. Selama wawancara, tetaplah jadi dirimu sendiri. Jangan berlebihan dalam menonjolkan kemampuan-kemampuanmu karena akan terkesan angkuh. Tetaplah percaya diri namun tidak berlebihan.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Global Youth Action untuk Program Exchange ke Korea Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.