Fakta Unik Beasiswa Rumania Government

Fakta Unik Beasiswa Rumania Government

Hallo, pejuang beasiswa! Beberapa hari lalu, telah dibahasa beberapa topik seputar beasiswa kepemerintahan Rumania. Beasiswa satu ini memang menawarkan keuntungan yang menarik bagi kandidatnya. Kamu tidak hanya digratiskan biaya kuliah, tapi juga mendapat pelatihan bahasa, pembiayaan asrama, uang saku bulanan, gratis menaiki kereta Rumania, hingga gratis visa. Cukup banyak, bukan? Beasiswa Rumania Government memang menarik dari segi keuntungan yang ditawarkan. Namun, beasiswa ini juga memiliki daya tarik lain yang akan dibahasa di artikel kali ini. Bagi kamu yang bermimpi studi ke Rumania dan mendaftar beasiswa ini, wajib nih menyimak artikel fakta unik ini! Berikut pembahasan fakta unik beasiswa Rumania Government. Untuk info beasiswa lain, silahkan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Persyaratan yang Mudah

Persyaratan adalah hal penting yang harus kamu perhatikan dalam mendaftar sebuah beasiswa. Terutama, nih, persyaratan dokumen. Beasiswa Rumania Government meminta persyaratan yang tidak jauh berbeda dengan persyaratan beasiswa lain. Kamu perlu mempersiapkan official letter, salinan ijazah, salinan akta, salinan paspor, surat keterangan sehat atau medical check up, CV, dan juga foto. Dokumen tersebut ditambah dengan appendix 1 dan 2, serta motivation letter. Nah, jika ada yang berbahasa Indonesia, harus kamu terjemahkan ke bahasa Inggris atau Prancis. Dokumen yang harus kamu terjemahkan, yaitu: ijazah, akta, dan medical check up. Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen ini jauh-jauh hari, ya!

Baca juga: Beasiswa Romania Government Scholarship untuk Kuliah S1 S2 S3 di Rumania

Diadakan Setiap Tahun

Seperti beasiswa keperintahan pada umumnya, beasiswa Rumia Government membuka pendaftaran setiap tahun. Biasanya pendaftaran beasiswa ini dibuka pada bulan Desember hingga bulan Maret. Jadi, jangan khawatir jika ketinggalan. Walaupun tahun ini pendaftaran beasiswa Rumania Government sudah ditutup, kamu masih bisa mendaftar tahun depan. Jadi, persiapkan dirimu dan dokumenmu dari sekarang!

Baca juga: Penjelasan Persyaratan Dokumen Beasiswa Romanian Government

Memperhatikan Motivation Letter

Menurut narasumber, salah seorang penerima beasiswa Rumania Government, beasiswa ini tidak menitikberatkan penilaian pada nilai rapot. Alih-alih nilai rapor, kamu dianjurkan untuk memberi perhatian lebih pada motivation letter kamu. Karena menurut narasumber, motivation letter menjadi penilaian paling penting. Kenapa si motivation letter? Itu karena, melalui motivation letter, pihak beasiswa Rumania dapat menilai kamu melalui sudut pandang yang berbeda.

Nah, karena mempersiapkan motivation letter terbilang sangat penting, ada baiknya jika kamu mulai mencari berbagai contoh surat motivasi di internet dari sekarang. Pelajari baik-baik sambil merencanakan kira-kira apa yang akan kamu tulis di motivation letter kamu. Oh iya, motivation letter ditulis dalam bahasa Inggris, ya. Setelah selesai jangan sungkan untuk meminta pendapat tentang surat yang telah kamu tulis ke keluarga atau teman.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Romanian Government Scholarship

TOEFL/EITLS Tidaklah Wajib

Karena kamu akan menempuh studi di Rumania dimana bahasa yang digunakan adalah Bahasa Rumania, maka sertifikat kemampuan bahasa seperti TOEFL/EILTS tidaklah wajib. Terlebih, kamu akan menerima pelatihan bahasa Rumania selama 1 (satu) tahun. Nantinya, saat perkuliahan dimulai, pembelajaran akan dilaksanakan full menggunakan Bahasa Inggris pada semester pertama. Namun setelah semester 2, pembelajaran akan menggunakan bahasa Rumania secara penuh. Walaupun begitu, jika kamu memiliki sertifikat TOEFL/EILTS/ bahasa lainnya, kamu tetap bisa mencantumkan sertifikat dalam pendaftaran. Sebaiknya kamu memiliki nilai minimal 550.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Penerima Beasiswa Romanian Government

Memilih 2 Universitas

Pada appendix 4, kamu bisa menemukan daftar universitas mitra berserta alamat websitenya. Kamu bisa mencari tahu hal-hal terkait jurusan yang ada di universitas tersebut. Disini kamu bisa sekaligus menimbang-nimbang universitas mana yang akan kamu pilih. Kamu bisa memilih 2 universitas. Lalu isi pilihan universitas di formulir pendaftaran sesuai dengan pilihan kamu. Jika kamu diterima sebagai kandidat beasiswa Rumania government, maka artinya kamu juga telah diterima di salah satu universitas yang kamu pilih.

Baca juga: Beasiswa XL Future Leaders untuk Mahasiswa S1 dan D4 di Dalam Negeri

Hanya Melalui Seleksi Berkas

Poin menarik lain dari beasiswa Rumania Government ini adalah proses penyeleksiannya. Beasiswa Rumania Government tidak memberlakukan seleksi wawancara seperti beasiswa kepemerintahan yang lain. Kamu hanya akan melewati 1 (satu) proses penyeleksian, yaitu proses seleksi berkas. Mudah bukan? Maka dari itu kamu harus memperhatikan dan mempersiapkan baik-baik seluruh dokumen yang dibutuhkan. Setelah itu kamu bisa  mengirim dokumen dalam bentuk fotocopy ke kedutaan besar Rumania di Jakarta.

Baca juga: Beasiswa Jalur Rapor! Beasiswa Korporat Untuk Kuliah S1 di Universitas Al Azhar Indonesia

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.