Contoh On The Spot Writing Essay Beasiswa LPDP

On The Spot Writing Essay Beasiswa LPDP

 

Pada kesempatan kali ini, kamu akan membaca tentang tips menulis On The Spot Writing Essay Beasiswa LPDP, contoh soal, contoh essay, dan membahas contoh essay berdasarkan tips yang diberikan. Bagi kamu yang belum tahu, On The Spot Writing Essay Beasiswa LPDP adalah salah satu dari tes dalam seleksi beasiswa LPDP. Test ini dilaksanakan dengan cara menyediakan dua topik yang akan dipilih salah satu oleh pejuang beasiswa untuk dijawab dalam bentuk essay dalam waktu 30 menit.

Baca juga: Penjelasan Syarat Beasiswa Unggulan

Tips Menulis On The Spot Writing Essay

Essay terdiri dari tiga bagian umum yaitu Pembuka, isi, dan penutup. Saat mengerjakan On The Spot Writing Essay Beasiswa LPDP pastikan ketiga hal tersebut ada dalam essay yang kamu buat. Untuk struktur penulisan, kamu bisa lihat di bawah ini:

Paragraph 1 – Pembuka
Terdiri dari:

  1. Informasi umum (data, pengetahuan, pengalaman).
  2. Munculkan kata kunci (keyword) tentang hal-hal yang akan dibahas.
  3. Thesis statement / overview. Buatlah bagian ini dengan cara menulis ulang pertanyaan dengan menggunakan kalimat sendiri.

Paragraph 2 – Isi
Terdiri dari:

  1. Ide / potensi / masalah
  2. Kalimat pendukung. Dapat berupa data, pengetahuan, pengalaman, solusi

NB:  Pada bagian ini, Kamu bisa menulis lebih dari satu paragraf. Tapi, kamu harus ingat bahwa kamu dibatasi oleh waktu.

Paragraph terakhir – penutup
Terdiri dari:

  1. Frase penutup. Contoh frase penutup adalah  ‘kesimpulannya, secara sederhana, oleh karena itu’
  2. Restatement. Mengambil ide dari setiap paragraf dan dibuat dalam satu atau dua
    kalimat yang baru.

Baca juga: Kebijakan Baru Beasiswa LPDP

Contoh Soal dan Essay

Soal
Indonesia adalah negara maritim yang sebagian besar wilayahnya adalah laut. Hal ini menjadi potensi yang sangat besar bagi Indonesia jika mampu dikelola dengan baik. Menurut pendapat anda, cara apa saja yang dapat digunakan untuk memaksimalkan potensi laut Indonesia tersebut?

Contoh Essay
Indonesia dengan wilayah sebagian besar adalah lautan memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Potensi tersebut meliputi hasil laut dan pariwisata yang tentunya dapat dimaksimalkan dengan sumberdaya manusia dan teknologi serta pengamanan dari tindak pencurian kekayaan laut. Beberapa hal berikut dapat dilakukan untuk mekasimalkan potensi laut Indonesia.

Pertama, memaksimalkan hasil laut dengan pengetahuan dan teknologi. Pemerintah harus memberikan perhatian khusus kepada para nelayan. Pengetahuan mereka tentang potensi laut dan cara pengolahannya, penggunaan teknologi, informasi cuaca, harus ditingkatkan mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi saat ini. Selain itu, bantuan alat-alat melaut seperti mesin perahu, perahu, kapal besar dan pusat informasi juga perlu untuk
dilakukan. Hal tersebut juga harus didukung dengan pelatihan-pelatihan dari pemerintah dalam mengaplikasikan pengetahuan dan teknologi tersebut.

Selanjutnya, pariwisata adalah kekayaan laut yang bisa dikembangkan. wilayah seperti raja ampat dan taman laut Bunaken adalah tempat di Indonesia yang dapat diekplorasi dari segi keindahannya. Dengan memaksimalkan transportasi dan akomodiasi di daerah tersebut, secara otomatis turis dari dalam negeri maupun luar negeri akan berdatangan. selain itu, sarana dan prasana juga harus dibangun untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para
wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Terakhir, kekayaan laut harus dijaga dengan baik. Tindakan memancing dengan menggunakan bom dan pukat harimau memiki dampak merusak pada ekosistem bawah laut yang berakibat pada menurunnya kekayaan laut Indonesia. Jadi pemerintah harus memberikan pemahaman kepada nelayan untuk tidak menggunakannya. Selain itu, tindakan pencurian ikan harus ditindak dengan tegas sesuai Undang-undang yang berlaku dan perlu sinergi yang baik antara masyarakat, pemerintah dan TNI AL sebagai eksekutor di lapangan.

Secara sederhana, Indonesia dapat memaksimalkan kekayaan laut dengan sumber daya manusia yang mampu menggunakan pengetahuan dan teknologi dalam memanfaatkan, mengolah, dan mengembangkan potensi laut dan pariwisata dengan bijaksana.

Baca juga: Beasiswa PMDSU 

Pembahasan Essay berdasarkan tips

Indonesia dengan wilayah sebagian besar adalah lautan memiliki potensi yang dapat dikembangkan.[1] Potensi tersebut meliputi hasil laut dan pariwisata yang tentunya dapat dimaksimalkan dengan sumberdaya manusia dan teknologi serta pengamanan dari tindak pencurian kekayaan laut.[2] Beberapa hal berikut dapat dilakukan untuk mekasimalkan potensi laut Indonesia.[3]

Pertama, memaksimalkan hasil laut dengan pengetahuan dan teknologi.[4] Pemerintah harus
memberikan perhatian khusus kepada para nelayan. Pengetahuan mereka tentang potensi laut
dan cara pengolahannya, penggunaan teknologi, informasi cuaca, harus ditingkatkan
mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi saat ini. Selain itu, bantuan alat-alat
melaut seperti mesin perahu, perahu, kapal besar dan pusat informasi juga perlu untuk
dilakukan. Hal tersebut juga harus didukung dengan pelatihan-pelatihan dari pemerintah
dalam mengaplikasikan pengetahuan dan teknologi tersebut.[5]

Selanjutnya, pariwisata adalah kekayaan laut yang bisa dikembangkan.[4] wilayah seperti raja ampat dan taman laut Bunaken adalah tempat di Indonesia yang dapat diekplorasi dari segi keindahannya. Dengan memaksimalkan transportasi dan akomodasi di daerah tersebut, secara otomatis turis dari dalam negeri maupun luar negeri akan berdatangan. selain itu, sarana dan pra-sana juga harus dibangun untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para
wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.[5]

Terakhir, kekayaan laut harus dijaga dengan baik.[4] Tindakan memancing dengan menggunakan bom dan pukat harimau memiliki dampak merusak pada ekosistem bawah laut yang berakibat pada menurunnya kekayan laut Indonesia. Jadi pemerintah harus memberikan pemahaman kepada nelayan untuk tidak menggunakannya. Selain itu, tindakan pencurian ikan harus ditindak dengan tegas sesuai Undang-undang yang berlaku dan perlu sinergi yang baik antara masyarakat, pemerintah dan TNI AL sebagai eksekutor di lapangan.[5]

Secara sederhana,[6] Indonesia dapat memaksimalkan kekayaan laut dengan sumber daya manusia yang mampu menggunakan pengetahuan dan teknologi dalam memanfaatkan, mengolah, dan mengembangkan potensi laut dan pariwisata dengan bijaksana.[7]

Keterangan:
1 Informasi umum
2 keyword
3 overview
4 Ide
5 Kalimat pendukung
6 Frase penutup
7 Re-statement

Baca juga:
Tips menghadapi tes wawancara Beasiswa LPDP
Tips menghadapi tes wawancara Beasiswa LPDP bagian ke 2

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.