Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Singapore International Award untuk Kuliah S3 di Singapore

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Singapore International Award untuk Kuliah S3 di Singapore

Beasiswa Singapore International Award (SINGA) merupakan beasiswa yang di sponsori oleh Agency for Science and Research (A*STAR). A*STAR berkolaborasi dengan beberapa universitas ternama seperti The Nanyang Tchnological University (NTU), The National University of Singapore (NUS), dan The Singapore University of Technology and Design (SUTD). Melalui program SINGA, A*STAR memberikan kesempatan bagi mahasiswa international untuk melanjutkan studi PhD atau S3 di salah satu universitas tersebut.Beasiswa ini memberikan bantuan biaya pendidikan selama empat tahun pendidikan S3. Kandidat penerima beasiswa ini juga akan diberikan sejumlah uang saku bulanan, dan masih banyak lagi. SINGA membuka pendaftaran hingga 1 Desember 2020. Untuk kamu yang berminat untuk mendaftar, tidak ada salahnya membaca artikel ini terlebih dulu. Untuk info beasiswa lain, silahkan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memeriksa Tema Riset

Sebelum mendaftar beasiswa SINGA, kamu harus memeriksa bagian Research Area. Pada laman ini kamu akan menemukan beberapa judul riset yang di kategorikan dalam 2 tema, yaitu: biomedical science dan physical science and engineering. Kedua tema tersebut dibagi menjadi beberapa subjek penelitian, dan setiap universitas memilliki judul tersendiri. Kamu bisa memilih salah satu riset yang membuatmu tertarik dan sesuai dengan bidangmu.

Baca juga: Tips Lolos Beasiswa Luar Negeri Bedasarkan Penerima Beasiswa

Memperhatikan Persyaratan

Setelah memeriksa ketersediaan riset yang kamu inginkan, kamu bisa mulai mempersiapkan diri untuk pendaftaran. Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa SINGA adalah passport dan fotonya, ijazah S1, transkrip nilai S2 dan/atau S2, dan dua buah surat rekomendasi. Seluruh dokumen pendaftaran perlu dipersiakan dalam bahasa Inggris. begitu pula surat rekomendasi. Setelah ditulis surat rekomendasi harus dikirim langsung oleh penulis ke universitas yang ingin kamu tuju. Beberapa universitas kemungkinan menyertakan persyaratan lain bagi pendaftarnya. Jadi kamu harus mencari info di masing-masing universitas.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa the Asian Peacebuilders

Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris

Kandidat beasiswa SINGA harus menguasai bahasa Inggris dengan baik, secara lisan maupun tertulis. Sebab perkuliahan dan interaksi di lab akan full menggunakan bahasa Inggris. Terlebih kamu harus menulis laporan dalam bahasa Inggris nantinya. SINGA menerima sertifikat yang berasal dari GRE / IELTS / TOEFL / SAT I & II / GATE. Sebenarnya sertifikat ini bersifat tidak wajib. Walaupun begitu sertifikat bahasa kemungkinan diminta sebagai salah satu persyaratan tambahan di beberapa universitas. Maka dari itu kamu perlu memastikan sekali lagi persyaratan di setiap universitas. Dan akan lebih baik jika kamu sudah memiliki sertifikat bahasa Inggris.

Baca juga: Pengalaman Menerima Beasiswa Serbia

Melakukan Pendaftaran

Begitu semua dokumen yang kamu butuhkan sudah terkumpul, kamu bisa melakukan pendaftaran dengan membuka akun baru. Setelah akun diverifikasi, kamu bisa log in kembali lantas mulai mengunggah dokumen dan memilih penelitian mana yang kamu mau. Saat melakukan pendaftaran pastikan kamu memilih beasiswa ‘Singapore International Graduate Award (SINGA)’. Pada tahap ini kamu harus memastikan jika seluruh dokumen dan kolom yang kamu isi benar. Kesesalahan pada dokumen dan data yang kamu isi tidak bisa diperbaiki setelah pendaftaran selesai. Kandidat sangat dianjurkan untuk melakukan pendaftaran secepat mungkin. Dengan begitu, kamu bisa memberi waktu lebih bagi penulis surat refensi. Kamu benar-benar harus memperhitungkan waktu pendaftara. Karena hanya pendaftar dengan dua surat rekomenasi lengkap yang di proses ke tahap selanjutnya.

Baca juga: Penjelasan Persyaratan Beasiswa Serbia Government

Pengumuman

Setelah selesai melakukan proses pendaftaran, kamu hanya perlu menunggu pengumuman. Hanya kandidat yang berhasil lolos yang akan diberikan pemberitahuan lebih lanjut. Kandidat penerima beasiswa akan diumumkan dalam jangka waktu 12 minggu setelah pendaftaran.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Penerima Beasiswa Serbia Government

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.