Gambaran Seleksi Wawancara Beasiswa KGSP

Gambaran Seleksi Wawancara Beasiswa KGSP

Korean Government Scholarship Program atau Beasiswa KGSP adalah program beasiswa yang berasal dari pemerintah Korea Selatan. Melalui beasiswa ini, pemerintah Korea Selatan mengharapkan kerjasama antar pelajar internasional dan persahabatan antar negara dapat terjalin dengan baik. Beasiswa ini memungkinkan para pendaftarnya untuk memilih antara jalur kedutaan besar atau jalur universitas. Beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Korea Selatan ini adalah beasiswa penuh yang mencakup tiket peswat, visa, biaya hidup bulanan, dan biaya kuliah. Untuk info beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Beasiswa ini memiliki rangkaian proses seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Pada seleksi administrasi, para pendaftar mengumpulkan dokumen-dokumen pendaftaran baik melalui kedutaan besar maupun melalui universitas. Pada seleksi wawancara, pendaftar jalur kedutaan besar akan mengikuti seleksi wawancara di kedutaan besar Korea Selatan di negara masing-masing. Pendaftar jalur universitas akan menerima informasi mengenai lokasi dan jadwal pelaksanaan wawancara melalui email. Seleksi wawancara menjadi salah satu proses yang cukup menegangkan, proses ini tidak hanya membutuhkan keberanian, tapi juga kepercayaan diri dan persiapan yang matang.  Berikut adalah gambaran pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan dalam seleksi wawancara beasiswa KGSP:

Data Diri

Perkenalan adalah awal dan poin utama dari percakapan, pewawancara akan memberikan penilaian berdasarkan caramu memperkenalkan diri. Karena itu, pastikan kamu memperkenalkan diri secara sopan dan menyebutkan data-data pribadimu secara menyeluruh. Kamu bisa meyakinkan pewawancara dengan menyebutkan keahlian-keahlian yang kamu miliki serta bagaimana keahlian-keahlian tersebut membantumu dalam pendidikan maupun pekerjaanmu. Selain itu, kamu bisa menjelaskan keunggulan-keunggulanmu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Misalnya pengalaman kerjamu atau prestasi-prestasi yang kamu dapatkan di jenjang pendidikanmu sebelumnya.

Baca juga: Beasiswa Digital Talent oleh Kemkominfo

Korea Sebagai Negara Tujuan Kuliah

Alasan memilih Korea sebagai negara tujuan untuk menempuh pendidikan menjadi salah satu  pertanyaan yang wajib ditanyakan dalam seleksi wawancara. Kenapa memilih Korea? Apa keunggulan Korea dibandingkan negara lainnya? Karena Korea memiliki oppa-oppa, sedangkan negara lain tidak. Wah, NO, haram mengatakan oppa-oppa dalam wawancara. Jangan pernah menyebutkan tentang K-POP, K-Drama, dan oppa-oppa sebagai alasan ingin kuliah di Korea. Meskipun pada dasarnya K-POP dan K-Dramalah yang menjadi pintu bagimu untuk mengenal negara ini. Industri hiburan Korea Selatan memang diakui sebagai salah satu keunggulannya yang mampu menarik penonton dan penggemar internasional. Namun, Korea Selatan juga memiliki keunggulan lain yang layak dijadikan alasan, perekonomian Korea Selatan tidak kalah dengan negara-negara maju di Eropa dan Amerika. Selain itu, Korea Selatan berkembang pesat dalam teknologi. Hal tersebut bisa kamu jadikan jawaban yang tepat dan logis saat wawancara.

Baca juga: Beasiswa APEC untuk Mahasiswa S2 di Singapura

Jurusan Kuliah          

Jurusan seperti apa yang akan kamu ambil? Mata kuliah apa yang akan kamu pilih dan fokuskan? Apa alasannya? Lagi-lagi alasan, setiap pilihan memiliki pertimbangannya masing-masing. Jadi, jabarkan alasanmu memilih jurusan tersebut, mulai dari keterkaitan jurusanmu sebelumnya atau pekerjaanmu sebelumnya serta hubungannya dengan rencana karirmu ke depan. Kamu juga akan mendapatkan pertanyaan seputar rencana penelitian yang akan kamu lakukan. Jelaskan alasanmu memilih topik penelitian tersebut, keunggulan penelitianmu, serta apa yang baru dari penelitianmu. Kamu bisa menyertakan teori-teori dari peneliti terdahulu untuk mendukung dan memperkuat jawabanmu.

Tujuan atau Rencana setelah Selesai Kuliah

Apa yang akan kamu lakukan setelah selesai kuliah? Bagaimana kamu akan mengaplikasikan ilmu yang kamu dapatkan selama perkuliahan? Kontribusi apa yang akan kamu berikan baik kepada negara asalmu maupun kepada Korea Selatan? Pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan pewawancara untuk menilai apakah kamu mampu memberikan manfaat melalui ilmu yang kamu miliki. Untuk meyakinkan pewawancara, kamu bisa memberikan contoh yang mendetail mengenai rencana karir atau kegiatan-kegiatan yang akan kamu lakukan.

Baca juga: Beasiswa Mahaghora untuk Mahasiswa S1 dan D4

Pengalaman tentang Korea dan Kebudayaannya

Sebagai negara tujuanmu, sudahkah kamu mengenal Korea? Jangan sampai yang kamu tahu hanyalah K-POP  dan K-Drama, kamu juga harus tahu musim dan cuaca di Korea, lingkungan yang akan kamu tinggali, serta budaya penduduk asli Korea. Hal penting lainnya adalah sarana transportasi, sebagian besar penduduk Korea menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta bawah tanah. Kamu juga perlu tahu hari-hari penting di Korea seperti hari kemerdekaan ataupun hari-hari libur nasional seperti chuseok.

Verifikasi Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Pewawancara tak akan jauh-jauh dari isi CV, sertifikat-sertifikat kegiatan atau keahlian, dan dokumen-dokumen lainnya yang kamu kumpulkan. Pewawancara akan memberikan beberapa pertanyaan untuk memastikan kebenaran dokumen-dokumen pendaftaranmu, apakah kamu benar-benar memiliki keahlian seperti yang tertulis di sertifikatmu. Apakah kamu benar-benar memiliki potensi kepemimpinan misalnya seperti yang tertulis di surat rekomendasimu.

Baca juga: Beasiswa International Excellence untuk S1 di Selandia Baru

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.