Langkah-Langkah Mendaftar Beasiwa YTB Turki

Langkah-Langkah Mendaftar Beasiwa YTB Turki

Beasiswa YTB atau yang juga dikenal dengan beasiswa Turkiye Burslari adalah beasiswa full dari pemerintah Turki untuk mahasiswa Internasional yang mau melanjutkan studi baik S1 S2 atau S3 di Turki. Beasiswa memiliki banyak sekali peminat dari Indonesia. Namun demikian, tidak sedikit pejuang beasiswa yang masih bingung dengan langkah-langkah dalam mendaftar beasiswa YTB Turki ini. untuk persiapan beasiswa lain, click disini

Baca juga: Beasiswa Penuh S1 S2 S3 Türkiye Burslari YTB di Turki

Pra-pendaftaran

Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah berkas pendaftaran. Sebelum pendaftaran dibuka yaitu pada pertengahan bulan januari, kamu minimal sudah mengetahui apa saja berkas yang dibutuhkan, buat list, dan kumpulkan yang sudah mungkin untuk dikumpulkan.

Setelah dokumen terkumpul, kamu harus menerjemahkan dokumen tersebut ke penerjemah tersumpah. Kamu harus pastikan kalau penerjemah yang kamu tuju adalah penerjemah tersumpah. Jika tidak, dokumen kamu akan dianggap tidak resmi. Kamu juga harus memastikan kalau kamu menerjemahkan jauh-jauh hari. Alasannya, karena beasiswa YTB ini memiliki cukup banyak peminat dan dibuka berbarengan dengan beasiswa lain. Hal tersebut tentu saja membuat penerjemah tersumpah sedang mengerjakan banyak terjemahan kan. Jangan sampai kamu tidak bisa daftar hanya karena kamu tidak bisa menerjemahkan dokumen kamu tepat waktu. Untuk info penerjemah tersumpah, click disini

Sambil kamu menyiapkan berkas, kamu sebaiknya juga mulai browsing, kira-kira universitas apa yang mau kamu pilih ketika nanti sudah mulai apply beasiswa YTB Turki. Selain itu, kamu juga harus memastikan kalau kamu tahu kalau jurusan kamu ada di universitas tersebut.

Baca juga:  Cara Memberikan Alasan Bahwa Layak Menerima Beasiswa

Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa YTB dilakukan secara online. Jadi, kamu harus ke website resmi beasiswa YTB. Kamu tinggal cari tulisan APPLY, click! Isi formulir online yang ada dengan data yang benar termasuk email dan password. Kamu harus mengingat baik-baik email dan password tersebut karena akan digunakan untuk login nantinya.

Setelah itu, kamu sebaiknya memeriksa email kamu dan mencari email aktivasi dari beasiswa YTB di inbox email. Jika tidak ada coba cari di spam. Jika ketemu, click link yang ada dalam email tersebut dan akun kamu akan diaktivasi.

Sekarang, akun kamu sudah aktif. Kamu perlu untuk kembali ke alamat website tempat dimana kamu apply tadi untuk login dengan menggunakan email dan password yang sudah kamu daftarkan dan aktivasi barusan. Dan selamat, kamu sudah memiliki aku pendaftaran beasiswa YTB Turki sekarang.

Pengisian

Lengkapi semua form yang ada, upload semua dokumen yang diminta. Jika ada yang belum lengkap, kamu bisa mengupload yang ada terlebih dahulu. Jangan lupa untuk click tombol save (bukan submit) ketika kamu selesai mengupload dokumen. Lakukan pengisian tersebut secara berkala.

Hal-hal yang kamu harus isi adalah data diri, data keluarga, kontak info, CV, data pendidikan, surat rekomendasi, letter of intent, sertifikat, hobi, tempat wawancara, jurusan dan universitas, mengunduh formulir pendaftaran.

Submision

Saat semua persyaratan sudah lengkap, kamu bisa mengclick tombol submit. Ingat! Jangan menunggu dekat-dekat deadline seperti H-1 atau H-3. Alasannya, pada hari-hari tersebut, banyak sekali pejuang beasiswa yang biasanya sedang mengakses halaman beasiswa YTB. Dan kalau sudah seperti itu, server dari website beasiswa YTB bisa down dan sama sekali tidak bisa diakses. Kamu pasti akan sangat menyesal sekali kalau tidak bisa mendaftar hanya karena tidak bisa mengakses website beasiswa YTB. Kalau kamu sudah click submit, coba cek email konfirmasi dari YTB. Jika ada, kamu bisa tenang dan menunggu proses berikutnya.

Baca juga: Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL dan IELTS Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.