Pengalaman Kuliah di Jepang

Pengalaman Kuliah di Jepang

Halo semuanya. Perkenalkan kami adalah Muhammad Amin Nasution dan Rahmi Mulia Putri. Kami adalah founder dan co-founder dari Tabitha Project yang sedang menempuh perkuliahan di Kanazawa University. Kami akan menceritakan seperti apa perkuliahan kami di Jepang dan cara kami mendapatkan beasiswa. Kami harap, kamu juga bisa mengikuti jejak kami untuk kuliah di Jepang. Kami tunggu di Jepang yah. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Beasiswa untuk Kuliah di Jepang

Beasiswa adalah modal utama bagi yang ingin melanjutkan pendidikan, khususnya untuk kuliah di luar negeri. Oleh karena itu, kami akan membagikan jenis-jenis beasiswa yang bisa membantu kalian untuk kuliah di Jepang secara gratis. Secara umum, ada tiga kategori beasiswa yaitu beasiswa dari pemerintah Indonesia, beasiswa dari pemerintah Jepang, serta beasiswa dari perusahaan atau yayasan di Jepang.

Pertama, beasiswa dari pemerintah Indonesia yang meliputi beasiswa LPDP, Riset Pro, serta program beasiswa 5000 doktor dari Kementerian Agama. Kedua, beasiswa dari pemerintah Jepang yang meliputi beasiswa Monbukagakusho atau MEXT dan beasiswa JASSO. Ketiga, beasiswa dari perusahaan atau yayasan di Jepang yang meliputi beasiswa INPEX Foundation, Nakatani Foundation, Honjo Foundatin, Sato Yo Foundation, Iwatani Foundation, Ashi Glass Foundation, serta beasiswa-beasiswa dari berbagai lembaga/perusahaan/instansi lainnya.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa MEXT di Jepang

Proses Seleksi Beasiswa

Setelah mengetahui berbagai jenis beasiswa yang bisa membantumu untuk kuliah secara gratis di Jepang. Saatnya kamu mendaftar. Dalam proses pendaftaran, tentunya akan ada beberapa tahapan atau proses seleksi, seperti seleksi administrasi dan wawancara. Setiap beasiswa tentunya memiliki tahapan seleksi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan untuk mencari informasi selengkap mungkin baik melalui internet ataupun bertanya ke awardee beasiswanya secara langsung.

Untuk seleksi administrasi, pastikan untuk melengkapi semua dokumen-dokumen yang diminta beasiswa yang kamu daftar. Jika kamu kesulitan dalam mengerjakan suatu dokumen, jangan ragu bertanya atau mencari sumber informasi di internet. Setelah seleksi administrasi biasanya pendaftar akan diminta untuk mengikuti tahapan seleksi wawancara. Wawancara merupakan salah satu bagian penting dalam proses seleksi. Karena itu, pastikan kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin dan memberikan performa terbaik saat wawancara berlangsung.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa DAAD di Jerman

Alur Kuliah di Jepang

Selain beasiswa, kamu juga harus mendaftar di universitas. Untuk mendaftar di suatu universitas di Jepang, ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui. Pertama, mencari sensei atau pembimbing. Untuk mencari pembimbing, kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen seperti proposal penelitian, ijazah dan transkrip nilai, sertifikat bahasa (Jepang atau Inggris), portofolio karya, serta CV. Kirimkan dokumen-dokumen tersebut ke email pembimbing yang kamu inginkan. Sebaiknya kamu memgirimkan dokumen-dokumenmu ke beberapa sensei di Jepang.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Romanian Government Scholarship

Jika pembimbing tertarik dengan kamu, maka biasanya pembimbing tersebut akan meminta kamu untuk melakukan interview/wawancara. Dalam proses wawancara, pembimbing biasanya akan menanyakan proposal penelitian dan topik-topik yang berkaitan dengan penelitian yang akan kamu lakukan. Proses wawancara biasanya berlangsung selama 15 sampai 20 menit. Jika pembimbing tersebut bersedia untuk menjadi pembimbingmu, maka kamu akan dikirimkan LoA atau Letter of Acceptance.

Bagi kamu yang sudah mendapatkan LoA, langkah selanjutnya adalah mendaftar di Universitas. Lengkapi semua dokumen-dokumen persyaratan yang diminta serta lampirkan LoA dari pembimbingmu. Selanjutnya adalah melakukan wawancara dengan pembimbingmu serta dua professor lainnya. Setelah tahapan wawancara, kamu hanya perlu menunggu pengumuman kelulusan.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Russian Government

Leave a Reply

Your email address will not be published.