Penjelasan Jalur Seleksi Beasiswa Event Hunter Indonesia untuk Program Pertukaran Pemuda Asia ke Inggris

Penjelasan Jalur Seleksi Beasiswa Event Hunter Indonesia untuk Program Pertukaran Pemuda Asia ke Inggris

Salah satu program kepemudaan yang sangat sayang jika kamu lewatkan adalah Program Pertukaran Pemuda Asia yang diadakan oleh Event Hunter Indonesia. Program PPA batch 6 ini memilih Inggris sebagai negara tujuan. Nah, bagi kamu yang ingin mengikuti program kepemudaan sekaligus berkunjung ke Inggris, maka segeralah mendaftar program PPA ini. Sebelum itu, kamu wajib tahu dulu jalur seleksinya agar meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan beasiswanya. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

4 Jalur Seleksi

Proses seleksi beasiswa Event Hunter Indonesia ini didesain dengan 4 jalur seleksi yang berbeda-beda. Keempat jalur seleksi tersebut adalah TPG atau Tes Pengetahuan Global, yaitu jenis tes yang menguji sejauh mana pengetahuanmu secara global atau hal-hal yang terjadi di luar negeri. Di jalur kedua ada jalur Saintek atau Sains dan Teknologi. Di jalur ini terbagi dalam berbagai kategori, yaitu mata pelajaran Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris. Untuk jalur ketiga, yaitu Soshum atau Sosial dan Humaniora. Jalur ini terbagi dalam mata pelajaran Geografi, Ekonomi, Sejarah, Matematika, Sosiologi, dan Bahasa Inggris. Di jalur seleksi terakhir ada TMB atau Tes Minat dan Bakat yang dibagi dalam beberapa kategori, yaitu membaca Al-Qur’an, pramuka, palang merah, pecinta alam, paskibra, serta musik.

Baca juga: Panduan Penulisan Motivation Letter Beasiswa Pemimpin Muda Nusantara (PMN) untuk Pelajar dan Mahasiswa

Pendaftar Bisa Memilih Jalur Seleksi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ada empat jalur seleksi beserta kategorinya masing-masing yang disiapkan oleh pihak beasiswa Event Hunter Indonesia. Nah, dari keempat jalur seleksi tersebut, pendaftar bebas memilih jalur seleksi yang diinginkan. Pendaftar bisa memilih minimal 1 jalur seleksi untuk diikuti dan maksimal empat jalur seleksi. Artinya kamu bebas memilih jalur mana saja yang diinginkan, baik satu, dua, tiga, atau keempatnya. Tak hanya bebas memilih jalur seleksinya, kamu juga bebas memilih kategori seleksi di tiap jalur seleksi yang ada.

Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Beasiswa Harisenin.com

Jalur Seleksi dan Pembayaran

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan mengenai jalur seleksi adalah pembayarannya. Jika kamu hanya memilih satu jalur seleksi, kamu akan membayar biaya pendaftaran normal yang sesuai dengan paket dan benefit yang kamu pilih. Namun, jika kamu ingin menambahkan jalur seleksi atau mengikuti lebih dari satu jalur seleksi, artinya kamu juga harus menambah nominal pembayaranmu. Untuk setiap jalur seleksi yang kamu tambahkan, kamu perlu membayar 50.000 Rupiah.

Sebagai contoh, jika kamu mendaftar untuk paket A, jika hanya ingin mengikuti 1 jalur seleksi, artinya kamu hanya perlu membayar 100.000 Rupiah. Jika memilih 2 jalur seleksi, artinya pembayaranmu ditambah menjadi 150.000 Rupiah. Jika memilih 3 jalur seleksi artinya total biaya pendaftaran yang harus kamu bayarkan adalah 200.000 Rupiah. Sedangkan jika kamu memilih empat jalur seleksi atau ingin mengikuti semua jalur seleksinya, kamu perlu membayar 250.000 Rupiah.

Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Beasiswa Erasmus Mundus untuk Kuliah S2 di Eropa

Kategori Bahasa Inggris dan Matematika

Di jalur seleksi Saintek dan Soshum, masing-masing memiliki kategori pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika. Nah, yang harus kamu perhatikan adalah untuk kategori pelajaran Bahasa Inggris, soalnya yang disediakan akan sama antara jalur Saintek maupun Soshum. Sebaliknya, untuk mata pelajaran Matematika, masing-masing jalur seleksi baik Saintek maupun Soshum menyediakan soal yang berbeda.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Perintis 2022

Proses Seleksi Jalur TMB

Jalur seleksi TMB atau Tes Minat dan Bakat memiliki perbedaan dengan jalur-jalur seleksi lainnya. Jika di jalur seleksi yang lain pendaftar akan diminta untuk mengerjakan soal, baik soal pilihan ganda maupun essay, maka di jalur TBM ini akan berbeda, terutama untuk kategori membaca Al-Qur’an dan musik. Kedua kategori ini menggunakan video sebagai bentuk penilaiannya. Jadi, pendaftar merekam video baik untuk kategori membaca Al-Qur’an maupun kategori musik lalu mengirimkannya ke panitia. Sedangkan untuk kategori lainnya, seperti pramuka, palang merah, pecinta alam, dan paskibra, formatnya akan sama dengan jalur seleksi lain, yaitu mengerjakan soal.

Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Beasiswa Perintis 2022

Terdapat Try Out

Sebagai bentuk kemudahan yang ditawarkan oleh pihak beasiswa Event Hunter Indonesia, sebelum tahapan seleksinya berlangsung, pendaftar akan diarahkan untuk mengikuti try out. Try out ini berfungsi untuk memberikan gambaran awal mengenai bentuk soal yang akan muncul di seleksi yang sebenarnya. Jadi, dengan mengikuti try out, kamu sudah bisa memprediksi gambaran soalnya dan mempersiapkan diri dengan belajar dan berlatih soal.

Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Beasiswa Event Hunter Indonesia untuk Program Pertukaran Pemuda Asia ke Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published.