Mengapa Membaca Buku Bikin Kamu Ngantuk?

Mengapa Membaca Buku Bikin Kamu Ngantuk?

 

Manusia tak lepas dari yang namanya membaca, betul gak? Mau ke toko aja kita harus baca itu toko buka atau gak (bukan itu ya yang mau dibahas, hehe). Oke, jadi aktivitas membaca itu untuk semua khalayak ya guys, terlebih kita nih mahasiswa, guru, dosen, atau pelajar yang selalu dan always harus baca buku. hehe,, nah pernah gak sih kalian ngerasa ngantuk saat baca buku? Kalau pernah, kalian bisa simak nih penyebab kalian nguantuk saat baca buku. Cek it dot.

Baca juga: Mengapa Sulit memahami pelajaran yang dibenci?

The first alias yang pertama yaitu warna buku. Kok bisa? Karena biasanya buku memiliki latar belakang masalah (eh salah, latar belakang warna) putih sedangkan tulisan berwarna hitam, sebenernya agar kita mudah membaca, kan kalau sama putih atau sama hitam, kita mau baca apa? Wkwk, namun.. hal itu menyebabkan iris mata menciut dan melebar. Menciut ketika melihat warna putih dan melebar saat melihat warna hitam. Karena harus menciut dan melebar secara bersamaan, maka mata menjadi lelah dan kamu ngantuk deh.

Baca juga: Mengapa sulit saat pertama kali mengerjakan sesuatu?

Yang kedua, aktivitas mata meningkat, hampir sama sih dengan yang pertama tadi, Cuma disini mata membutuhkan gerakan yang teratur saat melihat paragraf-paragraf, dan otak butuh kekuatan untuk memahami kalimat-kalimat dalam paragraf tersebut. Hal itu juga bikin kamu ngantuk guys.

Yang ketiga bukunya kurang menarik, ketika kamu sudah nge block diri kamu dari suatu hal, kamu bakal susah mempelajari atau melakukan sesuatu tersebut. contoh nih, kamu ada tugas sosiologi, nah kamu udah nge block diri kamu buat baca buku sosiologi, tapi kalau kamu terpaksa baca karena tugas yang dikasih gurumu, yakin deh kamu bakal gantuk pas bacanya.

Jadi guys, kalau kalian mau baca buku, kalian harus memperhatikan tentang cahaya (pencahayaan), kasian irisnya ntar capek. Juga kecepatan membaca juga ya guys, biar mata dan ototnya gak cepet lelah dan yang terakhir cari buku yang kamu minati, atau yang menarik buat kamu.

Writer: Maulida
Instagram: @maulida_ihsany

Baca juga: Mengapa lebih mudah menyalahkan orang lain daripada mencari solusi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.