Bedah Format Penulisan Esai Beasiswa LPDP 2021

Bedah Format Penulisan Esai Beasiswa LPDP 2021

Sudah baca info terbaru tentang beasiswa LPDP, kan? Jika sudah, berarti kamu pasti sudah tahu salah satu persyaratan wajib dari beasiswa LPDP. Yup, apalagi kalau bukan esai. Persyaratan ini akan menjadi salah satu poin penilaian terpenting untuk menentukan lolos atau tidaknya kamu dalam seleksi. Untuk itu, yuk simak artikel tentang esai beasiswa LPDP 2021 berikut ini. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pihak beasiswa LPDP menetapkan dua jenis esai yang harus ditulis oleh pendaftarnya, yaitu esai komitmen kontribusi pasca studi dan proposal penelitian (khusus untuk pendaftar jenjang doktoral atau S3). Nah, di artikel kali ini akan dibahas tentang esai komitmen kontribusi pasca studi. Penasaran? Yuk, baca pembedahan poin-poin penting dari esai beasiswa LPDP berikut ini:

Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Beasiswa LPDP Prestasi Talenta untuk Kuliah S1 Dalam dan Luar Negeri

Bedah Poin 1 (Deskripsi Diri)

Deskripsi diri merupakan bagian paling pertama dan utama yang harus ada dalam esaimu. Kenapa? Karena dengan adanya deskripsi diri, reviewer esai akan mengetahui siapa dan seperti apa latar belakang pendaftar. Karena itu, di poin deskripsi diri, pasti kamu mencantumkan data-data diri seperti nama, alamat, background pendidikan, pengalaman organisasi/volunteer/komunitas, pengalaman menang lomba/kompetisi, ataupun pengalaman kerja yang berhubungan dengan jurusan dan pekerjaan yang dicita-citakan di masa depan.

Di samping itu, perlu juga diperhatikan bahwa tidak semua data dirimu perlu kamu tuliskan dalam esai. Pastikan deskripsi yang kamu tuliskan adalah poin-poin yang penting. Definisi penting yang dimaksudkan adalah deskripsi yang sifatnya berhubungan dengan akademik dan rencana kontribusi, sesuai dengan tema esai yang ditetapkan oleh beasiswa LPDP. Jadi, pastikan kamu tidak menambahkan poin-poin yang sifatnya terlalu menjurus pada data pribadi.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa LPDP untuk Kuliah di Melbourne University

Bedah Poin 2 (Masalah dan Solusi)

Di poin kedua, yang harus kamu tuliskan adalah masalah dan tentunya menghadirkan solusi. Kenapa ini penting? Karena dari sinilah reviewer esai bisa melihat seberapa peduli kamu terhadap masalah-masalah yang saat ini terjadi di Indonesia secara umum dan di sekitarmu secara khusus.

Tulislah masalah yang sedang terjadi di sekitarmu yang tentunya disesuaikan dengan jurusan, pekerjaan, dan bidang yang kamu minati. Tentunya akan menjadi tidak sesuai jika kamu menulis masalah-masalah di bidang seni sementara bidang keilmuanmu adalah bidang kesehatan. Jadi, sesuaikan dengan bidang keilmuan dan pekerjaanmu (baik pekerjaan sekarang ataupun pekerjaan yang diinginkan di masa depan).

Baca juga: Format Surat Rekomendasi beasiswa LPDP

Selain itu, pilihlah masalah-masalah yang waktu penyelesaiannya relatif singkat (sekitar 2-3 tahun). Tujuannya adalah untuk meyakinkan reviewer esai bahwa apa yang kamu tulis di esai itu benar-benar menjadi rencana kontribusi untuk kamu selesaikan setelah studimu berakhir. Jadi, esai tersebut tidak hanya menjadi rangkaian tulisan tapi menjadi bukti nyata bentuk kontribusimu.

Selanjutnya setelah menentukan masalahnya, yang tidak boleh kamu lupakan adalah menuliskan apa solusi dari masalah tersebut. Solusi yang seperti apa yang bisa kamu tawarkan dan tentunya bisa kamu terapkan nantinya. Jangan terlalu terpaku untuk menawarkan solusi yang besar, tapi hadirkanlah solusi yang meskipun dampaknya kecil tapi benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: Apa yang harus dilakukan untuk Menghadapi wawancara beasiswa LPDP

Bedah Poin 3 (Bidang Keilmuan dan Implikasinya)

Jika di poin kedua kamu menuliskan tentang masalah dan solusinya, maka di poin ketiga ini tulislah bidang keilmuan yang bisa memperkuat teorimu. Tuliskan beberapa mata kuliah yang nantinya akan kamu ambil di perkuliahan yang bisa menunjang teori dari solusi yang kamu tawarkan di poin kedua. Di poin ini, kamu juga bisa menjabarkan bagaimana atau apa implikasi dari mata kuliah tersebut terhadap pengembangan skillmu. Yang mana skill tersebut akan kamu gunakan atau kamu terapkan dalam rencana kontribusimu di masa depan.

Baca juga: Rincian Biaya Beasiswa LPDP Dalam Negeri

Bedah Poin 4 (Mimpi untuk Indonesia)

Pada poin keempat, kamu diminta untuk mendeskripsikan mimpimu untuk Indonesia di masa depan. Maksudnya, seperti apa Indonesia yang kamu harapkan di masa depan melalui perubahan atau kontribusi yang akan kamu lakukan. Seperti apa jurusan studimu atau pekerjaanmu di masa depan akan memberikan perubahan terhadap Indonesia. Jadi, pada dasarnya kamu harus mengaitkan antara bidang keilmuan, pekerjaan, dan rencana kontribusi untuk memajukan Indonesia menjadi lebih baik.

Baca juga: Syarat Dokumen Beasiswa LPDP S2 Dalam Negeri dan Luar Negeri

Bedah Poin 5 (Peran)

Untuk poin kelima, kamu diminta untuk mendeskripsikan peran yang akan kamu lakukan mengenai rencana kontribusimu. Kata peran yang dimaksud berupa tindakan yang kamu rencanakan untuk dilaksanakan pada saat kamu nantinya bekerja. Nah, peran ini maksudnya bagaimana bidang keilmuan atau jurusan perkuliahanmu akan memberikan dampak di pekerjaan yang kamu lakukan. Kamu bisa menuliskan jenis pekerjaan yang kamu inginkan untuk mewujudkan kontribusi yang telah kamu rencanakan.

Baca juga: Pengalaman Meraih Beasiswa LPDP Universitas Sydney Australia Part 1

Bedah Poin 6 (Perwujudan Mimpi)

Jika di poin-poin sebelumnya kamu menyebutkan tentang teori dan rencana-rencana tertulis mengenai kontribusimu, maka di poin terakhir ini jabarkan bagaimana langkah yang akan kamu ambil guna mewujudkan perubahan tersebut. Jadi, esai yang kamu tuliskan bukan hanya sekedar rencana tapi buatlah reviewer esai seolah-olah mampu melihat langkah-langkah nyata dari perwujudan kontribusi yang ingin kamu lakukan. Deskripsikan dengan detail dan gambarkan sejelas mungkin untuk meyakinkan reviewer esai.

Baca juga: [Bagian 2] Pengalaman Meraih Beasiswa LPDP Universitas Sydney Australia

Pastikan esai yang kamu tuliskan dibaca beberapa kali untuk proses editing dan revisi. Untuk hasil tulisan yang lebih maksimal, jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan orang lain mereview esaimu sebelum menguploadnya pada formulir pendaftaran online. Pastikan juga jumlah kata yang kamu tuliskan sesuai dengan ketentuannya, yaitu 1500 sampai 2000 kata.

Baca juga: Tips menulis statemet of purpose beasiswa LPDP

Leave a Reply

Your email address will not be published.