Culture Shock Kuliah di Korea Selatan Part 1

Culture Shock Kuliah di Korea Selatan Part 1

Ada yang bercta-cita untuk kuliah di Korea Selatan? Jika iya, sudahkah kamu mempertimbangkan bagaimana budaya Korea? Kuliah di negara yang berbeda tentunya akan memiliki tantangan tersendiri buat kamu, salah satunya adalah culture shock. Agar kamu tidak kaget tentang kebudayaan Korea yang pastinya cukup berbeda dengan kebudayaan di Indonesia, yuk simak dulu culture shock yang bisa kamu temui ketika kuliah di Korea Selatan. Untuk persiapan beasiswa lain, click di sini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Bahasa Inggris

Bahasa bisa menjadi salah satu culture shock yang kamu alami ketika tiba di Korea. Jika kamu mengandalkan kemampuan bahasa Inggrismu sebagai bahasa internasional, kamu akan kaget ketika berada di Korea Selatan. Bahasa Inggris tidak begitu dipahami oleh penduduk asli, jarang sekali penduduk asli Korea yang tahu bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan para penduduk asli hanya diajarkan bahasa Korea sejak kecil. Jadi, mereka hanya terbiasa menggunakan bahasa sendiri untuk berkomunikasi. Karenanya, sangat penting bagi kamu untuk mulai mempelajari bahasa Korea dasar sebelum berangkat.

Baca juga: Penjelasan Persyaratan Dokumen Beasiswa Paragon 2022 untuk Mahasiswa D3 dan S1 Dalam Negeri

Dosen/Profesor yang Tegas

Saat mulai memasuki dunia perkuliahan, kamu akan menemukan dosen-dosen atau professor yang sangat tegas dalam proses pembelajaran. Ketegasan tindakan para tenaga pengajar memang sudah menjadi ciri khas di negara ini. Sekali kamu melanggar aturan atau menyepelekan tugas yang diberikan, jangan harap kamu bisa lulus. Makanya, jangan sampai kamu menyepelekan aturan dalam kelas agar tidak menyesalinya setelah tidak mendapatkan maaf dari dosenmu.

Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Program YSEALI Academic Fellowship di Amerika

Tidak Friendly

Terbiasa hidup di Indonesia, kamu pasti sudah sangat paham dengan keramahan orang-orang Indonesia yang bisa menyambut baik orang-orang yang bahkan tidak mereka kenali. Sayangnya, hal tersebut tak berlaku di Korea Selatan. Kamu tidak akan disapa kecuali jika kalian memang telah saling mengenal. Jadi, jangan berharap kamu akan disenyumi atau disapa oleh penduduk asli ketika kamu bertemu sekilas di jalanan.

Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Beasiswa AMA untuk Kuliah D3 S1 dan S2 di K’ARTS Korea Selatan

Budaya Pali-Pali

Budaya pali-pali atau budaya cepat-cepat akan menjadi salah satu culture shock bagi kamu. Para penduduk asli Korea Selatan terbiasa dengan kebudayaan mereka yang serba cepat. Mereka akan berjalan dengan cepat, belajar dengan cepat, bekerja dengan cepat, semuanya dilakukan dengan cepat dan on-time. Jadi, jika kamu selama ini masih sering keteteran soal waktu, sebaiknya mulai belajar mengatur waktu dan melakukan hal dengan serba cepat agar tak terlalu tertinggal oleh teman-temanmu saat berada di Korea Selatan.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Dexa Award 2022 untuk Kuliah S2

Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan di Korea juga perlu menjadi catatan penting buat kamu. Mereka menganut sistem pendidikan yang high pressure dan penuh persaingan. Jadi, jangan heran jika kamu menemukan temanmu yang begitu berambisi soal nilai dan kelulusannya. Hal itu justru hal yang wajar bagi mereka di Korea Selatan. Mereka sudah terbiasa saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Jadi, apakah kamu juga siap bersaing di Korea Selatan?

Baca juga: Perbedaan Beasiswa Paragon Program 2022 Jalur Reguler dan Jalur Inovasi

Kebiasaan Minum Alkohol

Jangan heran dengan kebudayaan mereka yang satu ini. Jika di Indonesia meminum alkohol di depan umum masih dianggap tabu, hal ini tak berlaku di Korea. Kamu bisa menemukan orang minum alkohol sambil saling tertawa di pinggir jalan. Hal itu bukanlah sesuatu yang aneh, karena memang sudah menjadi kebiasaan mereka untuk saling berkumpul dan minum alkohol. Pun jangan heran kalau kamu tiba-tiba menemukan orang mabuk yang tergeletak begitu saja di jalanan. Jadi, siapkan mentalmu yah jika hendak kuliah di Korea Selatan.

Baca juga: Panduan Penulisan Proposal Beasiswa Dexa Award 2022 untuk Kuliah S2 Dalam Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published.