Fakta Unik dan Menarik Beasiswa Chevening

Fakta Unik dan Menarik Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa yang berasal pemerintah Inggris. Beasiswa ini ditujukan untuk jenjang S2. Beasiswa Chevening kembali membuka pendaftaran loh untuk tahun 2020. Bagi kamu yang bercita-cita untuk kuliah di Inggris, kamu wajib membaca artikel ini sampai habis. Berikut ini adalah fakta unik dan menarik beasiswa Chevening 2020: Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Tidak ada Persyaratan Sertifikat Bahasa Inggris

Karena situasi pandemi Covid-19 saat ini, pihak beasiswa Chevening tidak lagi mempersyaratkan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, pendaftar dapat tetap mendaftarkan diri dengan atau tanpa sertifikat kemampuan Bahasa Inggris. Wow, kesempatan langka bukan. Makanya, jangan sampai melewatkan kesempatan ini.

Baca juga: Beasiswa Chevening untuk Kuliah S2 di Inggris

Deadline Pengumpulan Dokumen Berbeda-Beda

Berbeda dengan beasiswa lain yang harus mengirimkan atau mengumpulkan dokumen-dokumen pendaftaran sekaligus, beasiswa Chevening justru memberlakukan sistem yang berbeda. Pihak beasiswa Chevening menetapkan deadline khusus untuk pengumpulan dokumen pendaftaran. Deadlinenya pun berbeda-beda, pendaftar tidak perlu mengumpulkan dokumen-dokumen pendaftarannya sekaligus.

Pada formulir pendaftaran online, pendaftar diminta untuk melengkapi data diri dan menjawab essay dengan batasan maksimal tanggal 03 November 2020. Sedangkan untuk pengumpulan surat rekomendasi, ijazah, dan transkrip nilai pendaftar diberi waktu hingga 22 Februari 2021. Terakhir, untuk pengumpulan LoA (Letter of Acceptance) pendaftar diberi waktu hingga 15 Juli 2021. Rentan waktunya juga cukup lama, artinya pendaftar diberi waktu yang cukup untuk menyiapkan diri sebaik mungkin.

Baca juga: Tips Lolos Beasiswa Chevening ke Inggris Berdasarkan Penerima Beasiswa

Menyediakan Link untuk Pemilihan Jurusan

Beberapa pendaftar masih kebingungan dalam menentukan jurusan dan universitas tujuannya. Karena itu, pihak beasiswa Chevening justru menghadirkan kemudahan bagi para pendaftarnya. Pihak beasiswa Chevening menyediakan link khusus yang dapat diakses oleh para pendaftar untuk mencari jurusan yang diinginkannya. Untuk mencari jurusan yang kamu inginkan, kamu bisa mengeceknya disini.

Baca juga: Pengalaman Menerima Beasiswa Chevening

Persyaratan Pengalaman Kerja

Jika diperhatikan secara sekilas, persyaratan pengalaman kerja beasiswa Chevening yang mengharuskan para pendaftarnya untuk memiliki pengalaman selama minimal dua tahun terkesan cukup sulit. Tapi, ternyata tak sesulit itu. Jika menghitung angka dua tahunnya, memang terdengar sangat lama, apalagi jika kamu yang masih fresh graduate dan sudah ingin mendaftar. Tapi, tenang dulu. Pengalaman kerja selama dua tahun yang dimaksud boleh dari pekerjaan full time, part time, relawan, ataupun magang. Jadi, bukan hanya pekerjaan full time yang dihitung, segala jenis pekerjaan dapat dihitung untuk memenuhi persyaratan pengalaman kerja minimal 2 tahun atau yang setara dengan 2800 jam.

Baca juga: Tips Menghadapi Wawancara Beasiswa Chevening

Cakupan Beasiswa yang Lengkap

Beasiswa Chevening adalah beasiswa fully funded atau beasiswa penuh. Oleh karena itu, semua kebutuhan penerima beasiswa akan ditanggung oleh pihak beasiswa Chevening. Para penerima beasiswa akan mendapatkan biaya kuliah, tunjangan bulanan, biaya pesawat dari dan ke negara asal, tunjangan kedatangan, tunjangan kepulangan, dan biaya pembuatan visa. Tak hanya itu, bahkan setelah menyelesaikan perkuliahan, para penerima beasiswa Chevening masih akan mendapatkan pembiayaan untuk menghadiri program-program atau kegiatan-kegiatan beasiswa Chevening di Inggris.

Baca juga: Tips dan Tricks Mempersiapkan Wawancara Beasiswa Chevening

Leave a Reply

Your email address will not be published.