Kebijakan Baru Beasiswa LPDP Umum Kementerian Keuangan 2021

Kebijakan Baru Beasiswa LPDP Umum Kementerian Keuangan 2021

Setiap tahunnya pendaftaran beasiswa LPDP selalu dinanti-nantikan oleh para pejuang beasiswa. Nah, kabar baiknya di tahun 2021 ini, beasiswa LPDP telah membuka pendaftaran loh. Bagi kamu yang ingin mendaftar, sudahkah kamu mengetahui beberapa kebijakan baru dari beasiswa yang berada di bawah naungan Kemenkeu RI ini? Jika belum, yuk simak artikel berikut hingga selesai. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

2 Jalur Pendaftaran

Kalian pasti sudah tak asing dengan beberapa jalur pendaftaran beasiswa LPDP, seperti jalur umum, afirmasi, dan targeted group. Nah, untuk tahun ini, di jalur umum terdapat dua jalur pendaftaran beasiswa yang telah dibuka, yaitu jalur reguler dan beasiswa PTUD (Perguruan Tinggi Utama Dunia). Jadi, bagi kamu yang ingin mendaftar pastikan kamu mengetahui ketentuan dan persyaratan baik di jalur beasiswa reguler maupun beasiswa PTUD.

Baca juga: Bedah Format Penulisan Esai Beasiswa LPDP 2021

Pendaftaran dengan LoA

LoA atau Letter of Acceptance merupakan surat keterangan yang menyatakan bahwa kamu telah diterima di perguruan tinggi tujuanmu. Nah, khusus bagi kamu yang telah memiliki LoA Unconditional, akan memiliki jadwal seleksi yang berbeda dengan pendaftar tanpa LoA Unconditional. Untuk pendaftaran online, seleksi administrasi, serta seleksi subtansi akademik dan kebangsaan jadwalnya akan tetap dilaksanakan secara serentak. Sementara untuk jadwal seleksi wawancara akan dilaksanakan secara terpisah. Bagi kamu yang memiliki LoA Unconditional, seleksi wawancaranya akan dilaksanakan lebih awal yaitu pada tanggal 05 hingga 16 Juli 2021.

Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Beasiswa LPDP Prestasi Talenta untuk Kuliah S1 Dalam dan Luar Negeri

Pendaftar tanpa LoA

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa terdapat perbedaan jadwal seleksi wawancara antara pendaftar yang telah memiliki LoA Unconditional dan bagi yang belum. Untuk kamu yang belum memiliki LoA Unconditional, jadwal seleksi wawancaranya akan dilaksanakan setelah seleksi wawancara pendaftar dengan LoA selesai. Jadwal seleksi wawancara direncanakan pada tanggal 23 Juli hingga 25 Agustus 2021. Artinya kamu memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi wawancara.

Baca juga: 4 Program Kampus Merdeka yang Didukung oleh LPDP

Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi beasiswa LPDP 2021 terbagi dalam 3 tahap, yaitu seleksi administrasi, seleksi substansi akademik dan kebangsaan, serta seleksi wawancara. Untuk tahapan pertama, data-data yang diisi pada saat pendaftaran online serta dokumen-dokumen yang diupload akan menjadi sumber penilaian untuk menentukan lolos atau tidaknya pendaftar ke tahapan selanjutnya. Di tahapan kedua, yaitu seleksi substansi akademik dan kebangsaan berupa tes tertulis dimana pendaftar akan mengerjakan soal-soal TPA. Sedangkan untuk tahapan terakhir, yaitu wawancara. Untuk wawancara, tentunya yang menjadi penilaian utama adalah performa dalam menjawab tiap pertanyaan, kemampuan komunikasi, serta sikap selama wawancara.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa LPDP untuk Kuliah di Melbourne University

Intake atau Mulai Kuliah

Pihak beasiswa LPDP telah menetapkan intake atau waktu dimulainya perkuliahan bagi pendaftar yang dinyatakan lolos beasiswa. Bagi pendaftar yang telah memiliki LoA Unconditional dapat memulai perkuliahan paling cepat di bulan Agustus untuk tujuan dalam negeri. Sementara bagi pendaftar dengan LoA tujuan luar negeri dapat memulai perkuliahannya paling cepat pada September 2021. Terakhir, bagi pendaftar yang belum memiliki LoA, maka perkuliahannya dapat dimulai paling cepat di bulan Januari 2022.

Sementara itu, bagi pendaftar yang mengikuti seleksi di tahap kedua, maka waktu intake atau mulai perkuliahan paling cepat adalah di bulan Januari 2022 untuk pendaftar dalam negeri. Sedangkan bagi pendaftar luar negeri, dapat memulai perkuliahan paling cepat di bulan Februari 2022.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa LPDP

Leave a Reply

Your email address will not be published.