Penjelasan Timeline Pendaftaran Beasiswa Chevening 2022

Penjelasan Timeline Pendaftaran Beasiswa Chevening 2022

Kabar baik nih, beasiswa Chevening kembali membuka pendaftaran. Bagi kamu yang memiliki cita-cita untuk melanjutkan kuliah di Inggris, maka beasiswa dari pemerintah Inggris ini wajib kamu daftar. Dengan pembiayaan penuh, beasiswa Chevening akan menjamin semua kebutuhanmu selama studi. Tertarik untuk mendaftar? Jika iya, kamu wajib tahu dulu timeline pendaftarannya agar tidak kebingungan. Untuk persiapan beasiswa lain, click di sini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Pendaftaran (02 Agustus – 01 November 2022)

Pendaftaran beasiswa Chevening mulai dibuka sejak tanggal 02 Agustus 2022. Untuk melakukan pendaftaran, kamu harus mengakses laman pendaftaran sesuai negara asalmu. Perlu diperhatikan jika tiap negara memiliki laman pendaftaran yang berbeda. Artinya laman pendaftaran untuk pendaftar asal Indonesia akan berbeda dengan laman yang digunakan oleh pendaftar dari negara lain. Makanya, jangan sampai kamu salah mengakses link. Laman pendaftaran untuk pendaftar asal Indonesia dapat diakses di sini. Setelah menemukan link yang tepat pastikan kamu juga memperhatikan deadline atau batas akhir pendaftarannya. Batas akhir pendaftaran beasiswa Chevening dibuka hingga tanggal 01 November 2022, di jam 12:00 GMT (tengah hari waktu Inggris).

Baca juga: Pahami Ini Sebelum Mendaftar Beasiswa Chevening

Seleksi Berkas (November – Desember 2022)

Setelah penutupan pendaftaran, maka data-data dari seluruh pendaftar akan mulai diseleksi. Pendaftar akan dikategorikan memenuhi syarat pendaftaran atau tidak. Jika memenuhi syarat pendaftaran, maka data-datamu akan dievaluasi oleh reviewer/tim penilai. Selanjutnya, pendaftar akan diranking berdasarkan data yang disubmit pada formulir pendaftaran.

Baca juga: Keuntungan Menerima Beasiswa Chevening

Pengumuman Wawancara (Februari 2023)

Pendaftar yang lolos dalam seleksi berkas yang dilakukan oleh tim penilai dan kedutaan besar Inggris, maka akan mendapat undangan atau pengumuman untuk mengikuti seleksi wawancara. Nah, pihak beasiswa memberikan waktu yang cukup luang bagi kamu untuk mempersiapkan diri. Bahkan, pihak beasiswa Chevening telah menyediakan laman untuk mengakses panduan wawancara yang bisa diakses di sini. Jadi, sebelum wawancaramu berlangsung, pastikan kamu telah mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Baca juga: Tips dan Tricks Mempersiapkan Wawancara Beasiswa Chevening

Pengumpulan Dokumen (Februari – April 2023)

Sambil menunggu hari wawancara tiba, kamu juga akan diminta untuk mengumpulkan dokumen-dokumen pendaftaran. Adapun dokumen yang diminta, yaitu surat rekomendasi dan dokumen dari jenjang pendidikan sebelumnya (ijazah dan transkrip nilai) yang tentunya dalam bahasa Inggris. Untuk surat rekomendasi sendiri, pihak beasiswa Chevening telah menentukan ketentuannya yang dapat dibaca di sini.

Baca juga: Tips Menghadapi Wawancara Beasiswa Chevening

Wawancara (27 Februari – 28 April 2023)

Wawancara akan dilakukan di negara asal masing-masing pendaftar, yakni di Kedutaan Besar Inggris. Jika kamu telah mempersiapkan diri semaksimal mungkin dengan membaca panduan wawancara atau bahkan telah melakukan simulasi wawancara, maka saatnya untuk mempraktekkan semua yang sudah kamu pelajari. Perhatikan juga etika dan sikap sebelum memulai, pada saat, dan setelah wawancara. Tentunya cara berpakaian pun akan menjadi salah satu bahan penilaian. Makanya, pastikan kamu memperhatikan bahkan untuk detail-detail kecil seperti penampilan dan gesture tubuh saat wawancara.

Baca juga: Pengalaman Menerima Beasiswa Chevening

Pengumuman (Juni 2023)

Setelah melewati serangkaian proses seleksi, mulai dari pendaftaran, seleksi berkas, serta wawancara, maka di bulan Juni 2023 akan diumumkan pendaftar yang berhasil lolos dan dinyatakan sebagai penerima beasiswa. Bagi kamu yang berhasil dinyatakan sebagai penerima beasiswa, tentunya ini adalah hasil dari kerja keras dan perjuanganmu selama beberapa bulan mengikuti seleksi. Sementara bagi pendaftar yang belum dinyatakan lolos, tak perlu khawatir karena kamu tetap memiliki kesempatan untuk mendaftar beasiswa Chevening di tahun berikutnya atau mengikuti program beasiswa lain.

Baca juga: Tips Lolos Beasiswa Chevening ke Inggris Berdasarkan Penerima Beasiswa

Deadline Pengumpulan LoA (13 Juli 2023)

Pengumpulan LoA atau surat keterangan bahwa kamu telah diterima di salah satu universitas di Inggris juga wajib kamu perhatikan. Maksimal hingga tanggal 13 Juli 2023, kamu harus mengumpulkan setidaknya satu LoA Unconditional dari salah satu universitas di Inggris. Batas akhir pengumpulannya hingga jam 17:00 waktu Inggris. Jadi, sejak kamu mendaftarkan diri untuk mengikuti beasiswa Chevening, kamu juga harus mulai mendaftar di universitas yang ada di Inggris.

Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Beasiswa Chevening

Leave a Reply

Your email address will not be published.