Culture Shock Kuliah di Mesir

Culture Shock Kuliah di Mesir

Ada yang bercita-cita untuk kuliah ke Mesir? Bagi kamu yang ingin mendalami pengetahuan keislaman, Mesir memang salah satu negara paling rekomended untuk menjadi tujuan studimu. Kuliah di luar negeri, pasti memiliki banyak tantangan tersendiri, salah satunya tentang culture shock. Nah, kira-kira selama kuliah di Mesir, culture shock apa saja yah yang bisa kamu alami? Apakah akan sama atau berbeda jika kuliah di negara-negara Barat? Mungkinkah justru tidak ada culture shock sama sekali? Yuk, kita simak artikel berikut ini. Untuk persiapan beasiswa lain, click di sini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Kebiasaan Basa-Basi

Orang-orang Mesir ternyata sangat suka berbasa-basi, loh. Kebiasaan ini sebenarnya bentuk keramahan dan penghargaan mereka kepada sesama. Namun, kebiasan satu ini sudah cukup berlebihan, termasuk kepada orang asing. Sekali kamu meladeni mereka, kamu akan capek sendiri. Jika dibandingkan dengan negara-negara Barat, tentunya akan sangat berbeda karena orang-orang di Barat cenderung cuek dan tak pedulian. Jadi, persiapkan dirimu untuk meladeni kebiasaan basa-basi penduduk asli Mesir.

Baca juga: Culture Shock Kuliah di Negara Barat

Nada Bicara yang Tinggi

Nada bicara orang-orang Mesir kemungkinan akan membuatmu kaget, karena mereka berbicara dengan nada suara yang tinggi. Hal ini tidak menunjukkan bahwa mereka marah atau tidak sopan. Tapi, memang sudah menjadi kebiasaan mereka dalam berbicara. Lawan bicaranya pun tak lagi merasa tersinggung jika mereka saling berkomunikasi. Sebaiknya kamu menyiapkan mental jika selama ini kamu berkomunikasi dengan nada suara yang lembut.

Baca juga: Culture Shock Kuliah di Korea Selatan Part 1

Bukan Pecinta Pedas

Orang-orang Mesir bukanlah pecinta makanan pedas, jadi makanan-makanan yang dijual di Mesir pun jarang yang pedas. Untuk makanan pedasnya pun, kamu tidak akan menemukan makanan-makanan dengan level pedas yang seperti di Indonesia. Nah, jika kamu adalah pecinta pedas, maka harus siap-siap beradaptasi dengan makanan mereka yang cenderung ke rasa yang manis.

Baca juga: Culture Shock Kuliah di Korea Selatan Part 2

Kebiasaan Memakai Helm

Kebiasaan memakai helm orang-orang Mesir juga perlu kamu ketahui. Dalam berkendara, mereka jarang menggunakan helm. Dengan kata lain, orang-orang Mesir tidak terlalu ketat dalam aturan penggunaan helm. Inilah perbedaannya dengan Indonesia, begitu kamu berkendara di jalan raya tanpa helm, maka siap-siaplah ditilang.

Baca juga: Pengalaman Berkuliah di Al-Azhar Mesir

Kebiasaan Berantem

Kebiasaan berantem orang-orang Turki juga perlu kamu ketahui. Saat bertengkar atau terjadi adu mulut, mereka bisa langsung berhenti sendiri jika mendengar shalawat. Artinya, orang-orang Mesir sangat menghargai nilai-nilai keislaman. Mereka bisa saja khilaf dan saling bertengkar dalam satu waktu, tapi begitu mendengar shalawat, maka pertengkaran tersebut akan langsung mereda. Mereka akan menyadari kesalahan masing-masing dan saling berbaikan.

Baca juga: Tips dan Trick Mendapatkan Beasiswa di Mesir

Leave a Reply

Your email address will not be published.