Culture Shock Kuliah di Jerman

Culture Shock Kuliah di Jerman

Ada yang ingin kuliah ke Jerman? Negara satu ini memang sudah diakui kualitas pendidikannya. Tak heran jika para mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa asal Indonesia berbondong-bondong untuk mendaftar kuliah di Jerman. Nah, jika kamu salah satunya maka kamu wajib tahu kemungkinan culture shock yang akan kamu temui ketika berada di Jerman. Apa sajakah itu? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini. Untuk persiapan beasiswa lain, click di sini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

Air Minum Bersoda

Orang-orang Jerman adalah pecinta minuman bersoda, bahkan air mineralnya pun memiliki kandungan soda. Nah, bagi kamu yang tak terbiasa untuk minum minuman bersoda sebagai minuman sehari-hari wajib menyetok atau membawa minuman sendiri. Kamu juga perlu memperhatikan ketika hendak membeli minuman, pastikan kamu menyebutkan secara jelas minuman apa yang kamu inginkan, yang bersoda atau yang tanpa soda.

Baca juga: Culture Shock Kuliah di Turki

Tanpa Check Ticket

Bagi kamu yang ingin bepergian, mengecek harga tiket pasti menjadi salah satu hal yang kamu lakukan. Sayangnya, di Jerman tidak ada sistem pengecekan harga tiket baik melalui laman di website maupun melalui aplikasi tertentu. Jadi, bagi kamu yang terbiasa mengecek harga tiket sebelum bepergian, kamu harus bisa beradaptasi tanpa adanya check ticket di negara ini.

Baca juga: Culture Shock Kuliah di Mesir

Lantai Kamar Mandi

Kebersihan dan kerapian menjadi salah satu ciri khas orang-orang Jerman, termasuk untuk urusan kamar mandinya. Di Jerman, orang-orang terbiasa dengan keadaan lantai kamar mandinya yang kering. Jadi, tiap kali habis digunakan harus dibersihkan lagi agar ketika hendak digunakan sudah dalam keadaan kering. Wah, ribet gak nih? Tapi, hal ini sudah jadi kebiasaan bagi mereka.

Baca juga: Culture Shock Kuliah di Jepang

Pemisahan Sampah

Sampah juga menjadi hal paling pokok yang sangat diperhatikan di Jerman. Makanya orang-orang Jerman sangat mematuhi aturan pemisahan sampah. Untuk urusan sampah, kamu harus mempelajari sistem pemisahannya. Tiap bak sampah memiliki warna khusus sesuai jenisnya, ada yang untuk sampah organik, non-organik, sampah kertas, maupun sampah yang bisa didaur ulang.

Baca juga: Culture Shock Kuliah di Negara Barat

Izin ke Toilet

Sering izin ke toilet kepada guru atau dosen saat ada kelas? Hal ini adalah bentuk kesopanan jika kamu berada di Indonesia. Namun, jika berada di Jerman, hal seperti ini tak perlu kamu lakukan. Jika ingin ke toilet, kamu tak perlu izin, kamu bisa langsung saja keluar kelas. Kamu tak perlu mengkhawatirkan etika atau kesopanan jika langsung keluar, memang seperti itulah kebiasaan orang-orang Jerman.

Baca juga: Culture Shock Kuliah di Korea Selatan Part 1

KFC tanpa Nasi dan Saus

Sering makan KFC, bukan? Makanan satu ini merupakan salah jenis makanan yang sangat populer di Indonesia, bahkan di luar negeri, termasuk di Jerman. Namun, perbedaannya adalah di Jerman, makanan jenis ini tidak dijual bersama nasi dan saus. Bagi kamu yang selalu makan wajib pakai nasi harus belajar menerima kenyataan bahwa orang-orang Jerman makan hanya dengan ayam, tanpa nasi ataupun sausnya.

Baca juga: Culture Shock Kuliah di Korea Selatan Part 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.